Cara mengajari anak mengendalikan emosi

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak mengendalikan emosi

Saat anak mudah marah atau emosi tergantung dengan sikap orang tua saat dirumah. Jika anak melihat orang tuanya marah2 atau tidak dapat menahan emosi maka anak pun dapat terpengaruh.

Sebagian orang tua saat mempunyai anak yang mudah marah dan emosi dapat menjadi frustasi dan juga mengikis kesabaran. Sehingga orang tua yang seharusnya menenangkan anak malah berbalik malah memarahi, menghukum dan juga memukul sang anak saat tidak mau diam.

Seharusnya sebagai orang tua kita tidak boleh melakukan kekerasan fisik saat anak marah karena anak belum bisa mengendalikan emosinya seperti orang dewasa. Sehingga kita sebagai orang harus bisa menjadi penyejuk anak saat anak marah. Dengan begitu anak pun dapat memahami kesalahannya dan belajar dari keteladan kita untuk mengendalikan emosinya.

Dibawah ini merupakan cara untuk membantu anda sebagai orang tua untuk mengendalikan emosi sang anak . sehingga anak pun dapat mengendalikan emosinya sendiri :

  Mengenali perasaan anak

cara untuk mengenali perasaan anak dapat di lakukan dengan mencari tahu apa yang disuka dan tidak disukai anak, mengetahui apa yang di inginkan anak, jadwalkan jam tidur anak, dan lain2.

Jangan memaksa anak untuk melakukan hal yang anda minta, tapi tawarkan pada anak untuk memilih atau lakukan dengan cara perlahan sebagai bentuk untuk membiasakan anak dan saat anak sudah mulai terbiasa kita sudah tidak perlu lagi memaksanya.

  Terjalin komunikasi yang baik

Sebagai orang tua kita harus bisa menjalin komunikasi yang baik dengan anak. sehingga saat anak ingin menyampaikan sesuatu pada anda anak tidak akan mengalami kesulitan .

Karena jika terjadi komunikasi yang buruk antara orang tua dan anak , Maka saat ia ingin menyampaikan suatu hal pada orang tua ia mengalami kesulitan sehigga anak pun akan menyalurkan kekesalan itu dengan cara marah2,merusakkan barang dan lain2.

  Memeluk anak

Memeluk anak saat anak marah dapat meredakan emosi atau pun juga perasaannya. walau pun biasanya anak marah dikarenakan hal yang sepele seperti kurangnya kasih sayang dari orang tua yang sibuk dengan pekerjaanya ataupun yang lainnya.

Sehingga berikan sedikit waktu anda untuk bisa memeluknya saat berangkat ataupun pulang kerja agar anak pun merasa bahwa kasih sayang anda masih bisa ia rasakan walau hanya dengan sekedar pelukan saja.

  Melarang anak dengan disertai alasan

Bila melarang anak untuk tidak melakukan sesuatu anda harus memberikan sebuah alasan di balik itu semua, agar anak pun tidak merasa kalau ia tidak di percayai atau ada batasan padanya. Sehingga saat anak ingin melakukan sesuatu yang berbahaya katakan padanya alasan mengapa anda melarangnya dan resiko yang bisa terjadi saat anak tetap melakukannya sehingga anak pun memahami kekhawatiran anda.

  Keteladanan

Saat anda mengajarkan anak untuk mengendalikan emosinya. Anda harus memberikan anak contoh untuk mengendalikannya . sehingga anak pun akan mengikuti semua yang anda lakukan karena apa yang dilakukan orang tua anak pun akan mengikutinya. Seperti saat anda marah2 karena sesuatu maka usahakan untuk mengendalikan emosi itu. Janganlah meluapkan emosi anda didepan anak2.

  Bersikap tenang dan tidak gugup

Bersikaplah tenang dan tidak gugup saat anak anda marah2 di depan umum , bawalah atau gendong anak anda menjauh atau pergi ketempat sepi lalu redakan emosi anak dengan sabar . hindarilah untuk memarahi anak didepan umum ataupun memukulnya. Agar anak tidak malu karena mendapat perlakuan seperti itu didepan umum.

Semoga cara diatas dapat membantu anda untuk mengendalikan emosi anak anda…

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!