Cara mengajari anak tidur sendiri

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak tidur sendiri

Islam banyak mengajarkan tentang pedoman2 dalam mendidik anak dengan akhlak mulia. Seperti menghormati orang tua dan juga aturan . serta adab pergaulan antara anak dan orang tua sejak masih kecil. Dan Islam pun membimbing orang tua untuk menjaga batas aurat terhadap anak sehingga anak pun tidak melihat sesuatu yang tidak baik dari orang tua mereka.

Sehingga Rasulullah SAW menganjurkan pada orang tua untuk mengisolasi tempat tidur anak antara lelaki dan perempuan. Dapat dilihat dari sabda Rasulullah SAW yang artinya “ perintah anak kamu bersembahyang ketika mereka berumur 7 tahun, jika mereka tidak melakukannya sampai umur 10 tahun,pukul mereka, juga pisahkan diantara mereka (lelaki dan perempuan) dari tempat tidur” ( Riwayat Al-Hakim dan Abu Daud)

Hadist diatas menjelaskan tentang pemisahan antara kamar anak laki2 dan perempuan saat mencapai usia 10 tahun. Tapi mereka juga harus dipisahkan dari kamar orang tua. Sehingga ini menjelaskan bahwa anak sejak kecil harus mulai di didik dengan pendidikan Akidah,Syariah dan Akhlak agar tidak menyimpang dari ajaran Islam.

Rasulullah menganjurkan perintah tersebut bertujuan untuk menjaga keharmonisan dan martabat anggota keluarga. Dan juga mendidik anak dengan Akhlak dan menjaga batasan pergalauan antara anggota keluarga agar tidak terjadi hal yang negatif seperti inses.

Di bawah ini cara-cara mengajari anak supaya tidur sendiri

Memberikan pilihan pada anak

Saat akan mengajarkan anak untuk tidur sendiri, maka saat menyiapkan perlengkapan tempat tidurnya mintalah anak untuk memilih barang yang ia sukai seperti warna pada kamarny, tempat tidur, sprei, meja belajar dan juga lampu kamarnya.

Tapi jika anda tidak bisa menuruti semua keinginan anak maka berikan anak pengertian tentang apa saja yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Memberikan waktu pada anak

Memberikan waktu beberapa hari pada anak sebelum tidur dikamarnya sendiri bertujuan agar anak bisa siap dari segi mental dan emosi.

Menceritakan kelebihan dari kamarnya

Menceritakan kelebihan dari kamar anak seperti adanya tokoh kartun yang ia sukai. dan Saat ia mau tidur sendiri ia menjadi anak yang keren . maka dengan cara ini bisa memotivasi anak untuk tidur sendiri dikamar

Temani anak saat pertama kali tidur dikamar

Temanilah anak anda saat tidur untuk pertama kalinya di kamar, lalu katakan padanya bahwa anda tidak akan menutup pintu kamar anda  dan kamarnya .saat menemani anak tidur temani saja sebentar setelah ia sudah terlelap anda dapat meninggalkannya.

Meminta anak melawan rasa takut

Saat anak ingin tidur dikamar anda , ajak dan temani dia untuk tidur di kamarnya sendiri saat anak merasa takut katakan padanya untuk melawan rasa takutnya. Jadi jangan biarkan anak untuk bisa tidur di kamar anda walau ia menangis saat memintanya.

Memberikan pujian

Berikan pujian pada anak saat anak sudah berani tidur dikamarnya. Agar memberikan motivasi dan semangat pada anak untuk mau tidur sendiri dikamarnya

Memberikan kebebasan

Memberikan kebebasan pada anak bertujuan agar anak merasa nyaman saat berada dikamarnya seperti saat bermain, belajar, berganti baju dan lainnya. Tidak lupa ajarkan anak untuk sholat dikamarnya sendiri.

Semoga cara diatas dapat mengajarkan anak anda untuk bisa tidur sendiri…..

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!