Cara mengajari anak berbicara

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak berbicara

Cara efektif melatih anak untuk berbicara

Balita biasanya mengalami masalah umum yang salah satunya adalah terlambat berbicara. anak anda yang hanya mengucapkan beberapa kata atau juga tidak bisa berbicara sama sekali merupakan keterlambatan dalam berbicara.biasanya itu terjadi karena anak2 mengalami kesalahan dalam metode latihannya atau juga kurangnya peranan orang tua dalam memberikan kosakata pada anaknya. Selain itu bisa juga karena gangguan pendengaran,penglihatan maunpun yang lainnya seperti retardasi mental atau gangguan autistik (autisme).

Peranan paling penting dalam kemampuan anak untuk berbicara adalah orang tua,kakek,nenek dan anggota keluarga lainnya termasuk pengasuh anak anda. agar anak anda dapat berbicara, ajaklah anak untuk berkomunikasi dengan baik dan dengan nada yang tepat agar anak tidak kebingungan. Jika anak anda mengalami gangguan pendengaran maka berikan dia alat bantu dengar setelah itu anda bisa mengajarkannya bicara. Mendengar dengan baik salah satu proses agar anak dapat berbicara karena anak akan melalui yang namanya pemahaman.

Apakah benar bahwa anak perempuan lebih cepat bicara daripada anak laki-laki?

Dalam 2 tahun pertama anak perempuan rata2 menguasai 120 kata dan anak laki2 hanya 90 kata saja.karena pada setiap anak berbeda2 dalam masa perkembangannya.tapi anak perempuan akan hilang minat belajarnya saat pra-sekolah daripada anak laki2 , sehingga anak laki2 lebih unggul dari perempuan dalam pelajaran.

Ini bisa disebabkan karena proses hormonal pada perempuan sehingga anak perempuan otaknya lebih matang dari anak laki2 dan karena itu anak perempuan lebih bisa memahami bahasa abstrak sedangkan anak laki2 membutuhkan ungkapan akustis dan juga optis.

Dan keterlambatan anak dalam berbicara pun dapat ditoleransi apabila anak mengerti dengan apa yang anda ucapkan. dan bawalah anak anda kedokter jika anak tidak mau menatap mata orang lain ,sulit menoleh saat dipanggil atau tidak mengerti ucapan orang lain,dan berbicara dengan bahasa yang tidak dimengerti sama sekali.

Teknik teknik melatih dan merangsang bicara pada anak

Berikut ini Tips dan metode untuk meningkatkan bicara pada anak :

Saat orang tua berkomunikasi anak akan mendengarkan dan juga memperhatikan ekspresi kita tanpa kita ketahui.sehingga sejak dini mengajak anak berbicara juga penting walaupun anak belum bisa mengutarakannya dan ini juga membantu anak melatih kemampuannya berkomunikasi dan juga interaksi sosial dengan lingkungannya.

Sehingga kita harus mengajarkan anak dengan kata2 yang positif dan agar mengasah rasa percaya diri pada anak untuk memulai mengucapkan sesuatu .karena anak nantinya akan meniru apa yang kita ucapkan dan yang kita lakukan karena semua itu akan tersimpan kedalam memorinya.

Mengajari anak yang berusia 1 tahun bisa dengan kata2 atau kalimat yang mudah terlebih dahulu saat berkomunikasi dengannya agar anak lebih mudah memahaminya. Seperti kata2 ibu,ayah,makan,minum dan sebagainya. Dan jangan ajarkan anak dengan kata2 yang sulit ataupun yang terlalu panjang.

Anak yang sudah berumur 2 tahun anda bisa memberikan anak anda pengetahuan tentang benda yang dilihatnya atau disekitarnya dan jelaskan juga kegunaan benda tersebut . seperti pensil untuk menulis dan gelas untuk minum.sehingga anak akan mendapat dorongan untuk berbicara karena belajar kata2 yang berbeda2.

Memberikan pertanyaan juga dapat memancing anak untuk menjawab walaupun hanya satu suku kata atau lebih. Walaupun jawabannya salah atau pun kurang jelas saat mengucapkan kita tetap harus menghargainya asal tidak dibuat2.

Saat anak mulai berbicara walau kita tidak tahu apa yang ia katakan tetaplah anda mengucapkan kata2 seolah anda mengerti dengan yang diucapkannya.tapi anda juga harus menggunakan kata yang benar dan baik. Ulangi terus menerus.

Saat anak dalam kandungan anak juga bisa mendengarkan apa yang kita ucapkan ataupun yang kita dengarkan musik dan lainnya sehingga kita juga harus bisa menyaring apa saja yang ingin kita ucapkan atau kita dengarkan karena bisa berpengaruh pada anak anda.

Ajarilah anak dengan satu bahasa lebih dulu agar anak tidak sulit memahaminya dan juga jangan paksa anak untuk belajar 2 bahasa sekaligus sebelum anak menujukkan kemampuan bicaranya.

Ajaklah anak anda untuk berinteraksi sosial dengan teman2nya agar anak anda lebih percaya diri saat berjumpa dengan orang lain. Karena anak2 lebih cepat belajar dengan anak lain.

Ajarkan anak untuk mengucapkan kata yang benar saat anak meminta sesuatu hanya dengan menunjukkan benda yang ia inginkan dan mintalah anak mengikuti kata2 anda.

Suara radio dan televisi bisa membuat konsentrasi anak kacau sehingga saat anak belajar atau saat bermain dengan anda pastikan radio dan televisi dimatikan. Permainan juga dapat digunakan untuk mengajari anak berbicara seperti pada gambar dvd atau flash card. Dan juga bisa melakukan tebak2kan dengan anak dengan mengenalkan bagian anggota tubuh sperti mata,telinga,rambut dll.

Saat kita mengajari anak bicara anda harus tahu situasi anak apakah sudah bosan atau belum.jika sudah terlihat bosan sudahi kegiatan tersebut dan anda bisa melanjutkan dilain waktu.

 

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!