Cara Mengobati Ruam Pada Bayi

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengobati Ruam Pada Bayi

Saat bayi mengalami sakit kita sebagai orang tua akan begitu khawatir. Walaupun itu hanya sebuah bentol kecil dikulitnya yang terkena gigitan nyamuk. Apalagi jika bayi rewel atau menagis karena ruam popok yang dialaminya.  Tapi anda tidak perlu khawatir karena ruam popok bisa dialami bayi manapun.

Ruam popok yang terjadi pada bayi adalah hal biasa apalagi pada bayi yang baru lahir . menggunakan diapers untuk bayi memang lebih praktis namun terkadang menjadi pemicu terjadinya ruam. Dan penggunaan popok kain dapat pula membuat ruam pada bayi , atau bisa juga karena terlalu lama tidak mengganti popok yang basah dan penggunaan detergen.

Di bawah ini cara alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi

Menggunakan Soda kue atau Baking Soda

Anda bisa menggunakan baking soda untuk membantu menyembuhkan ruam popok. Dengan cara melarutkan 2 sendok makan baking soda dalam sekitar 1 liter air bersih. Gunakan untuk membasuh pantat bayi setiap saat anda mengganti popok bayi. Lalu gunakan kain lap yang kering dan lembut yang bisa menyerap air lalu tepuk ringan kulit yang basah sampai kering sebelum memakaikan popok bersih.

Selain itu anda juga dapat memberikan 2 sendok makan baking soda ke bak air hangat untuk mandi bayi selama 10 menit 3 kali sehari. Pastikan juga mengeringkan kulit bayi sebelum memakaikan popok dan baju.

Menggunakan Tepung Maizena atau Tepung Jagung

Untuk membantu menjaga kulit bayi tetap kering anda bisa menggunakan maizena karena dapat menyerap kelembaban. Kuraingi juga gesekan kulit dengan popok dengan menggunakan popok yang lembut. Segeralah membersihkan atau melepaskan popok yang kotordan bersihkan kulit yang terkena pup dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Anda juga dapat mengangin-anginkan kulit bayi beberapa waktu agar kering secara alami setelah itu taburkan tepung jagung pada kulit bayi sebelum memakaikan popok. Lakukan cara ini setiap kali anda mengganti popok bayi.

Menggunakan Havermut / Oatmeal

Dalam oatmeal mengandung jumlah protein yang tinggi dan dapat menyejukkan kulit lembut bayi yang teritasi dan juga membantu mempertahankan susunan pelindung alami kulit.

Selain itu oatmeal juga mengandung saponin yaitu senyawa kimia yang membantu menghilangkan minyak serta kotoran yang tidak dibutuhkan oleh pori-pori.

Yaitu dengan cara menambahkan 1 sendok makan oatmeal kering ke air mandi bayi. Biarkan bayi berendam di air selama 10-15 menit. Dengan memandikan bayi dalam larutan ini dapat untuk menenangkan kulit bayi. Lakukan hal ini 2 kali sehari untuk menyembuhkan ruam.

Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa mempunyai sifat antijamur dan antimikroba. Sehingga minyak kelapa atau VCO bisa digunakan untuk mengobati ruam popok pada bayi. Dalam minyak kelapa atau VCO mempunyai khasiat menenangkan serta dapat mempercepat penyembuhan pada kulit lembut bayi.

Minyak kelapa ini bekerja seperti pelembab kulit. Caranya dengan memberikan minyak kelapa di daerah yang terkena ruam popok beberapa kali dalam 1 hari. Anda juga bisa menambahkan sebagian sendok makan minyak kelapa kedalam air mandi sebagai pelembab. Ini dapat membantu untuk membunuh ragi seperti Candida yang menyebabkan ruam popok.

Menggunakan Cuka

Dalam ompol bayi secara alami bersifat basa serta dapat membakar dan mengiritasi kulit lembut bayi. Dan untuk mengimbangi atau menetralkan karakter basa , sehingga cuka satu diantara bahan terbaik.

Jika anda menggunakan popok kain pada bayi anda maka saat mencuci tambahkan 1 ½  cangkir cuka ke dalam ½ ember air bilasan paling akhir. Karena ini dapat membantu meningkirkan penumpukan sabun di popok dan juga dapat menghilangkan bau ompol.

Selain itu anda juga dapat membuat larutan cuka cair dengan memberikan 1 sendok teh cuka putih ke satu cangkir air. Gunakan larutan ini untuk menyeka kulit bayi yang terkena pipis bayi waktu mangganti popok. Hal ini dapat membantu anda untuk membuat bagian kulit bawah  bayi bisa tahan dengan bakteri serta gangguan kulit lainnya

Semoga informasi di atas dapat membantu anda untuk mengatasi ruam popok pada bayi.

Semoga dapat bermanfat untuk anda yang membaca……

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!