Cara mengajari anak untuk membaca

Bagikan Info ini ke temanmu

 Cara mengajari anak untuk membaca

Mengajari anak untuk membaca juga sangat penting karena sekarang banyak sekolah yang menerima anak didik baru melalui tes seperti tes menulis dan juga membaca. Banyak orang tua yang khawatir jika anaknya tidak bisa ataupun terlambat dalam membaca.

Sehingga anak tidak diterima atau pun masuk disekolah yang sudah dipilih dan takut jika anak tertinggal kemampuannya dengan anak lain dan juga anak tidak bisa mengikuti pelajaran dikelas yang di desain untuk anak yang sudah bisa membaca ataupun menulis dengan lancar.

Sehingga orang tua memaksa anak untuk mengikuti les tambahan untuk memperlancar kemampuannya dalam membaca. Sebenarnya kita tidak boleh memaksakan anak untuk mengikuti hal tersebut karena dapat membuat anak merasa terbebani.

Tapi Kita dapat mengajari anak membaca dengan cara yang menyenangkan  dan kreatif  seperti dilakukan sembari bermain  agar anak pun merasa senang dan bahagia dan ia pun tidak merasa terbebani.

Saat mengajari anak dengan hal baru seperti membaca , kita sebagai orang tua dan guru membutuhkan kesabaran yang ekstra . dan jangan ada paksaan saat melakukannya. Selain itu mengajarkan anak membaca bukan hanya tugas guru disekolah tapi juga tugas orang tua anak tersebut. Sehingga orang tua pun harus berperan aktif dalam mengajarkan anak membaca saat dirumah.

Dibawah ini tips- tips mengajarkan anak membaca dengan cara yang menyenangkan.

Membacakan buku cerita pada anak

Membacakan buku cerita dapat menjadi pilihan bagi orang tua karena membaca cerita termasuk hal yang sangat digemari oleh anak-anak. apalagi buku cerita tersebut terdapat gambar-gambar  dan karikatur yang menarik.

Manfaat dari membacakan anak cerita dapat membantu menambah kosa kata pada anak, sehingga saat anak akan di kenalkan atau di dengarkan dengan kata-kata tersebut anak pun tidak asing lagi.

Sehingga kemampuan anak pun dapat terasah dan anda dapat memulai mengajar anak dengan membaca kata yang terdapat di buku cerita sampai selesai.

Menggunakan media kartu

Selain bercerita anda dapat juga menggunakan media kartu sebagai cara mengajarkan anak membaca. Flash card atau kartu baca merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk mengajari anak membaca karena cara ini cara yang menyenangkan sambil bermain. Jenis dari flash card yaitu : berisi nama buah-buahan, hewan, sayuran, angka, abjad, huruf hijaiyah , benda-benda di sekitar dan lain-lain.

Selain itu juga ada flash card yang berisikan suku-suku  kata sehingga dapat pula mengajari anak untuk bisa membaca.

Mengajarkan membaca sambil bernyanyi

Bernyanyi dapat pula menjadi tips untuk mengajarkan anak membaca apalagi ada lagu yang mengenalkan tentang huruf abjad dan huruf hijaiyah. Sehingga secara bertahap anak akan mudah mengenali dan hafal setiap huruf.

Mengajarkan anak membaca dengan karpet huruf

Sekarang banyak sekali model karpet yang lucu dan unik, sehingga anda dapat memilih karpet yang terdapat huruf2 , Sehingga saat anak bermain diatas karpet anda dapat sesekali mengajari anak untuk mengenal dan menghafal huruf tersebut.

Belajar menggunakan gadget

Belajar dapat dilakukan dengan apa saja termasuk gadget,  apalagi sekarang banyak sekali orang tua yang membolehkan anaknya memegang gadget untuk bermain diwaktu luangnya . karena gadget pun memiliki fitur2 yang menarik perhatian anak .

sehingga kita sebagai orang tua harus dapat memanfaatkan kamajuan elektronik seperti gadget dapat bermanfaat untuk anak . seperti anda dapat mengunduh aplikasi yang mengandung pembelajaran di playstore ataupun googlestore. Dan jangan lupa anda juga harus membatasi kegiatan anak saat memegang gadget agar tidak memberikan dampak negatif pada anak.

jadi mengajarkan anak membaca dapat dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Dan janganlah ada unsur paksaan.

Semoga tips-tips diatas dapat membantu anda. selamat mencoba….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!