Cara mengajari anak rendah hati

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak rendah hati

Mengajari anak untuk rendah hati dapat dimulai dari sejak dini karena orang yang mempunyai sifat rendah hati akan menerima banyak pujian dan disegani oleh orang lain tanpa menjadi besar kepala atau pun sombong. Mengajari anak rendah hati sejak dini pun dapat untuk membuat kepribadian anak menjadi lebih baik lagi suatu saat nanti.

Sifat rendah hati bukanlah sifat yang membuat orang lemah tapi sifat ini menunjukkan jiwa yang besar. Seorang pemimpin yang memiliki sifat rendah hati pun akan lebih di cintai dan di sayangi oleh rakyatnya. Contohnya presiden kita Bapak Jokowi. Keluarga Gus Dur menyebutnya sebagai pemimpin yang rendah hati. Karena ia mengunjungi keluarga mendiang presiden RI ke-4 untuk belajar tentang apa saja yang diharapkan rakyat dari pemimpinnya.

Sehingga sejak kecil anak pun harus diajarkan untuk bersifat rendah hati yang merupakan sifat terpuji. Cara untuk mengajarkan anak untuk bisa memiliki sifat budi pekerti yang luhur sebagai berikut :

Pujilah anak anda dengan semestinya

Saat anak melakukan sesuatu yang baik gunakan ini untuk memuji anak anda. karena pujian akan menambah semangat anak untuk melakukan kebaikan. Seperti memuji anak saat anak menghibur temannya yang menangis karena kehilangan sesuatu.

Mengarahkan anak

Mengarahkan anak juga sangat penting agar anak kita dapat memiliki sifat yang baik dan berbudi luhur. Pengarahan dapat berupa dorongan dan juga menanamkan pengertian dalam diri anak. seperti saat kita membereskan mainannya mintalah anak untuk membantu walau saat mereka melakukannya tidak bisa secepat kita tapi tetaplah memuji mereka  dan ucapkan pula terima kasih saat mereka selesai membantu anda. dan tidak lupa memberikan tugas sesuai dengan tugas anak anda.

Keteladanan

Kepribadian anak baik atau buruk dapat berasal dari orang tua. Karena orang tua merupakan teladan bagi anak. Saat anak melihat kita melakukan hal yang buruk anak akan mengikutinya, tapi jika kita melakukan hal yang baik anak pun juga mengikuti hal baik itu.

Sehingga kita sebagai orang tua harus bisa menjaga sikap kita didepan anak, tunjukkan pada anak sikap rendah hati dengan cara menghargai orang lain, termasuk orang yang bekerja untuk anda.

Memberikan teguran pada anak

Saat anak melakukan kesalahan atau sikap yang kurang baik atau tidak pantas berikan anak pengertian bahwa yang dilakukannya itu salah. Tapi jangan menegur atau memarahi anak di depan orang banyak.

Anda dapat memanggil anak dan ajaklah anak bicara berdua lalu berikan pengertian padanya . Saat anda melihat anak anda memarahi temannya dengan suara yang keras setelah itu mintalah anak untuk meminta maaf . atau pun saat ia memamerkan dan menyombongkan diri atas prestasi yang ia peroleh pada temannya.anda dapat memberi pengertian padanya setiap orang memiliki pretasi yang berbeda-beda sehingga ia tak boleh sombong pada orang lain.

Karena apapun kelebihan kita tidak digunakan untuk menindas ataupun membuat orang kecil hati tapi digunakan untuk membuat orang lain menikmati kelebihan itu.

Mengajarkan anak rendah hati memang tidak mudah tapi jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh dan kesabaran anak pasti bisa memiliki sifat rendah hati tersebut. Tapi saat anda bingung untuk melakukannya atau mengajarkan anak untuk memiliki sifat rendah hati anda dapat lakukan cara di atas.

Semoga cara-cara diatas dapat membantu anda untuk membuat anak memiliki sifat rendah hati.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!