Cara mengajari anak ke toilet

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak ke toilet

Cara –cara mengajari anak untuk buang air ke toilet

Sebagai orang tua mengajarkan anak ke toilet sangat penting apalagi saat anak mulai tumbuh besar. Biasanya orang tua baru memikirkan apa yang akan diajarkan anak terlebih dahulu saat anak mulai tumbuh dewasa.

Saat anak sudah bisa berjalan ajarkan anak secara perlahan untuk mandiri seperti mengajarinya pergi ke toilet. Biasanya kesiapan anak untuk bisa menggunakan toilet berbeda2 walau umur mereka sama. Sehingga sebagai orang tua anda perlu tahu kapan anak siap untuk bisa ke toilet sendiri.

Kapankah anak siap untuk belajar ke toilet?

Kesiapan anak untuk bisa diajarkan untuk pergi ke toilet dapat diketahui melalui tanda2nya antara bulan ke 18 dan 24. Tetapi banyak juga balita yang siap lebih awal atau lebih di atas bulan ke 24. Balita laki2 dan perempuan biasanya yang dapat memulai dari awal adalah balita laki2 tapi membutuhkan waktu yang lama untuk menggunakan toilet dibanding balita perempuan.

Saat anda ingin melatih anak untuk pergi ketoilet anda bisa menyiapkan potty dikamar mandi. Potty ada 2 tipe : pertama berupa pooty yang berdiri sendiri dengan tengahnya dapat dikosongkan ke toilet, kedua potty yang berupa kursi ukuran balita yang dapat ditempatkan diatas dudukan toilet yang dapat membuat anak merasa lebih nyaman dan tidak takut jatuh. Ini bisa anda gunakan untuk latihan awal bagi balita membiasakan diri kekamar mandi.

Saat tanda2 kemampuan anak sudah terlihat anda dapat mulai melatihnya seperti :

  1. Saat anak sudah mulai menarik popoknya kebawah
  2. Anak sudah tertarik dengan potty dan juga mengenakan celana
  3. Dapat mengekspresikan kapan harus buang air
  4. Dapat mengerti dengan kata2 yang berhubungan dengan yang di lakukan di toilet
  5. Anak dapat mengikuti perintah dengan mudah
  6. Popok yang dipakai kering walau sudah 2 jam
  7. Dapat menggunakan potty seperti beranjak ke potty, duduk dan beranjak pergi

Tips untuk membiasakan balita buang air di toilet

Dibawah ini cara untuk mengajarkan balita ke toilet dengan adalah :

Menggunakan kata “pipis” untuk mengekspresikan keinginan anak kekamar mandi

Memberikan pemahaman pada anak tanyakan apakah ia ingin buang air besar, sehingga anak akan mulai bisa mengenali buang air kecil dan besar

Tanyakan pada anak anda apakah popok yang ia pakai sudah basah atau kotor. Sehingga hal ini dapat melatih anak untuk mengetahui hal baru seperti jika popok basah atau kotor maka harus diganti, nanti lama2 anak akan mulai paham dengan hal tersebut.

Mengajarkan anak duduk di potty : pertama saat mengajari anak menggunakan potty biarkan lebih dulu anak menggunakan bajunya tahap kedua biarkan anak dengan popoknya . setelah siap biarkan anak duduk tanpa popok dan celana.

Saat anak sudah siap menggunakan potty dibawah ini cara untuk membantu anda :

  1. Menunjukkan pada anak bagaimana cara duduk di toilet dan jelaskan pula pada anak apa yang sedang anda lakukan dengan bahasa yang mudah . karena balita senang saat meniru perilaku orang dewasa. Dan saat anda duduk di toilet biarkan anak mengikuti anda dengan duduk di potty.
  2. Menangkap isyarat anak saat buang air besar. Biasanya saat anak yang ingin ke toilet ia akan memberi isyarat . seperti jongkok,muka memerah dan lain2.
  3. Janganlah memaksakan anak duduk di toilet jika anak anda tidak mau melakukannya.
  4. Membentuk kebiasaan anak . mengajak anak duduk di potty di jam saat anak biasanya buang air.
  5. Mengajarkan anak laki2 untuk berdiri didepan toilet tunggu sampai ia selesai buang air kecil.
  6. Memberikan hadiah pada anak saat anak mau pergi ke toilet hadiah dapat berupa pujian ataupun stiker yang disukai anak tapi jika anak tidak mau pergi ketoilet maka ia tidak mendapat hadiah tersebut.
  7. Membiasakan anak untuk duduk potty saat anak selesai makan setelah 15-30 menit. Karena biasany anak akan merasa ingin buang air besar.
  8. Membiasakan anak untuk tidak memakai popok disiang hari. Saat anak merasa ingin buang air ia akan mengenali bahwa ia harus ke toilet
  9. Perhatikan anak saat dikamar mandi untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Jangan memaksa anak jika ia masih mengompol dan belum bisa melepas popoknya. Anak akan menunjukkan kesiapannya untuk bisa pergi kekamar mandi sehingga anda tidak perlu tertakan oleh orang lain.
  10. Saat anak anda dititipkan pada nenek dan kakeknya atau pada babysitter , anda dapat memberi pengetahuan tentang latihan potty sehingga walau anak tidak bersama anda kegiatan latihan tersebut tetap berjalan.

Semoga tips diatas dapat membantu dan bermanfaat bagi anda….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!