Cara Mengatasi Bab Pada Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengatasi Bab Pada Anak

sebagian orang tua akan khawatir ataupun panik saat anak mengalami susah buang air besar. Karena saat anak mengalami susah untuk buang air besar ia akan mengeluh sakit perut atau pun sakit saat sedang buang air besar. Biasanya hal ini disebabkan karena pola makan anak yang tidak berimbang. Anda dapat membawa anak kedokter jika saat anak mengalami gangguan pencernaan disertai demam atau nampak bercak darah di kotoran sikecil. Ini sebagai pencegahan agar terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

Dibawah ini langkah-langkah yang dilakukan agar BAB anak teratur dan lancar :

Minum yang cukup

Peran air dalam tubuh orang dewasa maupun anak sangatlah penting. Biasanya orang tua sering menyepelekan asupan air pada anak daripada dengan pemberian nutrisi pada makanan. Cairan yang dibutuhkan anak-anak setiap hari adalah 1-1.5 liter cairan. Yang merupakan sumber terbaik dari cairan adalah air putih. Selain dehidrasi kekurangan cairan dapat menyebabkan konstipasi yang gejala-gejala umumnya berupa BAB tidak teratur, perut sakit dan kotoran menjadi keras hingga susah untuk dikeluarkan.

Makan makanan yang berserat

Makanan yang mengandung serat sangat penting bagi tubuh atau pencernaan anak. karena serat ini dapat membantu untuk melancarkan BAB . berikut beberapa makanan yang mengandung serat seperti : kacang-kacangan, jagung, apel, brokoli, alpukat, beras merah, dan oatmeal. Walaupun serat ini tidak dicerna namun perannya penting bagi pecernaan.

Mengatur posisi saat BAB

Saat anak susah untuk BAB mintalah anak untuk jongkok karena posisi ini lebih mudah untuk mengeluarkan kotoran daripada posisi berdiri. Tapi apabila anak anda menggunakan pampers dan anak menolak untuk dibawa ketoilet maka posisikan anak tengkurap diatas paha maka bagian perut anak akan tertekan.  Sehingga posisi tersebut akan memudahkan anak anda untuk buang air besar.

Menggunakan pelumas

Jika anak menangis saat buang air besar maka anda dapat menggunakan pelumas khusus untuk susah buang air besar. Jika kotoran anak menggumpal cukup besar dan keras. Pilihlah jenis pelumas yang tanpa obat yang dapat anda peroleh di apotek terdekat. Biasanya pelumas ini dijual dalam bentuk gel sekali pakai. Dapat juga anda mengoleskan minyak kelapa di bagian anus anak agar BAB anak menjadi lebih mudah.

Menggunakan air hangat

Menggunakan air hangat dapat anda lakukan dengan cara memberikan kompres hangat atau pun air suam2 kuku yang dimasukkan kedalam plasti atau botol lalu tempelkan ke perut anak anda sambil di pijat dengan gerakan melingkar searah jarun jam.  Cara ini dapat mengurangi rasa sakit perut yang diakibatkan sembelit.

Semoga cara-cara diatas dapat anda gunakan atau anda praktekkan saat anak anda mengalami sembelit.

Dibawah ini penyebab anak-anak mengalami sembelit :

Makan makanan padat

Makanan padat sering membuat anak atau bayi sembelit karena nasi rendah serat dan selain itu sembelit juga terjadi jika bayi yang disapih dari ASI sehingga kadang menyebabkan dehidrasi.

Karena dehidrasi

Saat bayi atau anak mengalami dehidrasi maka sistem pencernaannya pun merespon dengan menyerap cairan yang lebih banyak. Sehingga tinja menjadi kering dan keras sehingga susah saat akan BAB

Karena susu fomula

Bayi yang masih minum ASI akan jarang sembelit karena ASI eksklusif memiliki keseimbangan sempurna dari lemak dan juga protein.

Tapi saat bayi anda mulai minum susu formula dan mengalami sembelit maka ada sesuatu dalam susu formula yang menyebabkan bayi sembelit. Seperti adanya komponen protein dalam formula yang berbeda sehingga menyebabkan sembelit. Biar lebih pasti susu apa yang dapat di minum bayi anda sebaiknya tanyakan ke dokter.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat……

 

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!