Cara mengajari anak untuk berpuasa

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak untuk berpuasa

Dibawah ini penjelasan serta cara mengajari anak untuk dapat berpuasa.mengajari anak berpuasa tidak mudah apalagi ini pertama kalinya anak melakukan puasa. tapi sebagai orang apa salahnya mencoba mengajari anak untuk berpuasa.

Selain itu untuk melatih anak anda berpuasa anda harus tahu kesehatan maupun psikologisnya anak terlebih dahulu jika anak sedang kurang sehat jangan paksakan anak untuk berpuasa.  Karena saat anak berpuasa ia akan belajar menahan diri

Berpuasa juga dapat melatih anak mengurangi kebiasaan ngemil di waktu tertentu. Mengajarkan anak berpuasa juga membutuhkan perubahan kesadaran pada anak dan bukan hanya perilakunya.karena saat anda belum mengajarkan anak belajar berpuasa ia selalu mendapatkan makanan yang ia mau.

Yang harus disiapkan untuk melatih anak berpuasa untuk pertama kali adalah kesiapan anak anda daripada menuntut hasil anak saat berpuasa.

Tips dibawah ini yang dapat anda gunakan untuk melatih anak berpuasa :

Menceritakan tentang makna berpuasa

Menceritakan makna berpuasa dapat anda lakukan agar anak anda mau belajar untuk berpuasa. Ini sebagai awal untuk mengenalkan anak makna akan berpuasa.

Menjelaskan pengertian berpuasa

Menjelaskan pengertian puasa pada anak sehingga anak tahu pentingnya berpuasa. Lalu katakan apa saja yang tidak boleh dilakukan saat berpuasa seperti makan dan minum saat siang hari / setelah sahur dan sebelum berbuka puasa . tapi jangan paksa anak untuk bisa berpuasa penuh lakukan saja dengan perlahan tapi jika memang anak bisa berpuasa sampai penuh maka itu pencapaian yang luar biasa.

Menawarkan anak untuk berpuasa

Menawarkan anak untuk berpuasa bahwa berpuasa kegiatan yang menyenangkan dan membanggakan. Mengajak anak berpuasa dapat dilakukan dengan cara mengajaknya bermain . dan cara membanggakan itu seperti menantang anak anda melakukan kegiatan2 yang belum dilakukan sebelumnya. Pesannya pun tetap sama ialah untu mengajarkan anak berpuasa.

Menciptakan suasana yang menyenangkan

Agar anak mau belajar berpuasa ciptakan kegiatan yang menyenangkan.  Seperti saat sahur menyiapkan persiapan dengan tidak terburu2 . lakukan sahur dengan gembira dan penuh syukur agar anak bisa menikmati waktu sahurnya. Dan katakan pada anak jika saat berpuasa kita masih bisa melakukan kegiatan yang sering dilakukan sebelum berpuasa. Karena anak akan melihat bagaimana orang tuanya menjalani ibadah puasa.

Siapkan makan yang tepat untuk anak

Menyiapkan makanan yang tepat untuk anak juga bisa membantu semangat anak untuk berpuasa. Seperti makanan yang dibutuhkan anak atau pun makanan kesukaan anak. dan anda juga bisa menyajikan makanan anak tersebut di piring yang disuka anak agar anak pun semangat untuk sahur maupun berbuka puasa.

Memberikan apresiasi pada anak

Saat anak berpuasa untuk pertama kali ia tidak akan bisa langsung berpuasa penuh

Jadi biarkan ia untuk belajar berpuasa setengah hari terlebih dahulu jika sudah terbiasa maka boleh meminta anak untuk mencoba puasa penuh.

Jika anak dapat berpuasa dengan penuh berikan anak apresiasi agar anak semangat untuk berpuasa. Apresiasi adalah upaya untuk menumbuhkan perilaku positif pada anak. anda bisa menggunakan kata2 yang positif  yang mengacu pada perilaku spesifik. Tapi jangan anda menjanjikan anak hadiah saat ia mau berpuasa penuh karena anak akan menghilangkan fikiran manfaat arau makna berpuasa .

Diatas merupakan tips untuk melatih anak berpuasa . Sebagai tambahan dan mintalah anak untuk menceritakan pengalamannya saat berpuasa sehingga anda sebagai orang tua memahami dan mengerti apa yang dirasakan anak. selain itu anda juga dapat mengubah menu saat sahur ataupun berbuka agar anak tidak bosan dan mengisi waktu anak saat berpuasa juga dapat anda lakukan.

Semoga semua ini dapat bermanfaat….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!