Cara mengajari anak pemberani

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak pemberani

Mengajari anak menjadi pemberani merupakan peran penting bagi orang tua. Karena terkadang ada beberapa anak yang memiliki sifat pemalu dan penakut. Mengajari anak untuk menjadi berani juga membutuhkan kesabaran karena jika berkaitan dengan mental anak akan terasa sulit.

Tapi jika pola asuh orang tua tepat dan benar maka anak pun bisa menjadi pemberani. Berani dalam hal ini bukanlah berani kepada orang tua melainkan berani terhadap sesuatu hal atau berani dalam menghadapi suatu hal.

 

Cara dalam mengajari anak menjadi pemberani

Memiliki rasa takut akan sesuatu merupakan hal yang wajar apalagi pada anak-anak. saat kita ingin mengajari anak untuk menjadi berani kita harus mencari tahu motivasi supaya anakberani dalm menghadapi tantangan.

Rasa takut yang dimiliki anak dapat pula muncul dari kesalahan orang tua yang terkadang tanpa sadar menggunakan benda2 untuk menakut-nakuti anak walaupun orang tua beralasan agar anak menjadi patuh. Cara ini pun memang efektif untuk membuat anak menjadi patuh tapi hal ini pun dapat membuat anak menjadi sosok yang penakut.

Cara-cara agar anak menjadi anak yang pemberani :

Janganlah menakut-nakuti anak

Orang tua sering kali menakuti anak dengan benda2 disekitarnya. Untuk membuat anak menjadi patuh dan menurut dengan apa yang dikatakan tapi cara ini tanpa sadar membuat anak menjadi sosok yang penakut. Sehingga mulai dari sekarang janganlah untuk melakukan hal ini lagi.

Janganlah Menularkan rasa takut pada anak

Menularkan rasa takut pada anak bisa terjadi apabila kita menunjukkan rasa takut akan sesuatu dihadapan sang anak. sehingga cobalah untuk tidak menunjukkan hal itu pada anak agar anak tidak meniru dengan apa yang kita lakukan.

Jangan memberi anak julukan

Maksudnya sering kali orang tua akan memanggil anak dengan julukan seperti anak penakut. Sehingga hal ini akan dapat membuat anak merasa bahwa ia memang seorang penakut kelak sampai ia tumbuh dewasa. Maka cobalah untuk tidak bersikap seperti itu . panggillah anak sesuai namanya atau memanggil anak dengan sebutan anak pemberani.

Menumbuhkan keberanian anak

Saat anak mempunyai ketakutan akan sesuatu cobalah untuk membantu anak untuk keluar dari rasa takut tersebut seperti mengajaknya untuk berfikir logis dan kritis bahwa apa yang ditakutkannya itu tidak ada.

Memberikan pujian

Memberikan pujian pada anak saat anak mulai menunjukkan keberanian dapat mendorong dan juga memotivasi anak untuk lebih berani lagi, selain itu juga dapat membantu anak untuk lebih percaya diri.

Memahami kondisi anak

Memahami kondisi anak juga sangat penting dilakukan sebagai orang tua anda harus memahami apa yang dibutuhkan anak. saat anak merasa takut cobalah memberikan anak dorongan atau motivasi dan ingatkan juga tentang kelebihan yang dimilikinya agar anak pun dapat menghilangkan rasa takutnya.

Mengajak anak ke psikolog

Mengajak anak ke psikolog dapat menjadi pilihan bagi anda saat anak mulai menutup diri, suka menyendiri dan salalu menghindari orang lain. saat mengajak anak ke psikolog usahakan untuk bersikap lembut padanya dan jangan memaksa anak.

Mengajarkan anak berani sejak dini merupakan hal yang harus dilakukan agar dapat berdampak baik bagi perkembangan anak di masa depan.

Anda bisa menerapkan hal tersebut untuk membuat anak menjadi pribadi yang berani.

Semoga cara – cara di atas dapat membantu anda…..

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!