Cara Mengajar Anak Fokus

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengajar Anak Fokus

Beberapa Hari yang lalu para orang tua di kasih undangan di sekolah supaya bisa ketemu dengan guru di kelas. Tujuan Pertemuan ini adalah untuk memberikan laporan hasil perkembangan pembelajaran anak selama di sekolah.

Pada Pertemuan ini ada 3 pihak yang akan bertemu  ( three-way conference ):

 Guru Kelas

Orang Tua

  Anak

Di waktu guru akan menjelaskan dan menceritakan tentang anak kepada orang tuanya . bagaimana si anak bersikap dan berperilaku di dalam kelas selama guru menerangkan dan interaksinya dengan teman2nya selama di dalam kelas.

Pada saat anak menjawab pertanyaan yang diberikan guru ataupun ketika anak2 berinteraksi dengan teman2nya diluar kelas.

Ada 1 hal yang menonjol dari anak murid saya yang duduk dikelas 3 SD adalah tidak bisa diam.

karena pada saat guru menerangkan didalam kelas anak itu selalu memainkan penggaris,pensil ataupun juga sibuk melipat kertas (origami) dan terkadang menggambar tokoh kartun Minion, Ultramen dan Power Rangers dan juga mengobrol dengan temannya.

Kesimpulannya :

Bahwa anak itu tidak bisa fokus pada saat guru menerangkan pelajaran atau saat diberikan pertanyaan anak itu tidak bisa menjawab sehingga sering mendapat hukuman dikelas tapi anak itu tidak pernah jera.sehingga ini menjadi tantangan guru untuk menghadapi anak2 yang sulit fokus agar tidak mengganggu teman2nya didalam kelas.

Salah satu topik yang sering dibahas saat pertemuan para orang tua dan guru adalah anak yang sulit fokus karena dapat mengganggu belajar mengajar sehingga prestasi anak bisa menurun.walaupun pemicunya kecil tetap saja bisa mengalihkan perhatian anak sehingga membuat anak meninggalkan kelas tempar duduknya. Seketika itu pula pelajaran yang diajarkan hilang begitu saja. anak yang melamun,bosan dan kesehatan yang kurang fit dapat juga mengakibatkan anak sulit fokus.

Perhatian (attention) timbul karena adanya ketertarikan atau juga adanya stimulasi.karena anak2 sekarang bisa lebih fokus dengan game selama berjam2 daripada pelajaran didalam kelas.bagaimana itu bisa terjadi? Menurut para ahli , bahwa game memberikan stimulasi dan juga menyuplai dopamin, kimiawi otak yang berfungsi mengatur fokus anak2. Games juga memberikan gerakan cepat, pertukaran scene (pemandangan), warna yang menarik dan juga memicu adrenalin yang dapat menimbulkan kecanduan pemainnya.

Sehingga pada saat ini materi palajaran banyak yang di buat dalam bentuk video games, agar dapat menstimulasi anak untuk fokus. Permainan elektronik juga memberikan efek negatif untuk kegiatan non-screen seperti membaca buku,menyusun lego atau puzzle,origami dan lainnya menjadi tidak menarik lagi. Sehingga bagi guru dan orang tua ini seperti pisau bermata dua karena minat anak2 pada non-screen menjadi hilang.karena permainan non-screen bisa sangat membosankan bagi anak2 yang sulit fokus.

Gejala anak2 yang sulit fokus

Ada beberapa simpton/gejala anak yang punya masalah konsentrasi seperti :

Sulit mengikuti intruksi yang ada

Tidak Hati-hati atau Ceroboh

  Tidak memberikan perhatian kepada yang lain

  Kesulitan mengingat sesuatu hal

  Sering merasa bosan

  Saat kita berbicara sesuatu tidak mendengarkan

  Langsung meninggalkan pekerjaan yang dilakukan

  Mudah kehilangan sesuatu seperti alat tulis,kotak makanan,buku dll

 

SOLUSI DAN FAKTOR2 PEMICU ANAK TIDAK FOKUS

Ada 5 hal yang menjadi pemicu perhatian anak mudah teralihkan yaitu :

Benda disebelahnya :

anak yang sulit fokus tangan dan kakinya tidak bisa diam. Karena bisa saja diambil, dipegang dan digoyang2kan tangan yang memutar2 atau mengetukkan pensil atau pulpen ke meja, memutar dan menggoyangkan kursi saat duduk, kursi didepannya bisa ditendang

Solusi :

masukkan benda dalam kantong baju atau celana.mintalah anak memasukkan tangannya ke kantong agar dapat memegang  benda itu. Bisa juga mengunyah permen karet.

Bunyi telepon :

saat mendengarkan suara guru dia lebih fokus pada bunyi telepon

Solusi :

jauhkan telepon atau kecilkan volume telepon agar konsentrasi anak tidak terganggu saat sedang belajar.

Pakaian anak

pakaian yang dipakai anak atau label pakaian juga bisa mengganggu karena bisa menimbulkan gatal dikulit sehingga bagian tengkuk atau sisi tubuh (care label) menjadi tidak nyaman.karena sering digaruk karena merasa gatal.

Solusi :

potong label pakaian dan berikan baju yang nyaman dan juga halus agar anak tidak terganggu.

  Orang di Sekitarnya :

Orang disekitarnya juga bisa membuat anak hilang fokus karena sering lewat didekat pintu atau jendela . anak seperti ini sangat sensitif dengan gerakan2 yang ada disekitarnya bahkan dari sudut matanya saja.

Solusi :

sehingga posisi anak harus jauh dari jendela atau pintu agar tidak terganggu dengan orang disekitanya.

 Diri sendiri :

dirinya sendiri juga bisa membuat anak terganggu bukan hanya faktor eksternal.saat mengerjakan sesuatu bisa saja ia langsung bergerak atau perhatiannya teralih karena terpikir sesuatu. karena tiba2 ada rencana yang melintas difikirannya.

Solusi :

Atur tugas anak menjadi beberapa agar anak tidak cepat bosan karena rentang konsentrasi (concentration span) bisa membuat anak cepat capek.sehingga setelah mengerjakan tugas yang satu berikan jeda.atau juga memutar musik lembut dan agar anak diam  lebih lama gunakan timer sampai timer berbunyi .

Kondisi2 diatas diharapkan dapat membantu mengontrol anak agar memperpanjang konsentrasi dan menjadi lebih fokus.

Untuk membuat anak lebih konsentrasi dan fokus anda bisa mencoba cara lain seperti : menyusun lego dan puzzle ,menggambar dan bermain games dapat dijadikan latihan konsentrasi anak.

Karena ada yang pernah mencoba menerapi anaknya dengan games dilaptop atau ipad yang sangat sulit fokus.pemilihan games juga yang membutuhkan konsentrasi dalam kecepatan tangan dan mata bukan games seperti tembak2kan atau perkelahian (fighting) yang memacu adrenalin tinggi. Penyusun blok,penyajian makanan direstoran,penataan rambut dan busana atau mencari barang hilang dapat menjadi pilihan juga.karena konsentrasi dalam games itu dapat membuat anak diam.setelah itu , dalam bertahap konsentrasi anak akan bertambah melalui pelatihan games yang dipilih.

 

Baca Juga Tulisan Menarik ini  :

Cara Mengajari Anak Fashion Show

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!