Cara Mengobati Sakit Demam Berdarah Pada Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengobati Sakit Demam Berdarah Pada Anak

Demam berdarah atau DBD disebabkan karena gigitan nyamuk aedes aegypti yang menularkan virus sehingga terjadinya gangguan pada pembuluh darah. Sakit demam berdarah bukanlah sakit yang sepele karena jika terlambat dalam penanganannyabisa menyebabkan kematian. Selain itu nyamuk aedes aegyptitidak hanya menyebabkan DBD tapi juga dapat menyebabkan penyakit cikungunya.

Pada penderita demam berdarah dengue atau juga DBD dapat di ketahui dari gejalanya ketika sudah akut. karena gejala awal dari demam berdarah tidak dapat atau sulit untuk dibedakan dengan penyakit lainnya.

Di bawah ini merupakan tanda atau ciri-ciri dari penyakit demam berdarah adalah :

1. Terjadinya demam tinggi yang berlangsung secra tiba-tiba atau mendadak selama 2-7 hari dan demam tingg yang terjadi pada DBD adalah sekitar 38-40  derajat celcius.

2. Merasa badan menggigil, nyeri di kepala , nyeri ketika menggerakkan bola mata, serta nyeri di bagian punggung pada saat gejala awal.

3. Munculnya bintik-bintik merah terutama saat melakukan pengecekan melalui metode uji tourniquet

4. Terjadinya penurunan tekanan darah secara tiba-tiba

5. Terjadinya pembesaran hati

6. Terjadinya penurunan trombosit serta peningkatan hematocrit diatas 20% ketika lakukan cek darah

7. Gejala yang lain adalah disertai dengan mimisan pada gusi dan hidung.

8. Bintik-bintik yang muncul semakin tampak karena pecahnya pembuluh darah

9.  BAB bercampur dengan darah

10. Rasa nyeri semakin terasa di daerah sendi karena demam yang semakin tinggi

Setelah tanda-tanda di atas terjadi segeralah periksa anak anda ke dokter agar dapat di tangani dengan segera. Karena penderita DBD harus ditangani dengan segera agar tidak semakin parah dan bisa juga menyebabkan kematian pada penderitanya.

Di bawah ini obat tradisional untuk anak yang sakit demam berdarah

Menggunakan Meniran

Menggunakan meniran atau nama lainnya adalah Phyllanthus Niruri memiliki banyak khasiat terutama untuk anti virus. Dalam Meniran mengandung senyawa flavonoid , tanin, triterpenoid dan juga asam fenoleat. Meniran ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit demam berdarah. Fungsi meniran juga sebagai anti diare, anti-fungi, dan juga penyakit gastrointestinal.

Selain itu rebusan meniran dapat mengobati penyakit ginjal, kolik, obat batuk, panas dan sebagainya. Cara untuk mengatasi DBD menggunakan meniran  adalah dengan menyiapkan 10 gram meniran dan 10 gram daun pegagan, lalu cuci sampai bersih . setelah itu rebus campuran tersebut ke dalam 5 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 3 gelas air. Minum secara teratur hingga 3 kali sehari sebanyak 1 gelas.

Menggunakan daun jambu biji

Dalam daun jambu biji memiliki banyak khasiat dan sering  digunakan untuk obat tradisional. Karena dalam daun jambu biji memiliki sifat antibiotik, anti – diare dan juga kandungan tanin yang dapat mempersempit urat darah. Karena menurut penelitian ekstrak kering daun jambu biji selama 5 hari dapat untuk meningkatkan jumlah trombosit dalam darah. Dan tanpa menimbulkan efek samping.

 Menggunakan daun dewa

Dalam daun dewa dipercaya dapat untuk mengatasi demam berdarah. Caranya dengan menyiapkan sebanyak 30 gram daun dewa yang segar, lalu rebus daun dewa ke dalam 600 ml air sampai mendidih hingga tersisa 300 ml. Lalu minum air daun dewa yang masih hangat secara rutin 2 kali sehari.

Menggunakan buah jambu merah

Jambu merah juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit DBD.  Karena dalam jambu merah mengandung Flavonoid yang dapat meningkatkan trombosit dalam darah. Selain itu dalam buah jambu biji memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi.  Caranya dapat dengan memakan buah jambu biji tersebut secara langsung atau membuat jus jambu merah.

Di atas merupakan informasi tentang mengobati sakit DBD pada anak. semoga dapat bermanfaat….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!