Cara mengajari anak untuk jujur

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajari anak untuk jujur

Mengajarkan anak untuk jujur juga sangat penting bagi orang tua karena mengajarkan sifat jujur pada anak akan bermanfaat bagi anak dan orang lain suatu saat nanti. Anak adalah titipan dan anugrah dari Allah untuk setiap orang tua.

Sehingga sebagai orang tua layaknya kita mengajarkan hal-hal baik pada anak. apalagi anak juga disebut sebagai cerminan dari orang tuanya. Karena setiap yang dilakukan oleh orang tua anak akan mengikutinya. Sehingga kita sebagai orang tua harus menjaga tingkah laku kita di depan anak.Sebagai orang tua layaknya mengajarkan atau menanamkan sikap2 baik pada anak seperti sikap jujur.

Seorang anak yang memiliki kejujuran sangat di dambakan oleh setiap orang tua. Untuk memiliki anak yang mempunyai sifat jujur perlu bimbingan dari orang tua karena sifat jujur tidak tumbuh begitu saja dari anak.

Apalagi banyak juga anak yang memiliki kecenderungan berbohong jika sejak dini tidak di ajarkan untuk bersifat jujur. Apalagi orang tua yang memiliki sifat menghukum anak saat anak melakukan kesalahan sehingga anak pun akan mencoba menutupi kesalahannya dengan cara berbohong.

Cara-cara mendidik anak supaya bersikap jujur

Menanamkan manfaat dari kejujuran

Menanamkan manfaat jujur pada anak seperti mendapat pahala dari Allah, menjadi orang yang bertanggung jawab atas apa yang dilakukan, menjadi orang yang terhormat dan lain2. Walaupun sifat jujur dapat membawa seseorang dihukum atau pun menjadi malu terhadap orang lain tapi itu hanya dampak kecilnya dan jelaskan pula pada anak dampak buruk dari sifat berbohong. Sehingga anak pun tahu mana yang baik dan yang buruk.

Memberikan contoh

Agar anak memiliki sifat jujur ada baiknya orang tua memberi contoh terlebih dahulu. Jangan mengajari anak berbohong sekecil apapun hal itu. Seperti berbohong pada tetangga yang datang kalau ibu tidak ada dirumah. maka hal itu dapat membuat anak menirunya.

Mencari latar belakangnya

Saat anak sering melakukan kebohongan pada orang tua ada baiknya orang tua mencari tahu masalah tersebut. Jika anda sudah menemukan kenapa anak berbohong maka cobalah untuk menghentikan kebiasaan itu dengan memberikan pengertian pada anak. biasanya anak berbohong karena merasa takut, terlalu malu atau pun karena teman2nya yang juga suka berbohong.

Tidak memberi julukan

Janganlah menyebut atau memanggil anak dengan sorang pembohong karena anak akan mengikuti sebutan pada dirinya dan akan menjadi masalah pada perkembangan karakter anak. Saat anak tidak jujur anggap bahwa kebohongan anak tidak permanen  sehingga tidak baik jika orang tua memberikan anak julukan pembohong padanya.

Mengingatkan anak

Mengingatkan anak saat berbohong juga sangat penting agar anak pun tidak mengulanginya di kemudian hari walau kebohongannya kecil tapi jika kita sepelekan hal itu akan membuat anak semakin berani berbohong dengan hal yang lebih besar. Saat mengingatkan anak janganlah langsung memarahinya tapi berikan pengertian secara perlahan.

Memberikan hukuman

Saat menghukum anak jangan dengan cara menyakiti tapi dengan cara mendidik anak tersebut. Berikan anak hukuman sesuai dengan kondisi ataupun kebohongan yang dibuatnya. Agar anak pun tahu jika ia membuat kesalahan maka ada konsekuensinya.

Semoga cara diatas dapat membantu anda untuk mendidik anak agar menjadi pribadi yang jujur…

 

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!