Cara Mengajarkan Anak Berhitung

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengajarkan Anak Berhitung

Mengajarkan anak untuk berhitung juga sangat penting, meski sulit untuk anak langsung memahaminya.terkadang intelegensi anak bermacam2 ada yang lansung memahami dan ada pula yang tidak. Memberikan hanphone atau kalkulator juga bisa anda gunakan untuk mengajarkan anak berhitung agar anak anda mengerti maupun mengenal angka2.

Caranya adalah dengan meminta anak untuk menekan angka2 di kalkulator/handphone dan mintalah anak untuk menyebutkan angka tersebut dan menulisnya dibuku. dan pastikan saat anak belajar televisi,radio atau mp3 tidak menyala agar anak bisa fokus dalam belajarnya.

Jika anak sudah bisa menulis angka2 tersebut baru anda dapat mengajarkan anak penjumlahan maupun pengurangan secara bertahap agar anak tidak bingung.jika memang si anak sudah lancar dalam berhitung, maka anda bisa menggunakan kepalan untuk mengajarkan anak berhitung tapi mulailah dengan angka kecil lebih dulu lalu baru angka yang besar.

Mengajarkan anak dalam pengurangan sama dengan mengajarkan anak dalam penjumlahan, walaupun biasanya pengurangan lebih sulit dari pada penjumlahan. Tapi juga anda harus lebih sabar dalam mengajarkannya. Kepalan tangan pun juga bisa digunakan dalam mengajarkan pengurangan.

Contoh penjumlahan : 5 + 2 minta anak mengepalkan tangan kirinya selanjutnya ajak berhitung bersama-sama dengan tangan kanannya 1,2 lalu minta anak mencoba menghitungnya jika anak menjawab dengan benar yaitu 7 anda bisa memberikan hitungan yang lain. Pengurangan pun juga sama .

Semoga metode tadi dapat membantu anda dalam mengajarkan anak berhitung.

 

Metode ampuh untuk mengajari anak berhitung

Metode2 ini dapat digunakan dalam mengajarkan anak berhitung dan sebagai orang tua anda bisa mencobanya kepada anak anda.

  1. Metode kumon

Toru Kumon adalah guru matematika yang berasal dari jepang dan ia yang memperkenalkan metode ini. prinsip metode ini bukan dari usia maupun kelas melainkan level awal untuk setiap anak dan tingkat yang bisa ia kerjakan.

dan soal2 yang di ajarkan sesuai dengan level anak dan dirancang secara sistematis,cermat dan smell step. Dan setiap topik bahasan tidak terlalu besar perbedaannya sehingga membantu anak dalam mengembangkan kemampuan matematikanya sehingga anak mampu mengerjakan level yang lebih tinggi dengan kesulitan yang lebih kecil.

  1. Metode gasing

Prof.Yohanes Surya adalah orang yang mengembangkan metode ini. dan ia yang membimbing siswa indonesia berlaga di Olimpiade matematika dan Sains tingkat dunia.sehingga mengharumkan nama Indonesia di tingkat Sains Internasianal.

Prof.Yohanes memperkenalkan metode ini agar dapat dimengerti oleh siapapun dan singkatan dari kata Gasing adalah gampang,asyik dan menyenangkan. Prinsipnya siswa harus memahami konsep dari matematika  sebelum mengerjakan soal2 latihan.

Materi yang dipelajari di kelas 1-6 SD sebagai berikut  :

  Pengurangan

  Penjumlahan

  Pembagian

  Perkalian

  Bilangan negatif

  Desimal

  Pecahan

  Aplikasi 1

  Aplikasi 2

  Geometri

Siswa akan belajar selama 4 jam setiap harinya.

  1. Metode Jarimatika

Pada tahun 2004, Septi Peni Wulandari yang menemukan metode ini.singkatan dari Jaritmatika adalah Jari dan Aritmatika.metode ini menggunakan metode tangan seperti melakukan operasi bilangan KaBaTaKu ( Kali Bagi Tambah Kurang ) sampai ribuan

Dan metode ini juga mengajarkan berhitung sesuai yang diajarkan pada anak2 SD seperti: diawali dengan memahami tentang konsep bilangan,lambang bilangan dan juga operasi dasar dan mengajarkan juga cara berhitung dengan tangan.

  1. Metode Sempoa ( Mental Aritmatika)

Metode berhitung menggunakan alat hitung kuno tiongkok dinamakan Sempoa dan disebut dengan Mental Aritmatika .Metode ini juga sudah ditranformasikan agar anak mudah dalam memahaminya dan ini juga alat bantu perhitungan manual yang sudah disempurnakan.materinya mencangkup : penambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian.

  1. Metode Mathemagics

Ariesandi Setyono yang mengembangkan dan merancang metode ini. metode ini adalah memfokuskan pemahaman anak pada konsep dasar matematika.

Metode ini juga menggunakan berbagai macam permainan sehingga anak akan merasa senang . dan juga bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri pada anak sehingga anak pun mampu dan berani mengerjakan soal2 dan mencoba menyelesaikan soal secara mandiri. Dan juga harus memperhatikan aspek psikologis anak.

Materinya : Aljabar, konsep berhitung dasar ( panambahan, pengurangan, perkalian, pembagian) pangkat, akar dan juda pecahan.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!