Cara Melatih Anak Otak Kiri

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara melatih anak otak kiri

Sebagai orang tua mengajarkan sesuatu yang baru pada anak memang dibutuhkan agar anak pun dapat mengetahui hal-hal baru. Yang ada disekitarnya atau lingkungannya. Untuk melatih anak untuk dapat berfikir dengan otak kiri tidak mudah tapi jika kita telaten dan sabar pasti bisa.

Apalgi jika melatih anak dengan kebiasaan yang sering dilakukan dalam sehari-hari. Anak yang pintar disekolah belum tentu masa depannya akan cerah dan sukses. Untuk bisa menjadi orang yang sukses di kemudian hari selain nilai akademis yang baik anak pun juga harus memiliki kemampuan dalam beroganisasi dan bersosialisasi dengan baik terhadap orang lain disekitarnya.

Dibawah ini cara-cara melatih anak untuk berfikir dengan otak kiri :

  1. Membacakan cerita pada anak

Membacakan cerita pada anak apalagi yang berkualitas dengan bahasa yang benar untuk memperkaya kosa kata anak-anak kita dan hal ini juga dapat melatih anak menggunakan struktur bahasa  yang benar. Pilihlah cerita yang sesuai dengan usia anak anda seperti cerita dongeng dan lain-lain.

  1. Melatih daya ingat pada anak dan logika untuk berfikir , dengan cara sebagai berikut :
  • Mintalah anak anda untuk membaca buku pelajarannya, kemudian berikan anak pertanyaan lalu mintalah ia menjawabnya. Sehingga anak pun akan terbiasa untuk berfikir dan juga mengingat apa yang baru saja di pelajarinya. Dan hal ini pun dapat membantu anak di sekolah.
  • Cobalah untuk membaca pelajaran anak anda dan mintalah anak mendengarkan, setelah itu tanyai anak tentang materi-materi yang tadi anda bacakan atau yang baru ia dengar, sehingga ini untuk membiasakan anak anda untuk memahami hal – hal yang di dengarnya dengan cepat.
  • Memainkan tebak – tebakkan seperti bentuk atau pun warna sambil melakukan aktivitas seperti sambil menonton televisi, mendengarkan musik, sambil makan sehingga anak anda pun tidak bosan karena belajar dengan cara yang menyenangkan dan gembira.
  • Ajaklah anak untuk bermain-main dan mengamati, saat anak mulai bisa santai cobalah mengajak anak untuk berbincang-bincang untuk mengatasi masalah yang sederhana sampai masalah yang rumit. Seperti mengamati gunung, mengapa gunung tampak biru jika di lihat dari kejauhan. Dan kenapa kapal laut akan hilang dari pandangan kita saat kapal berlayar semakin jauh dari pantai dan anda bisa membahas topik yang lain.
  1. Biasakan anak anda untuk bertindak rapi dan juga disiplin. Misalnya : membiasakan anak untuk menaruh barang-barangnya ditempatnya seperti : menaruh baju kotor di keranjang, menaruh buku di rak buku, merapikan tempat tidurnya sendiri, menaruh baju bersih dilemari dan menaruh sepatu sekolah di tempat rak sepatu.

Melatih anak otak kiri dapat dilakukan langsung oleh orang tua.  Melatih anak untuk berfikir otak kiri sangat bermanfaat. Tapi kita jangan memaksa anak dengan terlalu keras karena bisa menyebabkan anak malas dan bosan saat diajarkan sesuatu. Sehingga saat mengajari anak anda harus sabar dan juga telaten.

Dan janganlah menyita waktu main anak dengan pelajaran terus – menerus agar anak pun dapat bersosialisasi dan berorganisasi dengan teman-temannya. Serta berikan juga nutrisi yang tepat untuk anak anda karena nutrisi ini sangat penting bagi tubuh anak.

Semoga cara – cara di atas dapat membantu anda dalam mengembangkan fungsi otak kiri pada anak.

Semoga semua yang ada diatas dapat bermanfaat….

 

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!