Cara Mengobati Malaria Pada Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengobati Malaria Pada Anak

penyakit malaria adalah penyakit yang ditandai dengan gejala utama yaitu demam. Penyakit malaria bisa terjadi karena infeksi dariparasit yang merusak struktur darah. Sehingga penderita malaria dapat mengalami anemia atau kekurangan hemoglobin.

Ada beberapa parasit yang menyebabkan malaria seperti plasmodium vivax, falciparum, ovale dan juga malariae. Manusia dapat terinfeksi parasit ini karena di bawa oleh nyamuk Anopheles.  Di negara Asia dan juga Afrika angka terkena malaria sangat banyak. Selain itu di Indonesia malaria masih sering ditemukan di wilayah endemis utama di Papua.

Penyakit malaria ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak, remaja, dewasa maupun orang tua. Tapi kasus yang sering ditemukan dan bisa menyebabkan kematian adalah pada kasus anak. hal ini terjadi karena kekurang pahaman dari orang tua. Karena pada saat anak demam hanya dianggap demam biasa.

Sehingga sebagai orang tua anda harus lebih perhatian pada anak dan jika terjadi sesuatu pada anak harus lebih sigap untuk mengatasinya. Jika anak mengalami malaria anda dapat melakukan pengobatan dengan cara yang tradisional.

Beberapa obat tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati malaria yaitu :

Menggunakan Sambiloto

Di dalam sambiloto memiliki kandungan zat yang  mampu untuk melindungi hati pada infeksi malaria, selain itu memiliki efek untuk pereda rasa sakit dan juga penurun demam.

Sambiloto juga dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit termasuk kanker. Daun sambiloto dijadikan obat caranya dengan mengambil 1 genggam  daun sambiloto dan ditumbuk. Lalu tambahkan air matang 1 gelas lalu saring dan di minum.

Menggunakan Sidaguri

Bahan tradisional ini sudah banyak digunakan untuk mengobati malaria. Selain itu juga dapat untuk menurunkan asam urat. Caranya dengan merebus daun dan bunga sidaguri menjadi teh herbal setelah itu di minum selama 3 hari.

Menggunakan brotowali

Cara untuk mengobati malaria dengan brotowali yaitu dengan cara merebus brotowali dan temulawak bersamaan lalu beri 3 gelas air tunggu sampai mendidih dan air berkurang menjadi 1 ½  gelas.

Menggunakan daun pepaya muda

Untuk penurun demam dapat menggunakan daun pepaya. Caranya dengan memilih daun yang lebih muda, lau rebus daun pepaya dengan 2 gelas air hingga menjadi 1 gelas air. Lalu saring teh herbal tersebut dan diminum.

Menggunakan rimpang temulawak

Obat herbal ini dapat mengobati malaria dan juga radang.  Caranya dengan bersihkan temulawak lalu tumbuk temulawak sebanyak 1 ruas jari dan campur dengan 2 sendok makan madu. Setelah itu tambahkan sedikit air lalu saring dan diminum. Dapat diminum 3 kali sehari.

Menggunakan daun pare

Daun pare dapat pula digunakan untuk obat malaria dan juga demam. Sehingga dapat membantu untuk proses penyembuhan anak dan untuk mencegah terjadinya komplikasi akibat malaria. Caranya dengan mengambil daun pare tua sebanyak 1 genggan lalu tumbuk dan seduh dengan mengunakan air matang lalu saring setelah itu di minum.

Menggunakan pegagan

Pegagan atau daun kuda. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri tumbuh merayap dan juga menutupi tanah dengan daun yang berwarna hijau. Selain itu memiliki kandungan triterpenoid, vellarine, saponin dan juga hydrocotyline yang memberikan efek menurunkan demam yang diakibatkan infeksi malaria. Selain itu dapat pula mengembalikan daya tahan tubuh dan juga berbagai jaringan dan pembuluh darah di tubuh hingga dapat juga untuk meningkatkan nafsu makan anak yang sakit.

Caranya dengan mengambil sebanyak 1 genggam daun pegagan lalu rebus dengan air 2 gelas tunggu hingga mendidih dan tinggal 1 gelas air lalu minum setiap hari.

Di atas merupakan informasi tentang cara penyembuhan malaria secara tradisional atau alami yang lebih aman. tapi setelah mencoba pengobatan diatas anak masih sakit sebaiknya bawa anak ke dokter untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!