Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Secara Alami

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengobati Pilek Pada Bayi Secara Alami

Saat bayi mengalami sakit sebagai orang tua akan merasa khawatir. Apalagi saat bayi mengalami pilek .  bayi dan juga anak usia balita sering terserang pilek hingga anak tumbuh dewasa. Dan saat bayi mengalami sakit pilek ia akan mudah rewel karena merasa tidak nyaman. Pilek ini dapat membuat hidung bayi tersumbat sehingga menyebabkan tubuh lemas dan bayi pun sulit ditenangkan.

Saat bayi mengalami sakit maka sebagai orang tua akan langsung membawa anak ke dokter . tapi terkadang hal ini terhambat dengan kendaraan yang tidak ada atau klinik yang tutup.

Sehingga kita dapat pula mengatasi hal ini dengan menggunakan bahan yang alami

Menggunakan ASI atau Air Susu Ibu

Bayi sangat membutuhkan ASI yang merupakan minuman berkhasiat untuk bayi. Karena bayi yang berusia di bawah 6 bulan pada umumnya tidak memerlukan pengobatan lain selain ASI untuk melawan virus dan juga bakteri.

Karena di dalam ASI mengandung berbagai antibodi. Yang berperan dalam membantu tubuh bayi membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap berbagai jenis mikroorganisme yang berupa virus dan juga bakteri. Selain itu ASI juga dapat menghindari bayi mengalami dehidrasi.

Menggunakan larutan salin (garam fisiologis)

Larutan ini dapat membantu untuk mencairkan lendir hidung yang telah mengering di rongga hidung. Sehingga dengan larutan salin ini dapat untuk membersihkan hidung dengan mudah. Caranya dengan membersihkan permukaan lubang hidung dengan lemnut lalu teteskan larutan salin dengan menggunakan alat khusus atau alat tetes obat untuk bayi. Ke dalam hidung secara perlahan. Dapat pula memiringkan kepala bayi agar cairan tidak keluar dari hidung setelah itu hisap kembali larutan dari hidung menggunakan pipet tetes.

Larutan satin ini dapat anda beli di apotek atau juga membuatnya sendiri di rumah caranya mencampur ½ sendok teh garam dapur dalam 8 sendok teh air hangat. Selain itu saat mencampur gunakan wadah dan juga sendok atau pengaduk yang steril untuk menghindari dari kontaminasi mikroorganisme.  Jika sudah diaduk tunggu hingga dingin lalu berikan pada bayi. Untuk pembuatan larutan garam dapur sebaiknya gunakan dalam keadaan darurat saja , lebih baik membeli dari apotek tujuan untuk menghindari kontaminasi dari bakteri pada bayi yang daya tahan tubuhnya masih rendah.

Meninggikan kepala bayi

Saat bayi mengalami pilek sebaiknya posisi kepala bayi ditinggikan. Tujuannya agar poros hidung bayi menjadi semakin mendekati posisi tegak. Karena saat  mengalami pilek lendir dihidung akan cenderung menghambat proses bernafas. Dan menyebabkan bayi menjadi tak nyaman. Sehingga saat meninggikan kepala bayi akan membantu melegakan pernafasan bayi dan membuat lendir dalam rongga hidung keluar.

Menggunakan madu

Madu sangat bermanfaat untuk diberikan pada anak yang sakit pilek dan juga batuk selain itu dapat membantu anak untuk dapat tidur lebih nyenyak. Madu juga aman untuk diberikan pada bayi usia 1 tahun – 5 tahun. Dan madu juga sangat disukai oleh anak karena memiliki rasa yang manis. Selain itu madu yang berwarna lebih gelap memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Caranya : ½ sendok teh pada anak usia 1 tahun – 5 tahun. 1 sendok teh untuk anak usia 6 tahun – 11 tahun. Madu ini hanya diberikan untuk bayi diatas usia 1 tahun.

Lembabkan udara

Menurunkan sumbatan pada hidung akibat pilek dapat dengan menjaga udara lembab dan hangat. Caranya dengan menggunakan alat humidifier dengan menggunakan berbagai aroma. Atau dengan menampung atau menghidupkan air panas dalam kondisi kamar mandi yang tertutup rapat selama kurang lebih 15 menit.

Sehingga dengan ini uap air dapat terperangkap di dalam kamar mandi dan udara dalam kamar mandi akan terasa lembab dan hangat. Hal ini dapat membantu hidung bayi menjadi lega dan terasa nyaman.

Menggunakan bawang putih

Bawang putih dapat pula untuk mengatasi pilek yaitu dengan membuat dekongestan alami dari bawang putih.  Sehingga dapat membantu mengurangi radang  pada hidung sehingga hal ini dapat membantu mengobati pilek dan juga mengurangi produksi lendir. Caranya dengan mengiris bawang putih lalu letakkan dalam piring dan letakkan didekat tempat tidur bayi.

Walaupun aroma bawang putih terasa kurang nyaman. Tapi kandungan sulfur dalam bawang putih dapat membantu untuk menarik keluar lendir dalam hidung. Sehinga membuat hidung menjadi lebih lega dan nyaman. Dan saat menaruh bawang putih usahakan untuk tidak terlalu dekat dengan bayi karena takutnya bayi akan memasukkannya ke dalam mulut.

Di atas merupakan cara untuk mengatasi pilek pada anak dengan cara tradisional.

Semoga informasi diatas dapat membantu anda…..

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!