Cara Mengobati Demam Pada Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengobati Demam Pada Anak

Anak yang mengalami demam dapat terjadi pada sekitar 2 – 5 persen anak dibawah usia 5 tahun. Dan demam ini sering sekali terjadi pada anak-anak.

Demam ini bisa terjadi karena suhu tubuh seseorang sekitar 37,5 derajat celcius atau pun lebih. Dan dapat pula disebabkan infeksi virus dan bakteri, gigitan nyamuk, sengatan lebah, dehidrasi atau juga bisa karena reaksi alergi pada sesuatu.

Saat anak mengalami demam orang tua harus lebih perhatian karena tubuh mereka yang masih lemah untuk melalui kondisi tersebut. Karena anda sebagai orang tua yang tahu cara pengobatan yang tepat untuk mengobati demam anak anda.

Tanpa mengandalkan obat Рobatan anda dapat pula mengontrol dan membuat suhu tubuh anak  turun. Yaitu dengan menggunakan bahan alami.

Dibawah ini cara-cara untuk mengontrol demam anak seperti :

  1. Menjaga anak anda supaya tetap terhidrasi dengan baik

Demam yang menyerang anak dapat menyebabkan peningkatan tingkat metabolismenya yang menyebabkan tubuh pada anak kehilangan banyak cairan dengan cepat. Sehingga berikan anak air putih, teh herbal, sup, kaldu, bahkan buah – buahan yang dihancurkan untuk menghindari anak dehidrasi. Hindari anak minuman yang mengandung kafein dan bersoda.

  1. Memastikan bahwa anak tidak memakai pakaian yang membuat tubuh panas

Saat anak demam pakaikan anak dengan baju yang sejuk dan kurangi memakaikan anak baju yang tebal seperti jaket . untuk memungkinkan panas pada tubuh anak keluar.

  1. Menggosok tubuh anak dengan air hangat

Saat menggosok tubuh anak gunakan air hangat agar menurunkan demam. Jika menggunakan air dingin bisa menyebabkan pembuluh darahnya mengerut sehingga panas dalam tubuh anak sulit untuk keluar.

  1. mintalah anak untuk istirahat dan tidur

istirahat dan tidur memungkinkan tubuh anak untuk melawan infeksi. Karena saat anak aktif tubuhnya akan menghasilkan panas lebih banyak sehingga demam anak akan sulit untuk turun.

  1. Memberikan teh herbal

Memberikan teh herbal pada anak yang jenis Elderflower akan membuat keringat anak lebig cepat sehingga panasnya pun akan cepat turun. Selain itu jenis teh peppermint bisa juga digunakan untuk menurunkan demam. Dan untuk jenis yarrow bisa melakukan kedua – duanya.

  1. Menggunakan asam jawa

Memberikan anak minuman sari asam jawa dapat membantu menurunkan demam. Karena asam jawa bisa mendinginkan atau mengurangi dan mencegah demam (antipiretik). Selain itu asam jawa dapat dibuat teh dan dapat pula digunakan pada bak mandi anak, dengan cara merendamnya di dalam air asam jawa sehingga akan mengurangi demam pada anak.

  1. Menggunakan teh jahe

Teh jahe ini dapat membantu anak yang merasa kaki, tangan dan juga tubuhnya yang kedinginan. Karena jahe ini akan memicu keluarnya keringat saat anak demam, sehingga sangat mampu mengendalikan demam anak.

  1. Menggunakan bawang putih

Karena bawang putih memiliki sifat anti bakteri dan juga anti virus yang dapat menurunkan demamnya. Dengan cara mencampurkan bawang putih pada supnya.

  1. Makanan yang mengandung vitamin C

Vitamin C memiliki sifat anti peradangan , sehingga dapat juga untuk mengurangi demam dari infeksi ringan.

  1. Echinacea dan Goldenseal

Tanaman atau obat herbal ini dapat pula untuk melawan infeksi serta menigkatkan sistem kekebalan tubuh.

Di atas merupakan cara – cara untuk mengontrol demam pada anak yang dapat anda lakukan dirumah. Tapi jika demam anak tidak kunjung turun maka periksalah ke doter untuk penanganan lebih lanjut.

Semoga dapat bermanfaat……

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!