Cara2 mengajari anak yang memiliki kemampuan visual

Bagikan Info ini ke temanmu

Cara2 mengajari anak yang memiliki kemampuan visual

Cara – cara mengajari anak yang memiliki kecerdasan visual – spasial

Mengajari anak yang mempunyai kemampuan kecerdasan visual sangat mudah karena anak yang mempunyai kecerdasan visual mudah belajar melalui :

  • Gambar –gambar
  • Foto
  • Film
  • Grafik
  • Dan representasi visual lainnya

 

Cara belajar yang mempunyai kecerdasan visual yang dominan adalah sebagai berikut ini :

 

Mengorganisasikan bahan – bahan untuk belajar

Sebagai orang tua yang mempunyai anak dengan kecerdasan visual anda dapat membri kode – kode warna tertentu untuk suatu hal, mengorganisasikan bahan belajar anak.

Dapat pula anda memberikan warna – warna menarik untuk menandai hal  –  hal  penting pada buku catatan anak dan beritahu anak makna warna yang anda gunakan untuk menandai buku tersebut.

Cara ini sama seperti yang pertama yaitu menggunakan warna2 berbeda untuk setiap tugas. Seperti dari PR (pekerjaan rumah) anak , tugas kelompok dan tugas – tugas lainnya.

caranya : buat memo kecil dengan warna berbeda untuk setiap tugas dan tempelkan memo itu di depan meja belajar anak agar anak dapat melihatnya dengan mudah. Masukkan judul, mata pelajaran, waktu pengerjaannya dan deadlinenya. Sehingga anak tidak lupa untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Anda pun juga bisa membuat sebuah tampilan berupa grafik, daftar ceklis, ataupun peta pikiran untuk mengelaborasi pemahaman akan materi pembelajaran yang diberikan guru anak anda. agar memudahkan belajar anak anda.

Mengatur meja anak dengan baik, bisa dengan mengelompokkan buku – buku anak berdasarkan jenis atau keterkaitan satu sama lain dan juga alat – alat tulis,kertas – kertas , dan alat – alat lainnya.

 

Kemampuan dan keterampilan yang perlu diasah pada anak

Keterampilan anak yang lain pun juga harus diasah seperti berikit ini :

  1. Keterampilan dalam mendengar .

Keterampilan mendengar pun juga perlu diasah agar dapat menjadi pendengar yang baik selain itu juga keterampilan berbicara yang baik. Keterampilan ini pun sangat penting karena akan menunjang kesuksesan anak yang mempunyai kecerdasan visual – spasial yang dominan.

Dan anak pun dapat menjadi orang yang dibutuhkan di masa yang akan datang. Ada pun beberapa profesi  yang membutuhkan orang dengan kecerdasan visual yang pandai berbicara dan juga mendengar.

Contohnya : bisa menjadi marketer yang tangguh dengan cara presentasi yang luar biasa dalam memvisualisasikan ide – ide pada calon pelanggan

  1. Belajar bekerjasama

Mengajarkan anak untuk bisa bekerjasama dengan teman2nya karena terkadang anak yang mempunyai kecerdasan visual lebih senang bekerja sendiri daripada kelompok. Berikan pengertian pada anak bahwa tidak semua pekerjaan dapat di lakukan sendiri. Karena kesuksesan juga bisa didapat jika kita mau bekerjasama.

  1. Mengajarkan anak untuk latihan kegiatan fisik

Karena anak yang mempunyai kecerdasan visual biasanya tidak tertarik dengan kegiatan fisik seperti membongjar ataupun memasang suatu benda , sehingga sebagai orang tua anda dapat mengajari anak anda kegiatan fisik dirumah disela2 waktu anak.

Karena terkadang di sekolah guru juga menyediakan tugas yang mengembangkan kecerdasan kinestetik yang menjadi kelemahan anak.

 

Selain itu kami juga akan menjeaskan kelebihan maupun kelemahan dari gaya belajar visual.

Berikut ini kelebihan gaya belajar visual ( Visual Learners ) yaitu :

Sangat baik dalam mengingat detail dan warna

Dapat menghafal dan juga memahami suatu informasi, dan mereka biasanya memvisualisasikan gambar dalam fikirannya.

Dapat dan mampu membaca, mengeja dan menghafal pelajaran dengan sangat baik

Dapat memecahkan suatu masalah dengan cara membaca informasi, serta ia juga membuat daftar mengenai masalah2 ataupun hambatan2nya yang sedang ia hadapi

Selalu berpenampilan rapi dan juga baik

Dapat mengingat wajah seseorang , tetapi ia juga bisa lupa dengan nama orang itu.

Dibawah ini kelemahan dari gaya belajar visual yaitu :

  1. Sangat susah untuk memahami penjelasan guru di depan kelas yang tanpa disertai dengan gambar ataupun grafik.
  2. Tidak bisa fokus ataupun konsentrasi saat melihat tampilan seseorang ataupun informasi yang tidak menarik ataupun jelek.
  3. Tidak bisa belajar dalam suasana yang ramai, gaduh, ribut dan banyak gangguan.

 

Diatas merupakan beberapa tips untuk membuat kecerdasan visual – spasial dapat berkembang. Dan juga kelebihan maupun kelemahan  dari gaya belajar visual.

Semoga bermanfaat…..

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!