Cara Mengobati Typus Pada Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara mengobati typus pada anak

Penyakit Typus merupakan suatu penyakit yang lebih sering terjadi pada anak-anak setelah DBD atau demam berdarah.  Gejala dari 2 penyakit ini sama sehingga memerlukan pemeriksaan ke dokter untuk mengenali kondisi dari penderita.

Secara umum gejala typus pada anak diakibatkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi atau salmonella paeartyphi pada usus halus. Bakteri dapat masuk pada usus melalui makanan yang tidak terjamin kebersihannya atau tidak sehat. Seperti jajan di sembarang tempat atau berbagi makanan dengan teman yang sudah menderita tipes sehingga tertular dan masa inkubasi saat bakteri masuk dan berkembang menimbulkan gejala penyakit tipes pada anak dan memakan waktu antara 24 jam hingga 27 jam.

Gejala yang umum terjadi pada penderita tipes adalah demam yang akan semakin tinggi dari hari ke hari terutama ketika pada malam hari. Sehingga anda harus mewaspadai  apabila muncul gejala ini dalam waktu 7-10 hari.

Jika anak mengalami sakit tipes sebagai orang tua anda harus lebih waspada karena jika tidak segera diobati bisa menyebabkan hal yang membahayakan pada sang anak.

Gejala – gejala tipes pada anak  yang harus di waspadai yaitu :

Mengalami masalah pada pencernaannya seperti sakit perut, diare dan sulit buang air besar.

Mengalami panas dan juga sakit kepala

Bau yang tidak sedap pada mulut anak

Mengalami rasa lelah, lesu, lemah dan letih

Demam anak yang naik turun

Jika tipes tidak segera ditangani akan bisa membahayakan karena bisa mengakibatkan kebocoran pada usus yang bisa menyebabkan kematian pada penderitanya. Selain itu tipes dapat dialami oleh semua usia sehingga saat anda memiliki bayi anda harus lebih waspada. Karena jika tipes menyerang bayi akan lebih sulit terdeteksi dan akan beresiko karena sistem imun pada tubuh bayi masih sangat lemah.

Di bawah ini cara untuk mengatasi penyakit tipes secara tradisional :

  1. Cacing

Cacing merupakan obat tradisional untuk mengatasi tipes. Cacing merupakan obat yang sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab sakit tipes. Tetapi banyak orang yang merasa jijik untuk menggunakan obat ini.

Cara membuatnya ambil beberapa cacing tanah kemudian bersihkan cacing dengan cara membelahnya. Lalu sangrai cacing hingga kering dan tumbuk hingga halus.  Lalu anda diminum 3 kali sehari .  untuk anak sesuaikan dosisnya.

  1. Sambiloto

Sambiloto dapat digunakan untuk mengobato berbagai penyakit salah satunya adalah tipes. Karena dalam dau sambiloto mengandung nutrisi serta vitamin yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab tipes.

Caranya : ambil beberapa lembar daun sambiloto, lalu tambahkan dengan 17 gram temulawak serta 5 gram jinten hitam. Lalu rebuslah ketiga bahan tadi sampai mendidih. Kemudian minum air rebusan 2 kali sehari sampai sembuh.

  1. Kunyit

Kunyit juga cukup efektif untuk membantu mengobati penyakit tipes. Cara pembuatannya : siapkan 3 rimpang kunyit yang masih segar, 1 bonggo serai dan 1 lembar daun sambiloto. Lalu tumbuk ketiga bahan tadi hingga halus,  setelah itu seduh dengan air hangat dan minum ramuan hingga kondisi pulih.

  1. Pepaya

Buah pepaya muda juga dapat digunakan untuk mengobati tipes. Caranya dengan mengupas pepaya muda lalu parut buah tersebut. Setelah di parutperas pepaya hingga menghasilkan air. Lalu minum air perasan tadi 2 kali sehari hingga tipes sembuh.

Di atas merupakan beberapa obat tradisional untuk mengatasi penyakit tipes yang dapat anda coba jika untuk anak sesuaikan dosisnya.

Semoga bermanfaat….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!