Cara Mengajari Anak Berdo’a

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak berdo’a

Mengajari anak untuk berdo’a juga penting bagi orang tua karena do’a merupakan harapan akan datangnya pertolongan dari Allah zat yang maha kuasa. Sehingga sejak dini ajarkan anak untuk berdo’a atau dapat menghafal do’a-do’a . Do’a juga merupakan senjata bagi kaum muslimin.

Sehingga bagi kita penting sekali mengajari anak dalam bagaimana cara berdo’a kepada Allah. Dan anak pun akan terbiasa dan kemalasan untuk berdo’a juga akan hilang.

 Dibawah ini cara untuk mengajari anak untuk berdo’a :

Memberikan pemahaman arti pentingnya berdo’a pada anak

Agar anak mau belajar tentang do’a kita sebagai orang tua harus memberikan pemahaman pada anak tentang arti dan juga manfaat dari do’a itu. Saat anak sudah paham akan makna juga faidah dari do’a disaat tertentu terutama saat anak mendapatkan masalah maka dia akan ingat selalu pada Allah yang maha kuasa yang dapat menyelesaikan segala persoalan. Dan anak pun dengan sukarela dan penuh kesungguhan akan berdo’a meminta pertolongan pada Allah.

Mengajarkan sikap berdo’a pada anak

Saat anda ingin mengajarkan anak untuk berdo’a. Terlebih dulu berikan ia contoh bagaimana sikap tubuh ketika berdo’a seperti tangan yang mengadah atau saat selesai sholat sikap kaki yang bersila atau bersimpuh. Maka anak akn dengan sendirinya mengikuti apa yang kita lakukan karena anak memang lebih suka meniru apa yang kita lakukan.

Mengajarkan anak do’a – do’a pendek

Sebelum mengajarkan anak-anak do’a yang panjang terlebih dahulu ajarkan ia do’a-do’a pendek dan yang sering di gunakan setiap hari karena anak pun pasti belum bisa merangkai do’a yang panjang atau pun belum bisa untuk menyusun do’a sendiri dengan bahasa indonesia. Misalnya do’a yang dapat diajarkan seperti do’a mau makan dan sesudah makan, dan juga do’a sebelum tidur dan sesudah tidur.

Memperaktekkan do’a

Saat mengajari anak berdo’a yang lebih penting adalah prakteknya. Karena dengan memperaktekkan secara langsung akan membuat anak memjadi lebih mudah dalam menghafalkannya dan lebih mudah dalam mengingatnya. Seperti saat makan mintalah anak untuk berdo’a terlebih dahulu ataupun saat sebelum tidur, atau saat anak bepergian.

Selain itu saat mengajarkan anak untuk bisa menghafal do’a – do’a maka jangan paksa anak untuk langsung bisa menghafalkan do’a dengan lancar karena anak membutuhkan waktu untuk bisa menghafal do’a dengan lancar.

Adapun manfaat-manfaat dalam berdo’a :

  • Berdo’a merupakan mensyukuri karunia Allah yang telah diberikan pada kita. Seperti rezeki yang telah diberikan Allah pada kita.
  • Berdo’a merupakan sebagai bentuk dalam memuji dan mengagungkan nama Allah SWT. Dan dapat pula menambah pahala kita untuk di akhirat.
  • Berdo’a dapat menghilangkan rasa putus asa dalam diri. Sehingga saat kita berdo’a kita akan dapat menghadapi cobaan hidup dan dapat bersikap atau berfikir positif menanggapi kegagalan.
  • Berdo’a dapat pula untuk membantu mengendalikan emosi jiwa dan juga kemarahan.
  • Berdo’a dapat pula menciptakan individu yang tegar. Karena dengan berdo’a kita dapat meningkatkan ketabahan dalam menghadapi peristiwa2 yang trjadi diluar nalar atau diluar kehendaknya.

Semoga semua ini dapat bermanfaat bagi anda…

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!