Cara mengajari anak disleksia

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak disleksia

Disleksia merupakan gangguan membaca dan menulis yang dialami oleh anak berusia 7-8 tahun. Selain itu disleksia juga dapat mempengaruhi perkambangan anak terutama pada proses belajarnya. Penderita disleksia pun tidak menunjukkan ciri2 khusus. Namun ia akan lebih terlihat pada kemampuan dalam menghubungkan huruf menjadi kata, kesulitan membaca,sulit memegang alat tulis dan kesulitan dalam menerima pelajaran.

Disleksia ada 2 tipe yaitu : bawaan sejak lahir atau faktor genetik dan perubahan oleh cara kerja otak kiri. Seorang anak yang mengalami disleksia harus lebih diperhatikan agar ia dapat lebih mudah dalam mengikuti pelajaran. Sekarang sudah tersedia sekolah khusus yang digunakan untuk membantu mengajari anak yang mengalami disleksia.

Cara mengajari anak disleksia

  1. Menggunakan pembelajaran yang khusus

Saat mengajarkan anak disleksia gunakanlah media pembelajaran yang sedikit berbeda seperti menggunakan gambar .pada umumnya anak disleksia lebih mudah untuk memahami sesuatu dengan gambar . gunakanlah gambar untuk membantu mereka dalam memahami huruf agar mereka lebih mudah untuk membaca dan menggambar. Agar memperoleh hasil yang baik lakukan dengan sabar.

  1. Tidak menyalahkan saat melakukan kesalahan

Saat anak disleksia melakukan kesalahan dalam membaca huruf, maka janganlah langsung memarahi atau menyalahkan karena ini dapat membuat mereka tidak percaya diri dan sulit untuk belajar. Untuk mengatasi anak disleksia memang membutuhkan kesabaran jadi janganlah sekali2 menyalahkan saat mereka melakukan kesalahan.

  1. Memberikan motivasi

Memberikan motivasi pada anak disleksia dapat membantu mereka untuk lebih semangat dalam belajar membaca dan juga menulis. Apalagi motivasi dan juga dukungan dari orang tuanya akan membuat mereka lebih percaya diri. Dan berikan dukugan pada anak untuk bergaul dengan teman seusianya karena banyak anak disleksia yang di jahui oleh teman2nya. Sehingga dukungan dari orang tua akan membuat mereka lebih bersemangat.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Meningkatkan rasa percaya diri pada anak sangat penti karena anak disleksia tentu merasa berbeda dengan taman2nya. dengan cara memberi dukungan pada anak akan dapat membantu anak lebih percaya diri. anak disleksia dapat disembuhkan dengan cara mudah, salah satunya memberikan dukungan pada anak untuk tidak mudah down

Saat mengajari anak disleksia dibutuhkan kesabaran agar ia dapat lebih mudah untuk memahami huruf  sehingga mudah untuk membaca dan menulisnya. Gejala disleksia sangat mudah dikenali sehingga orang tua harus lebih cepat untuk mengatasinya.

Gejala-gejala pada anak disleksia :

kesulitan dalam mengingat

anak disleksia biasanya mengalami kesulitan dalam mengingat urutan hal2 yang sudah umum . seperti nama hari ataupun mengurutkan abjad dengan baik.agar anak disleksia dapat lebih mudah memahami dan mengurutkan dengan baik maka peran orang tua sangat penting untuk mengajari anak secara pelan dan sabar.

menulis dengan lambat

anak disleksia lebih lambat ketika menulis dikarenakan ia kesulitan dalam menulis abjad dan juga susah membedakan huruf2 yang terlihat hampir sama “p” dan “q” dan huruf lainnya. Sehingga saat mengajari mereka menulis dibutuhkan cara khusus.

Sulit dalam memahami

Anak disleksia membutuhkan waktu yang lama dalam memahami apa yang dikatakan orang lain karena ia lambat dalam memproses kata2 yang di dengar. Sehingga jangan memaksa anak untuk langsung menjawab apa yang anda katakan.

Tidak suka membaca dan menulis

Saat anak anda suka membaca dan menulis karena keingintahuannya . maka lain hal dengan anak disleksia yang tidak suka membaca ataupun menulis .sehingga saat anak anda tiba2 tidak tertarik dengan membaca sebaiknya anda lebih waspada karena bisa saja ia mengalami gangguan disleksia.  Sehingga periksalah anak agar memperoleh penganan yang tepat.

Kesulitan dalam berhitung

Anak disleksia kemampuan dalam berhitungnya memang rendah tapi bukan berarti bahwa ia tidak bisa berhitung.mereka hanya kesulitan dalam membedakan angka sehingga tidak bisa menghitung dengan cepat.

Sulit dalam menjawab sebuah pertanyaan

Anak2 pada umumnya lebih cepat dalam menjawab pertanyaan tapi berbeda dengan anak disleksia ia akan mengalami kesulitan dalam menjawab karena ia membutuhkan waktu dalam merangkai kata2. Hal ini banyak ditemukan tapi banyak dari beberapa yang tidak sadar akan hal ini sehingga harus diajari secara khusus agar lebih paham.

Saat mendidik anak disleksia tidak sulit namun dibutuhkan kesabaran dalam mendidik dan mengajarkannya. Dan berikan juga motivasi pada mereka agar mereka lebih semangat saat belajar.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!