Cara mengajari anak otak kanan

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak otak kanan

Otak kanan berfungsi untuk mengendalikan aktivitas yang bersifat divergen (meluas), imajinasi, ide2, kretivitas, emosi, musik, spiritual,bebas, abstrak daya cipta, keuletan,kejujuran dan lain2

Sedangkan otak kiri berfungsi untuk hal2 yang berhubungan dengan angka2,bahasa analisa, logika dan intelektual.

Kelebihan otak kanan adalah dapat merekam ingatan dengan cepat dan juga menyimpan ingatan itu ke dalam memori otak dalam jangka yang lama.dan otak kanan juga dapat mengatur masalah pemikiran yang abstrak dengan penuh imajinasi.

Ciri anak yang di dominasi pada otak kanannya adalah lebih senang dengan hal yang acak, suka membaca, menyukai gambar,grafik, bagan dan lain2. Dan juga ia lebih pandai bergaul tetapi ia juga sulit belajar mengenai hal2 yang bersifat teknis.

Bagaimanakah cara untuk menstimulasi anak agar kretif dan ulet?

 Melatih anak agar lebih peka dengan cara memutar musik yang dinamis di waktu pagi dan musik yang lebih tenang di waktu siang, agar anak dapat beristirahat.

Melatih kemampuan untuk mengontrol diri dan juga stabilitas emosinya. Contohnya : memberikan pengertian pada saat anak menginginkan sesuatu tpi ditolak atau pun gagal dalam mencapai sesuatu yang menjadi tujuannya sehingga anak pun bisa mentoleransi dan beradaptasi dengan rasa kecewa. Dan agar anak tidak bersedih terlalu lama.

Melatih anak untuk memberi sedekah kepada orang yang membutuhkan atau yang terkena musibah  seperti pakaian, mainan yang masih layak untuk digunakan. Dan cara ini agar anak mempunyai rasa empati kepada orang lain.

Saat anda ingin mengoptimalkan panca inderanya anda bisa menggunakan alat peraga seperti : 10 bola warna warni saat menerangkan pembagian pada anak dengan cara membagi bola2 tersebut menjadi 2 bagian masing2 5 bola, karena warna merupakan unsur yang paling mudah diingat.

Melatih anak untuk mengenal rasa,jenis dan manfaat dari makanan . dengan cara ini anak akan bisa beradaptasi maupun mampu berkreatifitas dengan berbagai cita rasa dalam makanan. Dan diharapkan ini dapat melatih juga kepekaan anak terhadap makanan. Sehingga anak pun bisa memilih makanan2 yang ia suka.

Mengajak anak untuk bermain pun juga bisa dilakukan misalnya permainan yang membutuhkan banyak gerakan fisik. Seperti bersepeda , kejar-kejaran dan lain2. Dan agar anak terbiasa dengan kegiatan itu.

Mengajari anak untuk bisa melakukan belajar kelompok atau permainan yang membutuhkan kerjasama.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!