Cara mengajari anak hafal Al-Qur’an

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak hafal Al-Qur’an

Semua orang tua pasti menginginkan anaknya bisa menghafal Al-Qur’an. Saat seorang anak dapat menghafalkan sesuatu itu bagaikan menulis disebuah batu yang ketika sudah tertulis atau terukir maka akan melekat dengan kuat dan sulit untuk hilang. Sehingga banyak sekali orang tua yang menginginkan anaknya untuk menjadi seorang hafizh.

Dan banyak keutamaan ketika orang tua dapat mendidik anak menjadi seorang penghafal Al-Qur’an. Dari Buraidah Al Aslami r.a ia berkata bahwasanya ia mendengar Rasulullah bersabda “…Sementara itu,kedua orang tuanya diberi dua pakaian baru lagi bagus yang harganya tidak dapat dibayar oleh penghuni dunia keseluruhannya. Kedua orang tua itu lalu bertanya, ‘ Kenapa kami diberi dangan pakaian begini?’ Kemudian di jawab, ‘ Karena anakmu hafal Al-Qur’an,” (H.R Ahmad).

Maka mulai dari sekarang orang tua perlu untuk mendidik anak dengan Al-Qur’an. Siapa orang tua yang tidak ingin diperlakukan mulia saat kelak di akhirat,,?

Saat orang tua ingin anaknya menjadi hafiz apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara agar anak termotivasi untuk menghafal Al-Qur’an.

Dibawah ini cara agar anak kelak menjadi seorang hafiz :

Awali dengan yang halal

Maksudnya memastikan bahwa apapun yang masuk kedalam tubuh kita ataupun anak merupakan makanan dan minuman yang halal dan juga dari sumber yang halal. Untuk mencetak anak yang sholeh dan sholehah apalagi untuk menjadi penghafal Al-Qur’an diatas merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan.

“wahai,,,Sa’ad Perbaikilah makananmu, makanlah dari makanan yang bai-baik, niscaya kamu akan menjadi orang yang mustajab do’anya.” (H.R Thabrani)

Jika kita berdo’a agar dimudahkan menghafalkan Al-Qur’an,  Allah akan mengabulkannya Insya Allah.

Memperdengarkan Al-Qur’an

Sejak dini biasakan anak untuk mendengarkan lantunan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an agar anak pun tidak asing dengan lafadz-lafadz yang ada di tiap Ayatnya. Karena balita mudah sekali menyerap informasi yang kita berikan apalagi jika dilakukan secara berulang-ulang.

Memberikan contoh

Apapun yang dilakukan anak merupakan cerminan dari kita karena salah satu yang memengaruhi perkembangan seorang anak adalah dari lingkungannya dan pola asuh dari orang tua. Maka saat kita ingin anak untuk menghafalkan Al-Qur’an maka kita pun juga harus menghafalkan Al-Qur’an.

Membacakan Ayat-ayat Suci Al-Qur’an

Saat bayi masih dalam kandungan ia sudah mengalami perkembangan di otak dan telinganya. Sehingga kita dapat membacakan Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an setiap waktu karena mereka pun sudah mampu mendengar dan menyimpan memori.

Menggunakan pembelajaran yang kreatif

Pembelajaran yang kreatif dapat dilakukan untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an. Tapi sesuaikan dengan karakter anak anda. jika anak anda hiperaktif anda dapat menempelkan potongan2 Ayat di dinding sehingga saat anak bermain masih tetap bisa menghafal.

Memberikan apresiasi

Memberikan apresiasi dapat dilakukan untuk membantu anak semangat dalam menghafal Al-Qur’an.

Tidak memaksa

Maksudnya saat anda mengajari anak untuk menghafalkan Al-Qur’an dan ia sedang malas jangan memaksakannya tapi lihat dulu kenapa anak malas lalu cari tahu bagaimana agar anak semangat lagi untuk menghafal Al-Qur’an. Janganlah memarahi anak karena anak tidak mencapai target yang anda tentukan.

Tetap konsisten

Saat mengajarkan menghafal pada anak pasti ada kendala yang akan terjadi. jadi jangan mencoba untuk berhenti mengajari anak menghafalkan Al-Qur’an.

Di atas merupakan cara-cara untuk mengajarkan anak menghafal Al-Qur’an. Semoga anak kita nantinya dapat menjadi penghafal Al-Qur’an. Amin Amin Ya Rabbal Alamin..

 

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!