Cara Mengobati Sakit Disentri Pada Anak Secara Alami

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara Mengobati Sakit Disentri Pada Anak Secara Alami

Penyakit disentri dan diare memang bisa dibilang sangat berhubungan tetapi penyakit ini tidak sama. Disentri merupakan diare yang bisa menyebabkan sakit perut akut, selain itu ada lendir dalam feses anak dan bisa juga ada nanah dan jika sudah parag dapat menyebabkan bab berdarah. Jika diare yang dialami cara mengobatinya dapat dengan mudah.

Jenis disentri ada dua yaitu disentri amuba yang disebabkan oleh amuba dan tinggal didalam usus besar. Selain itu disentri basiler yang disebabkan oleh bakteri invasif.

Beberapa obat alami yang dapat menyembuhkan jenis disentri diatas yaitu :

  1. Memberikan cairan yang cukup

Memberikan cairan yang cukup merupakan hal pertama yang dapat anda lakukan untuk perawatan di rumah. Karena anak yang mengalami disentri akan mengalami diare dan sakit perut. Air putih sangat bermanfaat untuk mencegah anak mengalami dehidrasi sehingga anak akan merasa lebih nyaman. Dan jika diare yang berat dialami anak, anda dapat mencoba memberikan air garam.

  1. Memberikan susu dengan campuran margarin

Membersihkan usus anak dari sumber penyebab disentri merupakan perawatan yang sangat penting. Apalagi bakteri yang menyebabkan infeksi pada usus. Sehingga anda bisa mencoba dengan memberikan susu yang di campur dengan margarin atau mentega. Anda dapat memberikan minuman ini secara berulang-ulang selama 1 hari penuh. Lalu lihatlah apakah diare yang dialami anak bertambah parah atau diare anak sembuh . karena minuman ini dapat membantu untuk membuang semua kotoran dalam usus besar.

  1. Memberikan susu dan minyak jarak

Perawatan alami untuk disentri dapat dengan memberikan susu yang dicampur dengan minyak jarak. Karena minyak jarak dapat membantu untuk menghilangkan bakteri atau parasit yang berada didalam usus besar. Selain itu dapat pula membantu bagian otot rektum pada anaj menjadi lebih nyaman sehingga tidak menyebabkan luka. Dan dapt pula untuk mengatasi rasa sakit perut yang diakibatkan sakit disentri.

  1. Memberikan bubur apel

Saat anak mengalami disentri dapat menyebabkan anak kurang nafsu makan dan cenderung badan terlihat kurus. Sehingga anda dapat memberikan bubur apel sebagai pengganti makanan pada anak. caranya dengan memilih buah apel yang lembut lalu hancurkan hingga menjadi bubur dan berikan pada anak. buah apel memiliki kandungan agen terapeutik yang dapat membantu menghancurkan semua penyebab disentri pasda anak.

  1. Memberikan jus lemon

Untuk mengatasi disentri pada anak dapat dengan membarikan jus lemon yang dicampur dengan madu. Dalam lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat melawan sumber penyakit. Selain itu dapat pula membantu meningkatkan cairan elektrolit dalam tubuh anak. anda dapat memberikan jus lemon dingin maupun yang hangat. Setelah memberikan jus lemon pada anak lihat apakah sakit disentri anak berkurang atau tidak.

  1. Memberikan bubur pisang dan garam

Anda dapat pula menggunakan bubur pisang dan garam untuk mengobati disentri anak. caranya dengan meghancurkan beberapa pisang yang sudah matang. Lalu campur dengan sedikit garam  lalu aduk hingga rata. Ini dapat  digunakan sebagai pengganti makanan pada anak. karena bubur pisang dan garam dapat membantu mengobati disentri akut yang dialami anak dan orang dewasa.

  1. Memberikan jus jeruk

untuk memberikan cairan pada anak dapat pula dengan memberikan jus jeruk sebagai alternatif. Karena anak akan lebih suka dengan jus jeruk daripada air putih. Apalagi jus jeruk yang tanpa campuran madu dan juga gula dapat untuk membersihkan usus. Selain itu jus jeruk dapat pula ditambahkan dengan susu cair ataupun susu bubuk untuk menghentikan diare anak.

  1. Memberikan teh pepaya mentah

Saat anak mengalami disentri anda dapat memberikan teh pepaya mentah. Caranya dengan memarut pepaya yang masih mentah lalu rebus dengan beberapa gelas air hingga mendidih. Setelah itu saring dan berikan airnya pada anak selagi masih hangat. Teh pepaya ini dapat untuk mengatasi disentri yang berat dan juga dapat mengatasi  nyeri perut akibat terlalu sering diare dan serangan parasit dalam usus besar.

Di atas merupakan informasi untuk mengatasi disentri pada anak. Dengan bahan tradisional atau alami.

Semoga dapat bermanfaat untuk anda…

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!