Cara mengajarkan anak sopan santun

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengajarkan anak sopan santun

Mengajarkan anak sopan santun sangat penting karena akan menentukan kepribadian anak saat tumbuh dewasa. Karena sekarang banyak sekali remaja yang kepribadiannya sangat memprihatinkan, itu mungkin karena kesalahan dalam mendidik saat kecil. Sehingga sekarang orang tua harus bisa mendidik anak dengan baik. Apalagi mendidik anak untuk bisa bersikap sopan santun.

Sejak usia dini orang tua harus tahu cara mengajarkan anak untuk bisa bersikap sopan santun. Dibawah ini cara-cara mengajarkan anak sopan santun antara lain :

Saling menghormati

Rasa saling menghormati terhadap orang lain dapat ditanamkan pada anak untuk mengajarkan sikap sopan santun. Dan dapat pula menancapkan rasa saling menghormati mulai dari sensitivitas terhadap orang lain termasuk anak.

Anak yang memiliki rasa sensitivitas secara alami dapat menjadi anak yang penuh hormat kepada sesama karena mereka selalu peduli pada perasaan orang lain. Sehingga anak itupun juga bisa menjadi anak yang sopan santun

Mengajarkan anak kata-kata sopan sejak dini

Mengajarkan anak kata-kata sopan sejak dini atau pun saat anak berumur 2 tahun dengan meminta anak mengucapkan kata “ minta tolong” dan juga “terima kasih” walaupun anak belum mengerti dengan kata tersebut tetap saja nanti balita anda akan mengucapkan kata tersebut, seperti saat anak mengiginkan sesuatu ia akan mengucapkan kata “minta tolong” dan saat anak sudah mendapatkan apa yang ia inginkan dia akan mengucapkan “terima kasih”.

Sebagai orang tua anda harus terlebih dahulu melakukan kebiasaan baik tersebut sebelum mngajarkannya pada anak anda sehngga otomatis anak akan mengikuti apa yang anda ucapkan.

Keteladanan dalam sopan santun

Sehingga sebagai orang tua saat kita berbicara ada baiknya berhati-hati apalagi saat bersama dengan anak. karena anak cenderung menirukan dan mengulang apa saja yang mereka dengar. Sehingga kita sebagai orang tua dapat memperdengarkan kata-kata yang baik seperti “permisi”, “minta tolong ”, “terima kasih” dan ‘terima kasih kembali”. Sehingga dengan begitu anak akan selalu melihat dan juga mendengar pembicaraan yang sopan.

Mengajarkan pada anak memanggil nama

Dengan mengajarkan anak untuk membiasakan memanggil nama saat berinteraksi dapat dilakukan dengan cara yang baik. Sehingga anak akan belajar sikap sopan santun saat bicara dengan menyertakan nama , misalnya : “ ayah, bolehkah adek ikut..” . karena saat permintaan anak yang sedikit memaksa ataupun mendesak, pasti orang tua akan lebih terkesan dengan kata-kata yang sopan dan baik.

Memerhatikan anak

Mengajak anak saat acara berkumpul dengan teman-teman anda bisa mengajarkan anak berinteraksi sosial. Dan saat anak anda membuat masalah saat anda sedang berkumpul dengan teman anda bisa memperkenalkan anak dan juga menyertakan kehadiran sikecil sehingga itu membantu anak bahwa ia bagian dari aktivitas tersebut.

Jangan memarahi anak

Saat anak anda melakukan kesalahan anda sebagai orang tua jangan langsung memarahinya . anda harus mengontrol intonasi dan suara anda, nasihati anak dengan cara kontak mata dengannya sambil meletakkan tangan anda di bahunya. Sehingga anak akan mengerti bahwa anda sedang memberikan nasihat kepadanya karena kesalahan yang ia buat.

Supaya anak mempunyai sikap sopan santun anda harus mengajarkan dan juga mendidiknya sejak dini. Sehingga saat dewasa anak akan mempunyai kepribadian yang baik disekolah maupun dilinkungan sekitarnya.

Diatas merupakan cara-cara mengajarkan anak sopan santun. Semoga bisa membantu anda untuk mendidik anak anda…

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!