CARA MENGAJARI ANAK BALITA BERENANG

Bagikan Info ini ke temanmu

CARA MENGAJARI ANAK BALITA BERENANG

Tips dan cara mengajari anak berenang

Mengajari anak untuk berenang sangat bermanfaat bagi kesehatan anak. karena berenang salah satu aktivitas yang digemari oleh beberapa anak. tapi terkadang orang tua masih memiliki kekhawatiran saat akan mengajari anaknya belajar berenang dan ada pula orang tua yang tidak tahu bagaimana mengajari anaknya berenang.

Padahal saat anak didalam kandungan sang ibu bayi sudah mempunyai kemampuan berenang karena ia sudah terbiasa dengan air ketuban. Dan bayi mempunyai refleks menyelam pada usia 4 bulan.

Membiasakan bayi dengan aktifitas didalam air juga membantu untuk mengajarkan bayi berenang.seperti membuat kbiasaan mandinya menjadi lebih menyenangkan dan bisa juga anda mempercikan air diatas tubuhnya.

Dan jika anda takut untuk mengajari anak anda berenang anda pun dapat membawa atau mendaftarkan bayi atau anak anda ke khursus berenang. Sehigga anda tidak perlu khawatir karena instrukturnya juga pasti sudah berpengalaman.

Tapi jika anda ingin mengajari anak anda untuk berenang. Berikut cara dan tips mengajarkan bayi berenang :

Memilih kolam renang untuk bayi

Memilih kolam renang saat mengajarkan bayi berenang bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan bayi selama berenang. Seperti memilih kolam renang khusus ibu dan bayi.

Kesehatan bayi dan anda harus diperhatikan

Memperhatikan kesehatan anda dan bayi juga sangat penting agar menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Karena itu jika anda atau pun bayi anda sedang tidak sehat maka jangan memaksa untuk berenang tapi istirahatlah dulu jika sudah sehat anda boleh melakukan aktifitas berenang.

Memberikan rasa aman pada bayi

Memberikan rasa aman pada bayi juga sangat penting agar anak tidak merasa takut, dengan cara melakukan kontak mata dengan bayi anda, memberikan senyuman dan dorongan untuk belajar berenang. Karena bayi dan orang tua memiliki ikatan batin yang sangat kuat.

Memperkenalkan kolam renang pada bayi anda

Memperkenalkan bayi pada kolam renang juga bisa dilakukan agar bayi atau anak anda tidak kaget. Kenalkan bayi secara bertahap seperti mendudukkannya di tepi kolam atau juga memasukkan bayi anda setengah badan kedalam kolam renang lalu mengangkatnya jika sudah terbiasa lakukan cara yang lainnya.

Menggunakan krim kulit

Menggunakan krim kulit pada bayi juga bisa diberikan jika bayi anda memiliki masalah pada kulitnya. Ataupun juga anda dapat berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sehingga bayi anda tidak terganggu kenyamanannya saat berenang.

Menunjukkan keberanian anda saat berenang pada bayi

Menunjukkan keberanian juga dapat membantu agar bayi tidak takut, hal ini merupakan pelajaran penting bagi bayi anda. dan juga tunjukkan kalau berenang merupakan aktivitas yang menyenangkan.

Cara yang dapat dilakukan mengambil posisi dengan cara membaringkan bayi anda terlentang dan kepala yang bersandar di bahu anda,kemudian dorong bayi untuk menendan kakinya .

Cara2 melatih balita berenang dengan cepat

Dibawah ini cara-cara mengajarkan balita untuk berenang yaitu :

  1. Kesabaran dalam menjelaskan pada anak2 apa yang harus dilatih
  2. Memberikan hitungan mundur saat anak akan mulai berenang agar anak lebih siap untuk latihan berenang.
  3. Selalu kontak mata dengan anak agar anak tidak takut dan merasa kalau yang dilakukannya aman.

Mengajari anak berjalan dikolam renang

Mengajari anak berjalan dikolam renang agar anak terbiasa dengan air dan dapat beradaptasi lebih cepat. Cara ini dapat dilakukan dengan memegang dan menuntun tangan anak melangkah kedalam air kolam dan juga dapat mengajarkan anak duduk dan bermain di kolam renang atau memberikan mainan yang disukai oleh anak anda dapat menjadi pilihan.

Melatih balita untuk menghembuskan udara didalam air

Melatih balita untuk menghembuskan udara di dalam air seperti mengambil nafas dan menghembuskan gelembung udara didalam air tapi ini tidak mudah karena anak tidak suka dan merasa takut sehingga ibu harus telaten dan sabar mengajarkannya. Memberikan motivasi kepada anak juga dapat dilakukan agar anak termotivasi untuk melakukannya.

Melatih sepakan didalam air

Melatih balita melakukan sepakan didalam air dengan benar dan berikan juga motivasi pada anak. lakukan ini ditangga teratas dikolam renang dan anda bisa juga memberikan contoh pada anak cara melakukannya.

Mengajari anak untuk mengambil mainan di dalam air

Mengajari anak mengambil mainannya ataupun barangnya didalam air,  agar anak anda berani mengambil barangnya yang berada didalam air dan ini juga dapat membantu anak berani menenggelamkan wajahnya di dalam air.

Mengajari balita berenang dengan memegang bahu anda

Mengajari anak untuk memegang bahu anda lebih dulu dapat dilakukan. Anda bisa jalan pelan2 di air lalu minta anak untuk melakukan sepakan ataupun tendangan ke air . anda bisa juga memberikan pelampung saat anak anda sudah terbiasa dan sudah bisa berenang dengan baik atau sudah bisa melakukan renang gaya bebas.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!