Cara mengajari anak menulis

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak menulis

Mengajari anak untuk menulis sangat penting bagi orang tua dan mengajari anak menulis pun membutuhkan kesabaran dan cara yang tepat sehingga akan menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak.

Mengajari anak menulis dapat dilakukan sejak anak berusia 3 tahun. Dan jika anak belum bisa di ajak menulis  anda harus sabar untuk mengajarinya karena anak pada usia itu masih senang untuk bermain dan juga belum bisa berfikir seperti orang dewasa.

Sebelum anda melatih anak menulis , anda harus mengembangkan dan juga mengoptimalkan kemampuan motorik anak. karena mengajari anak menulis erat kaitannya dengan kemampuan motorik halus anak,  salah satu indikator motorik halus pada anak yang berkembang adalah kemampuan anak untuk memegang alat tulis secara baik dan juga benar.

Jika anda ingin mengajarkan anak untuk menulis, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa anda ataupun guru lakukan.

Menumbuhkan kecintaan dan kebiasaan membaca pada anak.

Agar anak mau menulis anda dapat menumbuhkan dulu kecintaan anak untuk membaca. Karena dengan membaca anak dapat menjadi terbiasa dengan teknik2 yang digunakan oleh penulis yang baik.

Karena dengan anak membaca itu akan membuat anak berkembang rasa kebahasaannya. Dan membaca adalah keteladanan yang diperlukan anak.

Memberi dukungan pada tulisan anak

Memberikan dukungan dan semanagat pada anak bertujuan untuk  memotivasi anak untuk menghasilkan tulisan yang baik dan lebih baik lagi. Tulisan yang dihasilkan anak tentu ada yang baik maupun yang kurang baik. Sehingga kita sebagai orang tua harus bisa menghargai hasil kerja yang dihasilkan anak. apalagi saat mereka mau mencoba dengan kemampuannya sendiri.

Memberikan saran dan kritikan pada anak

Saat mereka sudah bisa menulis dengan baik berilah saran dan kritikan pada anak tapi lakukan dengan cara yang halus agar anak tidak merasa kalau yang ia lakukan tidak dihargai.

Selain orang tua, Guru juga bisa memberikan saran dan kritikan pada muridnya tetapi secara personal karena tidak semua murid mempunyai bakat dalam menulis. Lakukan saran tersebut secara pribadi dan tanyakan dengan perlahan dan halus agar murid tidak tersinggung.

Menghargai privasi anak

Menghargai privasi anak juga dapat dilakukan, mintalah izin pada anak saat anda ingin membaca tulisannya. Jika anak melarang kita membaca tulisannya maka kita tidak perlu memaksakannya. katakan saja pada anak bahwa anda merasa tertarik dengan tulisan anak dan jangan pula anda mencoba mencuri2 baca tulisan anak.

Menghargai pendapat anak

Menghargai pendapat anak juga bisa dilakukan walau sebenarnya anda tidak menyetujui apa yang dikatakan atau pun yang diucapkan anak, sebagai orang tua kita harus bisa mendengarkan anak dengan baik saat anak memberi pendapat tentang tulisannya.

Tetapi tidak lupa anda juga dapat memberi saran sedikit pada anak agar membantu mereka menjadi penulis yang baik, lancar dan percaya diri.

Tidak menuntut kesempurnaan pada tulisan anak

Sebagai orang tua kita jangan langsung menuntut anak untuk dapat menulis dengan baik. Apalagi anak baru saja belajar dan berlatih membuat tulisan. Karena saat kita menuntut kesempurnaan pada anak bisa saja menyebabkan anak kehilangan kreativitas dan keceriaan anak untuk menulis dan bisa juga membuat kelumpuhan besar pada penulis.

Janganlah menyensor tulisan anak kita

Karena biasanya pada saat ini anak sangat suka berimajinasi seperti membuat cerita tentang tokoh pahlawan, kerajaan luar angkasa dan lain2. Jadi kita tidak perlu membatasi anak dengan tulisannya karena imajinasi2 seperti itu akan hilang saat anak tumbuh dewasa.

Menyadari selera tulisan anak

Karena setiap anak mempunyai selera dalam menulis yang berbeda. Sehingga sebagai orang tua anda harus bisa memahaminya dan mendorong apa saja yang mereka senangi. Karena jenis tulisan anak pun tidak menjadi masalah . karena jika anak membuat tulisan yang banyak dan juga jenis yang bermacam2 itu dapat membuat anak menjadi cakap.

Tidak perlu mengajarkan anak tata bahasa saat baru mulai menulis

Karena pengetahuan tata bahasa bersifat berkembang sehingga dapat dikuasai anak sedikit demi sedikit. Anak secara alami dapat belajar berbicara dari bahasa yang sering mereka dengar dan juga dapat belajar menulis dalam bahasa yang sering mereka baca. Karena membaca juga penting bagi anak untuk dapat menulis dengan tata bahasa yang baik.

Dari diri sendiri

Kita sebagai orang tua juga harus dapat menulis dengan baik sehingga saat anak melihat tulisan kita ia dapat termotivasi untuk menulis. Seperti anda dapat menulis tentang puisi, buku harian, riwayat keluarga. Dan buatlah tulisan dengan bentuk apa pun yang dapt dinikmati.

Menulis merupakan sesuatu yang menyenangkan  jika kita tahu bagaimana cara memulainya. Dengan memulai menulis dari diri sendiri , kita dapat menjadi teladan bagi anak kita

Tips diatas dapat dilakukan di rumah ataupun disekolah. Semoga anak anda dapat menulis dengan baik dan lancar..

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!