Cara mengajarkan anak naik sepeda

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajarkan anak naik sepeda

Mengajarkan anak naik sepeda memiliki manfaat untuk anak seperti melatih motorik kasar anak dan juga bagus untuk pertumbuhan anak selain itu juga sangat berguna untuk pertumbuhan fisik anak.

Dengan belajar sepeda anak pun akan belajar bagaimana untuk menjaga keseimbangan dan mengontrol tubuhnya. Selain itu perkembangan jiwa anak juga sangat bagus. Karena anak akan merasa senang karena dapat mempelajari hal baru dengan sukses.

Banyak anak yang berfikir bahwa dengan bersepeda merupakan pengalaman sukses dalam menaklukkan katakutan dan juga bukti keberhasilan anak dalam melawan putus asa.

Bersepeda juga merupakan modal yang sangat penting untuk anak bisa bersosialisasi dan berinteraksi. Seperti pengalaman kita waktu kecil dulu.

Selain itu bersepeda juga salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi anak kita. Sehingga saat anak berhasil melakukannya dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi anak saat bermain dengan temannya.

Ada beberapa anak yang ingin naik sepeda namun takut untuk melakukannya, dan ada pula anak yang berani mencoba tapi tidak tahu bagaimana mengawalinya. Jadi bisa di katakan bahwa tidak semua anak berani untuk belajar bersepeda.

Jika anak anda tidak berani untuk belajar atau pun mencoba naik sepeda. Maka anda dapat mencoba cara – cara dibawah ini seperti :

Menumbuhkan rasa suka pada anak

Cara untuk menumbuhkan rasa suka pada anak untuk berlajar naik sepeda. maka Saat anak mulai berusia 3 tahun – 4 tahun . Anda dapat mengajak anak untuk melihat anak sebayanya yang sudah bisa naik sepeda. Setelah anak mulai tertarik ajaklah anak untuk melihat – lihat sepeda dan mintalah anak untuk memilih model yang disukainya ini bertujuan agar anak lebih bersemangat untuk belajar naik sepeda.

Memberikan motivasi

Saat anak akan belajar bersepeda berikanlah anak motivasi atau semangat agar anak pun mau belajar seperti saat ia ingin bisa naik sepeda maka katakan padanya “ jika kita berusaha maka kita pasti bisa ”

Memberikan dorongan

Saat anak jatuh saat belajar naik sepeda karena tidak melakukan intruksi dari kita maka sebagai orang tua kita harus memberikan dorongan dan juga arahan pada anak bukannya memarahi ataupun menyalahkan anak.

Mengajarkan anak teknik bersepeda

Memberi tahu anak tentang teknik atau langkah2 saat bersepeda juga penting supaya anak dapat menguasai sepeda dengan cepat.

 Teknik – teknik bersepeda yang dapat diajarkan pada anak seperti :

  1. Saat anak akan mulai bersepeda mintalah anak untuk menempatkan badannya pada posisi yang tepat saat diatas sepeda.
  2. Dan saat anak akan memulai mengendarai sepeda , minta anak untuk menginjak aspal atau tanah dengan kaki kirinya sedangkan kaki kanannya diatas pedal sepeda.
  3. Setelah itu mintalah anak sedikit demi sedikit untuk mendorong sepeda dengan kaki kiri dan kaki kanannya mengayuh pedal.
  4. Mintalah anak untuk mengulangi hal tersebut sampai anak sudah merasa lelah
  5. Saat anak sudah mulai lancar naik sepedanya anda sudah mulai bisa untuk melepaskan roda bantu atau penyangga.
  6. Selain gunakan sepeda yang sesuai dengan umur atau tinggi badan anak agar kaki sang anak dapat menyentuh tanah.
  7. Selain itu ajarkan pula pada anak untuk menggunakan rem yang benar dan tepat. Saat anak mengayuh sepeda terlalu cepat atau saat anak ingin berhenti.
  8. Saat melatih anak carilah tempat yang luas agar anak leluasa saat belajar bersepeda.
  9. Jangan lupa untuk menggunakan alat keamanan pada anak seperti helm yang sesuai dengan anak anda.

Mengajari anak bersepeda membutuhkan kesabaran karena kecepatan anak untuk menguasai sepeda berbeda-beda . jika anak mau belajar pasti ia mampu untuk melakukannya.

Semoga cara-cara diatas dapat membantu anda….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!