Cara Mengobati Anak Cacingan Dan Mengobatinya

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengobati anak cacingan dan mengobatinya

Saat anak mengalami cacingan baiknya orang tua dapat mengetahuinya. Cacingan merupakan sebuah kondisi kesehatan yang banyak dialami anak2.

Dibawah ini ciri2 anak mengalami cacingan :

  1. Nafsu makan anak berkurang

Saat anak biasanya memiliki nafsu makan yang normal dan besar lalu tiba2 anak menjadi tidak nafsu untuk makan maka anda harus berhati2. Selain karena cacingan nafsu makan berkurang juga dapat karena anak stress atau penyakit lain.

  1. Anak batuk

Batuk memang sering terjadi pada anak. tapi batuk anak yang terlalu sering dan lama juga merupakan ciri anak yang kena cacingan dan tidak selalu karena radang tenggorokan dan mau flu.

  1. Mengalami gatal2

Saat anak merasa tidak nyaman di bagian tubuh dan merasa gatal2 juga perlu di khawatirkan. Saat anak mengalami gatal tidak seperti gatal pada umumnya maka anda perlu membawa anak ke dokter untuk diperiksa. Cacing juga dapat hinggap kebagian organ penglihatan maupun area anus.

  1. Berat badan tidak bertambah

Saat anak sering makan dengan porsi yang besar namun berat badan tidak kunjung bertambah. Maka anda perlu khawatir bisa saja makan yang dimakan anak terbagi dengan parasit cacing. Tapi baiknya anda periksa anak kedokter karena tidak hanya cacingan yang menyebabkan berat badan anak tidak bertambah.

  1. Saluran pernapasan terganggu

Cacing dapat juga masuk ke organ dalam tubuh manusia termasuk  masuk ke paru2 sehingga menyebabkan pernapasan terganggu. Dengan cara melewati peredaran darah yang menuju organ tersebut ataupun melalui saluran getah bening sehingga anak mengalami batuk2.

  1. Wajah anak yang pucat

Wajah pucat dapat terjadi karena nafsu makan anak yang berkurang atau nafsu makan anak yang tetap normal namun gizi yang masuk tidak ia dapat ini dikarenakan makanan yang dimakan dibagi dengan cacing. Sehingga nutrisi yang dibutuhkan anak tidak tercukupi.

  1. Tubuh anak yang lemas dan lesu

Anda harus membawa anak kedokter jika anak mengalami penurunan nafsu makan yang berkepanjangan. Agar kita tahu kenapa anak nampak lemah dan lesu. Ini bisa juga terjadi karena nutrisi yang di butuhkan tubuh harus masuk ke  dalam tubuh cacing. Akibat yang bisa disebabkan cacing adalah memperlambat proses pertumbuhan manusia.

Berdasarkan jenis cacing memiliki ciri-ciri sendiri

Cacing gelang

Terkena cacing gelang cukup berbahaya karena cacing ini mampu untuk membuat usus kecil terinfeksi dan juga usus besar. Apalagi cacing gelang dapat tumbuh dan berkembang dalam usus. Dan ukurannya sama dengan cacing tanah.

Ciri yang dapat diketahui adalah adanya cacing saat sedang buang air besar. Ciri-ciri lainnya adalah :

  • Terjadinya batuk kering
  • Mengalami mual serta muntah
  • Berat badan yang menurun
  • mengakibatkan diare yang keluar darah
  • Sakit perut samar
  • Usus yang tersumbat.

Itu terjadi setelah 4-16 hari sesudah larva cacing masuk kedalam tubuh anak. Dan akan lebih parah jika banyak telur yang tidak terduga bisa menyebabkan infeksi.

Cacing kremi

Cacing kremi ini panjangnya sekitar setengah inci atau lebih pendek sekitar seperempat inci. Cacing ini dapat menyebabkan infeksi usus tapi pada kasus ini tidak menemukan gejala sama sekali karena penderita tidak menunjukkannya. Anak akan mengalami gatal di bagian anus saat cacing betina bertelur dimalam hari.

Cacing kremi mudah sekali menyebar dan menular ke anak2 lain karena kurangnya menjaga kebersihan. Contohnya saat anak menggaruk bagian anusnya dan lalu memegang tangan temennya secara tidak sengaja dan saat temannya makan tanpa mencuci tangan ini bisa menyebabkan temannya tertular.

Dibawah ini ciri2 anak terkena cacing kremi :

  • Anak merasa gatal yang cukup intens di bagian dubur atau vagina.
  • Anak merasa mual pada perut
  • Anak mengalami sakit perut
  • Menyebabkan anak susah tidur karena merasa gatal
Cacing tambang

Bila mengalami penyakit ini jangan menganggap remeh karena anak yang terkena penyakit ini gejalanya kurang menakinkan seperti malas makan, sakit perut, badan mengurus dan muntah karena mual. Cacing ini juga membutuhkan darah manusia sehingga saat buang air besar keluar disertai darah.

Ciri yang harus diperhatikan :

  • Menyebabkan demam serta batuk, terjadi gangguan pernapasan karena larva cacing menginvasi paru2.
  • Menyebabkan anemia atau kurang darah
  • Menyebabkan anak merasa nyeri di bagian perut atas.
  • Menyebabkan munculnya ruam yang menonjol dan anak merasa tidak nyaman karena rasa gatal.

Cacing ini cukup berbahaya karena kondisi creeping erution atau cutaneous larva migrans dapat dipi olehnya . keadaan ini adanya migran larva kulit. Akan muncul kelainan kulit berupa erupsi peradangan dalam bentuk yan berliku2 maupun lurus dan menonjol yang tampak dipermukaan kulit.

Cacing pita

Cacing pita dapat menyerang anak karena menelan makanan atau air yang terkontaminasi oleh telur dan larva cacing pita. Jika telur tertelan maka saat menetas  mereka tidak akan mendekat kebagian usus tapi akan tumbuh dan berkembang menjadi kista di jaringan dan organ tubuh. Ini sering disebut infeksi cacing pita invasif, tapi saat anak menelan larva cacing pita dewasa maka dapat tumbuh didalam usus.

Karena organ yang diserang berbeda maka ciri2nya pun akan berbeda juga :

Cacing pita invasif ciri2nya :

  • Menyebabkan kejang atau gejal neurologis
  • Terdapat benjolan atau kista atau massa
  • Menyebabkan demam
  • Menyebabkan alergi pada larva cacing pita

Cacing pita yang berada di usus ciri2nya :

  • Berat badan menurun
  • Menyebabkan diare
  • Menyebabkan sakit perut
  • Menyebabkan perut mual2
  • Tubuh yang mengalami cepat lelah dan lemah
  • Malabsorpsi nutrisi dari makanan yang masuk dalam tubuh

Cara pengobatan cacingan pada anak dengan menggunakan bahan alami :

  1. Menggunakan wortel

Wortel dapat untuk mengobati cacingan tidak hanya anak2 tapi juga orang dewasa. Caranya : menyediakan wortel yang segar 5 buah, lalu cuci bersih, kemudian parut setelah itu peras untuk diambil airnya. Air wortel tadi dapat and campur dengan secangkir santan kental, lalu aduk hingga rata, setelah itu mintalah anak untuk meminumnya sampai habis

  1. Menggunakan biji pepaya

Biji pepaya selain untuk mengobati cacingan tapi juga dapat untuk membuat pencernaan kembali normal. Caranya : siapkan biji pepaya 2 sendok yang telah kering, lalu tumbuk hingga halus, setelah itu seduh dengan air matang dan bisa juga di tambah dengan madu secukupnya. Mintalah anak meminumnya sehari 2 kali.

  1. Menggunakan bawang putih

Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengobati cacing kremi. Caranya : siapkan bawang putih dan akar pepaya dan juga gula merah, rebus bahan tadi dengan 600 cc air. Setelah mendidih dan setelah tersisa 300 cc , angkat dan tunggu sampai hangat setelah itu mintalah anak meminumnya. Tapi jangan mengkonsumsi bawang putih mentah secara berlebihan karena bisa berbahaya.

  1. Menggunakan daun pepaya

Daun pepaya dapat juga untuk mengobati anak yang cacingan. Caranya siapkan beberapa daun pepaya kemudian rebus, setelah itu air rebusan tadi di minumkan ke anak sehari 2 kali untuk meredakan rasa gatal di bagian anus.

Semoga informasi di atas dapat membantu anda…..

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!