Cara Mengobati Asma Pada Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengobati Asma Pada Anak

Saat anak mengalami asma sebagai orang tua pasti khawatir. Karena saat asma kambuh dapat menurunkan aktivitas pada anak, maka anak harus istirahat dirumah. Selain itu asma juga dapat mengganggu aktivitas anak secara rutin di sekolah atau pun saat olahraga.

Selain itu asma juga membuat anak tidak dapat menjalankan aktivitas ringan dengan mudah seperti saat bermain dengan teman.

Untuk mengobati asma pada anak dapat pula menggunakan obat tradisional. Cara ini dapat digunakan untuk pencegahan serangan yang lebih berat dan untuk mengendalikan asma. Tapi hal ini tidak bisa digunakan untuk kondisi gawat yang harus membutuhkan perawatan medis

Di bawah ini beberapa jenis perawatan herbal yang dapat dilakukan :

  1. Menggunakan jahe

Untuk mengatasi pernafasan pada asma dapat pula dengan menggunakan jahe. Karena dalam jahe mengandung senyawa gingerol yang bisa untuk mengurangi peradangan dan menghilangkan semua hambatan pada saluran pernafasan.

Jahe merupakan pengobatan alami untuk berbagai penyakit termasuk dengan asma.

Caranya adalah merebus jahe yang sudah dicuci bersih hingga mendidih kemudian uap dari jahe tersebut dihirup atau airnya diminum. Selain itu jahe juga dapat anda campur dengan susu untuk mengatasi batuk.

Tapi saat anak tidak nyaman hentikan perawatan ini.  jahe merupakan makanan sehat untuk paru – paru perokok.

  1. Menggunakan bawang putih

Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengatasi gangguan asma atau pernafasan pada tahap awal. Caranya dengan merebus 2 siung bawang putih yang sudah dikupas dan juga bersih dalam air mendidih. Ambil satu gelas dan minum saat masih hangat.

  1. Menggunakan uap dengan minyak kayu putih

Anak – anak yang mengalami asma diberikan kayu putih dengan mengoleskan dibagian dada dan juga punggung. Karena dalam minyak kayu putih mengandung senyawa yang memiliki sifat sebagai dekongestan. Dekongestan merupakan bahan yang digunakan untuk obat kimia asma karena bekerja dengan mengontrol pernafasan sehingga pernafasan menjadi lebih lega. Cara lain untuk mengatasinya dapat digunakan dengan penguapan.

Caranya dengan memberikan 2 tetes minyak kayu putih kedalam semangkok air mendidih. Kemudian mintalah anak menghirup uapnya pelan – pelan hingga aromanya masuk ke ruang pernafasan.

  1. Melakukan perawatan dengan madu

Madu juga merupakan obat alami untuk asma yang memang sudah digunakan sejak lama. Karena pada zaman dahulu mereka menggunakan madu untuk asma karena belum mengenal obat kimia.

Dalam madu mengandung bahan yang dapat digunakan untuk pelega pernafasan sehingga tubuh menjadi lebih sehat dan dapat menghilangkan semua efek peradangan pada saluran pernafasan.

Caranya dengan mengkonsumsi nadu sebanyak 1 sendok makan dan dapat dilakukan hingga 3 kali sehari. Selain itu bisa juga dengan mencampur dengan air minum sabagai sehari – hari.

Di atas merupakan cara – cara mengatasi atau perawatan asma yang dapat anda lakukan sebagai pencegahan. Selain itu perhatikan saat memberikan anak makanan karena jika salah dapat memperburuk keadaan asma anak seperti telur, kacang tanah, susu dan juga semua jenis kerang.

Selain itu sebagai orang tua anda harus memperhatikan kegiatan anak yang dapat memicu terjadinya asma. Karena asma memang tergolong penyakit yang tidak bisa disembuhkan hingga total. Tetapi bisa dikendalikan hingga serangan asma benar – benar tidak kembali lagi seumur hidup.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk anda…

 

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!