Cara mengajari anak epilepsi

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak epilepsi

Kelainan pada sistem saraf pusat atau lebih tepatnya adanya gangguan pada aktivitas sel saraf pada otak disebut dengan Epilepsi. Pada penderita epilepsi menampakkan perilaku yang tidak biasa seperti kejang2 dan kadang2 kehilangan kesadaran.

Pada anak yang memiliki epilepsi akan sulit dalam beraktivitas di sekolah.karena anak mengalami masalah atau gangguan dalam belajar akibat kejang,pola tidur ataupun obat2an dan gangguan ini terkadang dapat berubah dari hari ke hari atau jam ke jam dan tidak tentu . Dan saat anak mengerjakan tugas sekolahnya ia merasa kesulitan berbeda dengan temen2nya yang dapat belajar dengan cepat.

Masalah2 yang sering dialami anak-anak epilepsi yaitu :

  Bermasalah dalam bahasa : maksudnya ia kesulitan dalam memahami,berbicara, dan berkomunikasi.

  Bermasalah dalam perhatian dan konsentrasi : anak epilepsi kurang memerhatikan, hiperaktif ataupun keduanya. Atupun ia hanya dapat berkonsentrasi pada waktu yang singkat saja

  Bermasalah dalam akademis : anak akan sulit untuk membaca, menulis, dan menghitung

  Kesulitan dalam mengingat : anak mempelajari banyak pelajaran berulang kali tapi ia sama sekali tidak dapat mengingatnya.

  Lamban dalam melakukan sesuatu : anak epilepsi memerlukan banyak waktu yang lebih lama untuk bisa memproses informasi ataupun menyelesaikan tugasnya dibanding dengan teman2nya.

Karena kelainan aktivitas otak dapat menyebabkan kejang pada malam hari ataupun pola tidur yang buruk sehingga dapat meningkatkan rasa lelah saat proses belajar di sekolah. Bila aktivitas kejang tidak terlihat selama anak disekolah dapat menyebabkan proses dalam memahami informasi yang dipelajari menjadi lebih lamban.

Sedangkan anak yang memiliki kejang disekolah dapat pula mengalami gangguan memori yang bisa menyebabkan mereka lupa dengan apa yang dipelajari. Karena pada kasus tertentu mereka pun tidak mengingat apa yang terjadi sebelum kejang.

Lambatnya informasi pada anak juga bisa karena obat2an anti – epilepsi (topiramate). Dan juga dapat menyebabkan kelelahan yang dapat menurunkan kemampuan anak dalam belajar.

Apa saja yang dilakukan untuk dapat membantu anak dalam belajar?

Penilaian dari psyco educational atau tes neuropsychological dapat pula membantu untuk mengidentifikasi area masalah dan keunggulan anak dan juga menyediakan informasi.

Cara yang dapat dilakukan untuk mengajar anak yang memiliki kejang dan kesulitan dalam belajar adalah lingkungan yang terstruktur dengan baik. Dan dapat pula menggunakan instruksi langsung dan satu persatu. Program study khusus pun juga diperlukan.

Meminta anak untuk menceritakan masalah atau kesulitan apa yang dialaminya saat disekolah. Dan ini juga dapat membantu anda untuk mengerti situasi, bagaimana perasaannya dan bagaimana anda juga dapat membantu anak dalam mengatasi masalah.

Dan anda juga bisa mengumpulkan dukungan dari tim perawatan epilepsi organisasi epilepsi, guru2 di sekolah, dan juga kelompok lainnya.

Untuk meningkatkan potensi belajar anak anda dapat pula menciptakan lingkungan yang mendukung anak disekolah dari guru maupun teman sekelasnya.dan cari tahu apa sajakah hak anak anda dan usahakan dukungan tesebut jika anak anda sama sekali tidak memiliki dukungan yang cukup.

Saran yang dapat didiskusikan dengan guru – guru anak anda sebagai berikut :

Memberikan kepada anak lebih sedikit tugas tertulis

Dapat menggunakan bantuan fisik : seperti menunjuk ataupun menutup sebagian dari halaman buku.

Memilih tempat duduk anak dibagian depan kelas untuk membantunya fokus dan menghindari distraksi

Membuat peraturan dan ekspektasi yang jelas dikelas

Membuatkan jadwal harian yang dapat diikuti anak secara visual

Gunakan alat visual ,seperti grafik dan juga ilustrasi. Jika anak memiliki masalah dangan memori visualnya atau visual – spasial

Dapat menggunakan audiobook

Memberikan pada anak waktu tambahan untuk tes dan tugas, dan dapat pula memberi waktu tambahan agar anak dapat merespon dikelas.

Dapat menggunakan format yang kosisten untuk instruksi.

Teknik ( berhenti dan berfikir) agar dapat mengajari anak untuk mengawasi perilaku dan berfikir sebelum melakukan sesuatu.

Selalu memeriksa anak setiap hari untuk melihat kondisi dan juga peasaanya.

Mintalah anak anda untuk mengulangi instruksi, untuk memastikan anak mengerti instruksi yang diberikan.

Memodifikasi cara pembelajarannya.

Meminta bantuan pada teman sekelas anak untuk menjadi tutornya.

Memberikan bantuan tambahan pada area yang bermasalah

Untuk menarik perhatian anak gunakanlah kata kunci ataupun kalimat yang menarik.

Mengajarkan pengajaran khusus.

Selain itu untuk mendukung pembelajaran dapat juga dengan membaca cerita dan menghitung bersama, mengerjakan soal2 matematika, dan juga membaca buku latihan. Lingkungan yang kaya akan bahasa dan angka juga dapat membantu.

Dan dengan ini anda dapat membantu anak untuk menemukan keterampilan atau area yang menarik anak yang memiliki bakat. Jangan lupa fokus pada keberhasilan anak dan tidak lupa memberi kesempatan pada anak untuk menunjukkan kemampuannya..

Semoga ini dapat bermanfaat bagi anda semua…

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!