Cara mengajari anak berjalan

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak berjalan

Sebelum anak tumbuh dewasa anak akan memulai beberapa tahapan seperti dari : merangkak, duduk, melangkah, berjalan sampai berlari. Proses ini akan dilewati oleh setiap anak.  dan momen luar biasa pada anak saat anak berjalan.untuk melatih anak agar bisa berjalan anda dapat melakukannya dengan cara yang menyenangkan dan beri juga anak pujian saat anak dapat berjalan tanpa bantuan.

Cara untuk membantu atau melatih anak berjalan :

Berdiri dengan tegak

Untuk melatih anak berjalan pertama2 bantulah ia untuk berdiri dengan tegak dan menjejakkan kedua telapak kakinya dengan mantap tanpa bantuan dari anda selama 3 menit. Jika setelah itu anak anda jatuh terduduk berikan dorongan atau pun rangsangan pada anak untuk belajar bangkit berdiri tanpa bantuan.

Jika anak sudah bisa berdiri dengan tegak dan anak mau mencoba melangkah sendiri maka anak pun siap untuk berjalan dengan berpegang pada kedua tangan anda

Berpegangan tangan

Saat anak baru mulai berjalan bantulah anak dengan berpegangan pada tangan anda dengan salah satu atau kedua tangannya dengan jarak dekat. Aktivitas ini akan melelahkan anda tapi lakukan kegiatan ini untuk anak anda

Mengajarkan anak berdiri di boks

Dengan mengajarkan anak berdiri di boks dapat dilakukan karena cara ini pun sangat aman jika boks diberi pelindung (bumper) disekeliling bagian dalamnya. Sehingga jika bayi terjatuh tubuhnya akan membentur kasur boks atau bantal.caranya dengan membiarkan balita disalah satu sudut boksnya. Cukup dengan waktu 30 menit latihan.

Mengajarkan dengan berenang

Mengajarkan dengan cara ini dapat dilakukan agar anak merasa lebih ringan saat berjalan dan saat jatuh pun anak tidak akan sakit. Saat mengajarkan anak berjalan tetap lakukan pengawasan dan di dalam kolam plastik yang berisi air berikan juga bola2 kecil.

Mengajarkan anak naik-turun

Mengajarkan anak untuk naik-turun pun dapat membantu menumbuhkan rasa percaya diri. Saat anak melakukan kegiatan ini jangan lupa anda lakukan pengawasan. Mintalah anak untuk berjalan dengan berpegangan pada sisi meja ataupun kursi lalu mintalah anak untuk berpindah dari kursi yang satu ke kursi yang lain. Pastikan juga benda yang digunakan anak untuk berjalan cukup kokoh dan tidak mudah untuk bergeser serta tidak bersudut tajam.

Meminta anak mengambil mainan

Cara ini dapat membantu anak untuk menguatkan otot-otot kaki dan tungkai anak. caranya mintalah anak mengambil mainannya yang sudah kita taruh ditempat yang agak jauh dari anak dan anda bisa juga menaruhnya di lantai yang tidak rata. Walau pun anak berjalan dengan berpegangan tangan.

Menberikan benda yang dapat didorong

Saat anak mulai berlatih berjalan anak akan suka dengan benda yang bisa berjalan bila didorong . sehingga berikan dia benda tersebut sebagai alat bantunya berjalan  dan berikan juga semangat agar anak merasa senang.

Memindahkan barang

Ajarkanlah anak untuk memindahkan barangnya dari satu tempat ketempat yang lain. Bisa juga dengan memberikan mainan truk atau gerobak yang dipasang tali sehingga anak anda dapat menariknya

Membiarkan anak tanpa alas kaki

Saat mengajarkan anak berjalan biarkan ia tanpa menggunakan alas kaki seperti kaos kaki atau sepatu dan sandal. Cara ini agar anak leluasa dalam mencari keseimbangan dan anak pun sangat membutuhkan indera peraba dikakinya.

Tidak menggunakan baby walker

Saat melatih anak berjalan disarankan tidak menggunakan baby walker karena dapat mengganggu perkembangan otot2 kaki seperti telapak kaki anak yang tidak menapak dengan baik tapi cenderung berjinjit.

Selain itu dapat pula memunculkan bahaya yaitu anak terjungkal. Biasanya kejadian ini bisa serius akibatnya.

Semoga cara diatas dapat bermanfaat untuk membantu dan melatih anak berjalan…..

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!