Cara dalam mengajari anak rajin sholat 5 waktu

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara dalam mengajari anak rajin sholat 5 waktu

Ada 6 cara anak rajin shalat 5 waktu

Cara agar anak rajin dalam sholat 5 waktu

Allah telah memberikan amanah yang dititipkan kepada orang tua yaitu seorang anak. dan orang tua yang mendapat amanah itu mempunyai kewajiban dalam mendidik anak agar dapat tumbuh dalam pendidikan yang baik dan bermoral.

Agar anak dapat tumbuh menjadi insan yang baik, tangguh, sopan dan taat dalam beribadah.

Ibadah yang pertama akan dihisab di akhirat nanti tidak lain adalah shalat.maka itu sejak dini anak harus diajarkan shalat 5 waktu .sejak usia dini anak sudah diajarkan shalat maka anak akan lebih mudah diarahkan.

 

Suri teladan bagi anak dalam menegakkan shalat adalah orang tuanya

ibu rumah tangga yang mempunyai kesibukan yang menumpuk, terkadang banyak memberikan alasan untuk menunda waktu shalat seperti saat memasak,mencuci dll.

Karena menunda shalat secara sengaja tana adanya alasan sama sekali tidak dibenarkan oleh syariat.karena bisa saja anak melihat apa yang kita kerjakan sehingga anak dapat berfikiran kalau shalat itu tidak penting,karena saat itu anak melihat kita mengabaikan shalat .

Menceritakan hal2 positif saat mengerjakan shalat 5 waktu

Menceritakan kenapa Allah mewajibkan hambanya shalat ,keutamaan shalat dan juga peringatan Allah bagi hamba yang tidak mau shalat.

Shalat sebagai tiang agama dalam keluarga

Saat shalat menjadi tiang agama bagi keluarga maka saat suara adzan terdengar senantiasa anggota keluarga akan saling mengingatkan satu sama lain untuk melaksanakan shalat. Untuk laki2 akan siap untuk pergi ke masjid/mushola dan bagi  wanita segera shalat di rumah.

Ketika shalat usahakan berjamaah dengan keluarga

Karena dengan berjamaah dapat menumbuhkan semangat dan kebersamaan dalam kekeluargaan. Dan juga dapat menjadi contoh untuk batita agar dapat mempelajari gerakan shalat.

Memberikan penghargaan kepada anak

Memberikan penghargaan bagi anak bisa dengan do’a,senyuman maupun pujian.dan sampaikan pada anak bahwa hadiah yang jauh lebih besar adalah dari Allah saat menjalankan ibadah shalat yang baik dan benar.

Menjauhkan anak dari hal2 yang menyulitkan

Perhatian anak mudah teralih dengan televisi ataupun games . jauhkan anak dari hal2 itu agar anak tidak terpengaruh. Solusi yang lain adalah mematikan televisi saat adzan dapat menanamkan kedisiplinan.beri batasan waktu pada anak saat menonton televisi misalkan menonton televisi jam 15.30 sampai jam 17.00.

 

Semoga kita semua diberi kemudahan dalam mengajarkan agar anak rajin shalat.

Waallahu a’laam bishowab.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!