Cara mengajari anak bahasa inggris

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak bahasa inggris

Mempelajari bahasa sangat penting karena bahasa merupakan media komunikasi antar makhluk hidup sehingga dapat terjalin suatu hubungan yang menyeluruh. Bahasa merupakan jendela dunia.ungkapan tersebut memiliki makna yang sangat sarat dalam kehidupan. Dapat menguasai bahasa berarti kita pun sudah menguasai bahagian dunia

Apalagi setiap negara memiliki bahasa yang berbeda-beda. Karena bahasa merupakan simbol jati diri dari suatu negara. Karena itu untuk menyatukan bangsa diseluruh negara di dunia. Maka ditetapkanlah satu bahasa pemersatu yaitu bahasa internasional. Dan yang dipilih adalah bahasa inggris.

Pentingnya mempelajari bahasa inggris.

Sekarang ini bahasa inggris tidak hanya diajarkan kepada siswa SMP dan SD tapi sudah diperkenalkan sejak anak duduk dibangku kanak2 atau playgroup. Karena sekarang seiring dengan perkembangan teknologi yang menuntut kebutuhan untuk dapat menguasai bahasa inggris sehingga kurikulum di dunia mengalami perubahan.

Sekarang sudah banyak berkembang pendidikan non-formal karena banyaknya kebutuhan mempelajari bahasa inggris. Selain itu juga pendidikan formal pun mulai membuat kurikulum untuk kelas berbasis internasional.

Sehingga banyak juga orang tua yang memasukkan atau pun mendaftarkan anaknya untuk masuk ke lembaga pendidikan non-formal. Karena orang tua menyadari pentingnya untuk menguasai bahasa inggris.

Sejak usia dini bahasa inggris harus dipelajari

Sejak usia dini bahasa inggris penting untuk dipelajari walau bahasa inggris merupakan bahasa kedua. Karena saaat anak sudah masuk masa pubertas akan banyak kendala yang dihadapi sehingga hasilnya tidak maksimal, terutama dalam menguasai pronunciation atau pelafalan saat mengucapkan bahasa asing.

Menurut seorang ahli bahasa inggris Lenneberg, seorang individu mempunyai masa penting (periode sensitif) untuk dapat dengan mudah dan cepat menguasai Bahasa, yang disebut dengan “critical period” pada saat  individu tersebut belum memasuki masa pubertas. Ketika masa pubertas itu datang maka “critical period” memudar sehingga akan mengalami kesulitan untuk menguasai Bahasa asing tersebut

Sedangkan Lightbown & Spada (1999:60) melakukan observasi terhadap anak-anak dari keluarga imigrasi yang datang dari negara lain dan menetap di USA. Penelitian tersebut menemukan bahwa anak-anak imigrasi tersebut yang belum mencapai masa pubertas, dapat berbicara dalam Bahasa Inggris dengan pronunciation yang bagus seperti native speaker. Sedangkan orang tuanya tidak dapat mencapai kemampuan seperti anak-anaknya. Memang para orang tua tersebut dapat berbicara dengan lancar tetapi mereka mempunyai kesulitan dalam pronunciation, pemilihan kata, dan grammar yang seharusnya digunakan.

Saat anak mempelajari bahasa inggris dan saat sudah mencapai masa pubertasnya maka akan memengaruhi masalah faktor  psikologinya atau psychological factor. Orang dewasa dan anak berbeda cara belajarnya jika anak2 suka belajar sambil bermain dan suasana yang santai, tidak demikian dengan orang dewasa .

Karena orang yang sudah memasuki masa pubertas mempunyai kemampuan untuk membaca maupun menganalisa masalah yang mereka hadapi. Mereka akan merasa malu saat tidak mencapai level yang sudah ditargetkan. Karena mereka merasa bahwa kemampuan dan juga kemajuan mereka menguasai bahasa asing tersebut di evaluasi. Dan keadaan tersebut dapat pula membuat mereka frustasi saat menyadari kemampuan mereka dalam bahasa inggris masih kurang

Cara mengajarkan bahasa inggris pada anak

Mengajari anak bahasa inggris dapat dilakukan dirumah dengan melibatkan keluarga ataupun orang2 disekitar anak. memperkenalkan anak pada pelajaran bahasa inggris dapat di lakukan oleh orang tua yang dapat berperan aktif untuk mengajarkannya. Orang tua dapat mengemas materi pelajaran dengan menarik dan kreatif  sehingga anak pun tertarik untuk mempelajarinya.

Cara melakukan pembelajaran bahasa inggris dirumah :

Suasana ruangan

Suasana ruangan saat diaman anak akan melakukan aktivitasnya harus diperhaikan. Dan materi pembelajaran dapat dikemas dengan menarik dan kreatif agar anak tidak bosan, selain

itu menciptakan suasana yang santai saat proses pembelajaran juga dapat dilakukan.

Memutar lagu berbahasa inggris

Memutarkan lagu berbahasa inggris dapat dicoba ini salah satu cara untuk memasukkan bahasa ke dalam fikiran anak sehingga anak pun bisa terbiasa dengan kata2 yang dinyanyikan dalam lagu tersebut.

Dan ini juga sebagai perkenalan awal anak pada bahasa inggris dan anda juga harus memilih agu yang sesuai dengan usia anak seperti ABC dan setelah anak kemampuannya berkembang anda dapat memberikan lagu yang lain seperti old mac donald.

Memperlihatkan film animasi

Untuk menarik minat dari anak untuk mempelajari bahasa inggris kita dapat memperlihatkan anak pada film2 animasi anak yang berbahasa inggris seperti film dora the explore dan film disney. Karena pada film animasi terdapat warna yang cerah dan juga pelafalan kata (pronunciation ) yang jelas  dan dapat membuat anak mudah mengerti dan dapat pula mengasah kemamapuan anak menguasai vocabulary dan grammar  .

Teknologi internet

Selain dari buku kita juga dapat mengajari anak dari internet .apalagi banyak media pembelajaran  online yang dapat digunakan sebagai meteri pembelajaran seperti game, song dan lain2.

Mengajarkan anak menguasai grammar

Saat anak di ajarkan materi grammar anak sering kali bosan . memang bukan hal mudah untuk mengajari anak dalam menguasai grammar , apalagi belajar bahasa inggris sebagai bahasa kedua.

Sehingga saat mengajarkan anak grammar buatlah pembelajaran yang menarik sehingga anak pun tidak bosan. Seperti mengajarkan anak dengan lagu yang memiliki unsur grammar  seperti :

  • I met a man with seven wives
  • And every cat had seven kits
  • And every sack had seven cats

Lagu tersebut menggunakan bentuk past tense itu menceritakan kejadian yang berlalu. Dan kata kerja yang digunakan adalah kata kerja kedua (verb 2). Saat kita menyanyikan kita dapat menekan kata kerja tersebut.

Sehingga anak pun tidak bosan saat diajarkan grammar sambil bernyanyi. Dan jelaskan pula arti dan makna kata2 tersebut. Selain lagu anda juga bisa mengajarkan anak grammar melalui permainan ( a grammar game) misal meminta anak melengkapi sebuah kalimat. Dan dengan cara ini pun akan mengasah kemampuan anak untuk membuat kalimat dan memperkaya kosa-katanya ( vocabulary )

Mengajarkan anak bahasa inggris memang tidak mudah sebagai bahasa kedua, apalagi kita tinggal tidak dilingkungan yang menggunakan bahasa inggris sebagai alat komunikasi. Berbeda dengan anak Indonesia yang tinggal di Amerika, Inggris dan negara lainnya mereka akan dengan mudah untuk menggunakan bahasa inggris sebagai alat komunikasi.

Tapi kita dapat memperkenalkan anak dengan bahasa inggris sejak dini karena pada usia tersebut anak mempunyai kemampuan menguasai dua bahasa dengan lebih mudah

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!