Cara Mengobati Gondongan Pada Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengobati gondongan pada anak

Gondongan yang terjadi pada anak merupakan sebuah hal yang umum, terutama pada anak yang sudah masuk usia sekolah. Dan penyakit ini sangat mudah menular jadi saat salah satu anak terkena maka anak yang lain juga bisa terkena.

Penularan ini bisa terjadi karena melalui kontak langsung dan kontak cairan dengan penderita. Dan gondong ini bisa menyebabkan pengaruh langsung untuk bagian kelenjar parotis yaitu kelenjar ludah yang memiliki fungsi untuk menghasilkan air liur dan terletak disetiap sisi wajah belakang dan bagian bawah telinga.

Penyebab terjadinya gondongan adalah infeksi virus yang bisa menyebabkan penderita merasa kelelahan, tubuh pegal-pegal tidak nyaman,  demam, sakit kepala dan juga tidak nafsu makan. Selain itu juga disertai dengan flu dan batuk.

Dan penyakit gondongan ini bisa diobati dengan bahan alami atau tradisional. Dibawah ini bahan tradisional untuk mengobati sakit gondongan pada anak.

  1. Menggunakan teh daun cleavers

Cleaver merupakan daun alami yang menjadi obat tradisional untuk gondongan pada anak. karena daun cleavers mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mengatasi peradangan pada kelenjar air liur. Dan dau cleavers juga mengandung tanin yang dapat membantu mengatasi efek sakit gondong.  Selain itu obat ini sangat aman untuk digunakan pada anak-anak asalkan tidak berlebihan. Dan daun cleavers ini bisa membantu tubuh anak yang sedang demam akibat gondong menjadi lebih baik.

Caranya adalah :

  • Dengan merendam daun cleavers kering dengan satu gelas air putih lalu biarkan selama 1 malam
  • Minum air ini 1 sendok 3 kali sehari.
  1. Menggunakan jahe

Jahe adalah bahan tradisional yang bisa digunakan untuk melawan berbagai penyakit termasuk dengan virus yan menyebabkan infeksi pada kelenjar ludah.  Di dalam jahe mengandung gingerol yang sangat baik untuk melawan virus dan juga peradangan yang terjadi akibat gondong. Karena rasa jahe yang sedikit pedas dan panas mungkin anak akan tidak suka jadi anda bisa mencampurnya dalam sup atau makanan jenis lain.  Atau anda juga bisa melakukan dengan cara di bawah ini :

  • Mencampur bubuk jahe yang sudah kering dengan beberapa sendok air hingga menjadi pasta
  • Lalu terapkan pasta tadi ke bagian gondong dengan lembut lalu biarkan selama beberapa saat.
  • Lalu ulangi langkah-langkah ini sampai gondong mengecil
  • Apabila hal ini kurang efektif maka anda bisa memarut jahe segar dan mencampurkan kedalam sup sayuran untuk anak.
  1. Meminum jus nanas dan wortel

Saat anak mengalami sakit gondong maka ia akan kehilangan nafsu makan dan badan semakin melemah. Sehingga anda bisa menawar kan jus nanas dan wortel untuk mengatasinya. Karena kedua bahan ini mengandung vitamin C dan bahan alami seperti mineral yang akan membantu mengecilkan gondongan dan melawan infeksi. Saat anda membuatkan jus pada anak anda bosa mencampurkan 2 buah sekaligus atau 1 jus terpisah.  Tapi usahakan jus yang diberikan adalah buatan sendiri.

  1. Menggunakan bawang putih

Bahan dapur ini bisa menjadi obat untuk gondongan.  Bawang putih ini dapat menyembuhkan sakit godongan pada anak tanpa membuat anak merasa sakit yang berlebihan. Karena dalam bawang putih mengandung flavonoid dan sulfur yang dapat mengatasi peradangan dan menghancurkan virus penyebab infeksi pada kelenjar lidah. Caranya yaitu dengan menghancurkan bawang putih lalu terapkan secara lansung pada bagian yang sakit gondong.  Dan jika hal ini kurang efektif maka anda bisa mencampur bawang putih ke dalam sup atau masakan anak.

  1. Menggunakan jus jeruk

Saat anak sakit gondong maka jangan lupa untuk menawarkan jus jeruk.  Karena jus jeruk yang hangat tanpa gula dan juga pemanis bisa sangat baik untuk melawan gondong. Karena dalam jeruk ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang sangat tinggi. Dan kedua bahan ini membantu tubuh melawan infeksi secara alami dari dalam tubuh dan membuat peradangan pada kelenjar ludah bisa sembuh lebih cepat. Anda bisa memberikan jus jeruk pada anak dengan makanan yang lembut saat anak anda tidak suka dengan jus jeruk murni.

  1. Memberikan kentang rebus

Saat anak mengalami gondongan maka nafsu makan pada anak akan berkurang karena rasa sulit saat menelan.  Sehingga anak tidak mendapat protein dan karbohidrat yang cukup sehingga tubuh anak menjadi lemah. Sehingga anda bisa memberikan kentang rebus untuk memuluhkan kondisi pada tubuh anak.

Caranya kentang yang sudah dicuci direbus tanpa menghilangkan kulitnya. Lalu taburi lada pada air rebusan kentang.  Didalam kentang mengandung karbohidrat yang bisa menjadi energi pada tubuh anak dan di dalam lada mengandung zat anti peradangan yang membuat gondong tidak terasa sakit dan sembuh. Selain itu lada juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda untuk merawat anak yang sakit gondongan. Semoga bermanfaat….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!