Flu Singapura – Gejala, Ciri-ciri dan Cara Pengobatan

Bagikan Info ini ke temanmu

Flu Singapura – Gejala, Ciri-ciri dan Cara Pengobatan

Mungkin dari sebagian masih banyak sekali yang belum tau apa itu flu singapura, namun juga banyak yang sudah banyak mengalaminya. Terbukti saat orang tua anak di beritahu bahwa anaknya mengidap penyakit flu singapura, pasti banyak sekali yang bertanya-tanya “penyakit apa itu?” padahal saya tidak pernah pergi ke singapura, namun sudah terkena penyakitnya.  Itu salah satu contoh dan masih banyak yang lainnya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, mari kita pelajari apa itu flu singapura, gejala beserta ciri-cirinya, penyebab dan pemularannya serta pengobatan atau perawatan di rumah untuk penderita flu singapura.

semoga bisa memberi manfaat sebesar-besarnya untuk pembaca sekalian. Istilah kedokteran flu singapura adalah hand foot and mout disease atau disingkat HFMD, jika dibahasa indonesiakan menjadi penyakit KTM (Kaki Tangan Mulut) karena salah satu ciri penyakit flu ini adalah adanya lepuhan pada kaki, tangan,  mulut.

baju menyusui azzafran

Salah satu ciri Flu singapura

Lantas Kenapa disebut Flu Singapura?

karena penyakit flu ini pernah mewabah di singapura hingga banyak sekolah serta fasilitas umum lainnya menjadi ditutup gara-gara penyakit flu ini sehingga penyakit ini menjadi populer dengan sebutan flu singapura.

Flu singapura adalah penyakit infeksi virus flu menyebabkan luka seperti sariawan banyak pada bibir mulut bagian dalam, luka lepuhan juga muncul pada tangan, kaki, atau terkadang pada bokong atau daerah popok. Singapura –

Penyebab dan Cara Penularan Flu singapura

Penyebab Flu singapura adalah virus RNA famili Picornaviridae, Genus Enterovirus terdiri dari virus Coxsackie A, virus Coxsackie B, Echovirus Enterovirus. Virus Penyebab Flu dari singapura tersering namun ringan adalah Coxsackie A16, sedangkan penyebab menimbulkan kasus berat atau berpotensi menimbulkan komplikasi hingga kematian adalah Enterovirus 71.

Karena penyebabnya virus maka flu dari singapura ini mudah menular. Penularannya seperti penyakit flu yaitu melalui droplet saat bersin, air liur, tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta. Penularan kontak tidak langsung bisa melalui barang-barang terkontaminasi oleh cairan tersebut. Penyakit ini sangatlah sering menyerang bayi masih berusia rata-rata 2 tahun. Namun, baru-baru ini beredar beritapenyakit ini menyerang anak berusia 10 th. singapura

Sedangkan orang dewasa umunya kebal jika dengan penyakit flu ini, walaupun masih masih bisa menjadi mungkin terjadi. Seperti infeksi virus lain seperti cacar air, virus flu ini hanya menyerang satu kali saja anak akan kebal jika sudah terkena flu ini. Dengan catatan hanya jika virus strainnya sama, jika berbeda, maka anak akan terjangkit lagi. Gejala penyakit ini akan berkembang bisa hilang akan menjalar 3 sampai 6 hari lamanya, Ini disebut masa inkubasi.

Flu Singapore

Flu singapura

Gejala Ciri-ciri flu dari singapura antara lain: Awal mulanya anak akan mengalami demam dengan suhu tubuh 101°F (38°C) sampai 103°F (39°C) disertai rewel atau lesu terkadang disertai pilek. Anak sudah sedikit besar biasanya akan mengeluh soal tenggorokan, bayi sendiri jika terjangkit penyakit ini tidak akan mau meminum ASI apalagi memakan MPASI dikarenakan tenggorokannya sakit. Singapura –

Kemudian beberapa hari akan muncul bintik-bintik merah pada beberapa bagian (bibir pipi bagian dalam, langit-langit serta tenggorokan) mirip sariawan kecil-kecil banyak. Disamping itu muncul juga ruam berupa bintik-bintik merah datar atau timbul berisi cairan (vesikel) atau lepuhan, terkadang pecah menjadi lecet (ulkus). Ruam atau lepuhan ini biasanya terdapat pada telapak tangan serta telapak kaki; dapat juga muncul pada lutut, siku, bokong atau daerah genital. singapura –

Anak mendapatkan penyakit flu ini tidak tidak akan terjangkit penyakit lain. Hanya saja sebagian mungkin terjangkit merah-merah di beberapa bagian tubuh saja. penyakit ini sama seperti penyakit virus flu pada umumnya hanya berhenti selama 6-7 hari. Pelepuhan di alami anak pada bagian tangan walaupun nampak serius sebenarnya tidak harus mendapatkan perawatan khusus.

Anda hanya perlu memberi perawatan di rumah untuk meringankan gejala tersebut, yaitu dengan cara: minuman dingin harus di konsumsi anak agar bisa meredakan sakit tenggorokannya. Air putih juga harus di tambah agar tidak sering dehidrasi. Jangan memberikan makanan mengandung minyak atau makanan mengandung pedas. Karena makanan ini akan memperparah keadaan flu. Untuk meredakan nyeri demam, berikan acetaminophen (parasetamol) atau ibuprofen.

Baca Aturan Pakai !!!

Antibiotik tidak disarankan untuk penyakit flu karena penyakit flu dikarenakan virus bukan bakteri. Jika anak engalami muntah, diare atau tidak dapat makan dan minum sehingga menjadi lemah, maka penderita tersebut harus dirawat. Cara Mencegah Flu dari Singapura Tidak ada vaksin dapat disuntikkan untuk melindungi terhadap virus menyebabkan penyakit flu dari singapura tangan, kaki, dan mulut ini.

Seseorang dapat menurunkan risiko atau mencegah flu dari singapura dengan cara: Sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama setelah mengganti popok dan menggunakan toilet. Rajin membersihkan benda-benda sering disentuh termasuk mainan anak. Menghindari kontak dekat seperti mencium, memeluk, atau berbagi peralatan makan atau cangkir dengan orang-orang lagi sakit flu dari singapura.

Penyebab Flu Singapura

Seperti disebutkan diatas penyebab flu yang satu ini adalah bersumber dari adanya infeksi virus yang masuk kedalam tubuh. Jenis virus yang menginfeksi bagian tubuh itu sendiri sebenarnya beragam diantaranya adalah virus RNA pada famili Picornaviridae, Genus Enterovirus yang terdiri dari virus Coxsackie A dan B dan juga Enterovirus dan Echovirus.

Akan tetapi virus penyebab paling sering dijumpai pada penyakit flu singapura ini adalah jenis virus Coxsackie A16 sementara penyebab yang dapat menimbulkan kasus berat dan berpotensi menimbulkan komplikasi hingga kematian adalah datang dari infeksi virus Enterovirus 71 yang masuk ke dalam tubuh lalu menginfeksi bagian tubuh sehingga flu  dari singapura dapat timbul.

Dan penyebab dari apa yang di timbulkan penyakit ini akan flu  dari singapura akan cepat merambat kepada lain secara mudah untuk menyerang siapa saja. Mekanisme penularan penyakit ini dapat terjadi seperti pada penyakit flu yakni droplet saat seorang penderita bersin, melalui air liur, cairan vesikel, eksreta atau tinja. penularan yang disebabkan oleh bersentuhan kontak walaupun melalui barang2 akan sangat berbaha pula akibatnya.

Serangan beberapa virus diatas akan dapat menyerang ke beberapa bagian tubuh tertentu serta bila menyerang jaringan mulut, sekitar amandel maka dampaknya akan pula masuk kebagian sistem pencernaan akibatnya bagian sistem ini akan mengalami gangguan. Hingga akhirnya akan dapat menyebar keseluruh tubuh melalui aliran darah. Akan tetapi sebelum virus ini menyebar ke organ-organ vital, sistem imunitas tubuh akan mengendalikannya. Adapun sumber utama penyebaran kelompok virus ini adalah melalui mulut.

Komplikasi Flu Singapura

Ada beberapa komplikasi flu dari Singapura, meskipun sangat jarang terjadi. beberapa diantaranya ialah:

  1. Dehidrasi

Luka yang muncul pada rongga mulut serta tenggorokan bisa mempersulit penderita untuk minum cairan, yang bisa membuatnya mengalami dehidrasi.

  1. Meningitis virus

Virus penyebab flu dari Singapura bisa mengakibatkan meningitis virus, jika virus tersebut bisa masuk ke otak. Meningitis virus adalah infeksi selaput yang mengelilingi otak dan saraf tulang belakang. Akan tetapi, komplikasi ini jarang terjadi.

  1. Ensefalitis

Ini adalah komplikasi paling serius dan paling jarang terjadi dari flu dari Singapura. Ensefalitis merupakan infeksi virus yang menyebabkan jaringan otak membengkak dan meradang. Ensefalitis juga bisa menyebabkan kerusakan otak cukup parah, dan akhirnya berujung pada kematian.

Cara Penularan Flu singapura

Penyakit ini sangat menular dan sering terjadi dalam musim panas. KTM adalah penyakit umum yang menyerang anak-anak usia 2 minggu sampai 5 tahun (kadang sampai 10 tahun). Orang dewasa umumnya kebal terhadap enterovirus. Penularannya melalui kontak langsung dari orang ke orang yaitu melalui droplet, air liur, tinja, cairan dari vesikel atau ekskreta.

Penularan kontak tidak langsung melalui barang-barang yang terkontaminasi oleh sekresi itu. Tak ada vaktor tapi ada pembawa seperti lalat dan kecoa. Penyakit KTM ini mempunyai imunitas spesifik, namun anak dapat terkena KTM lagi oleh virus strain enterovirus lainnya. Masa inkubasinya sekitar 2-5 hari. Sementara untuk waktu terekspos sampai terkena penyakit 3-7 hari.

Gejala Flu Singapura pada Bayi

Mula-mula demam tidak tinggi 2-3 hari, diikuti sakit leher (pharingitis), tidak ada nafsu makan, pilek, ruam di bagian mulut, tangan dan kaki, dan mungkin di bagian popok. Gejala seperti flu pada umumnya yang tak mematikan.

Timbul vesikel yang kemudian pecah, ada 3-10 ulcus di mulut seperti sariawan terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan. Timbul rash/ruam atau vesikel (lepuh memerah/blister yang kecil dan rata), papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki. Bila ada muntah, diare atau dehidrasi dan lemah atau komplikasi lain maka penderita tersebut harus dirawat.

Gejala Flu Singapura

Gejala Flu Singapura

Jenis virus tertentu gejalanya dapat lebih parah yaitu :

Demam tinggi lebih dari 38 C selama 2 hari. Ada gejala flu, sesak napas, kejang-kejang, ulkus, seriawan pada rongga mulut, lidah, dan kerongkongan. Jika timbul gejala seperti ini harap sesegera mungkin dibawa ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan intensif karena dapat menyebabkan kematian. Tempo pengasingan yang disarankan adalah hingga lepuh kering.

Pencegahan Flu Singapura

Mencuci tangan dengan sangat bersih terutama sesaat memegang hal-hal yang kotor. Membersihkan bagian kita yang kotor terutama kuku yang sering menjadi sarang bagi kuman.

Pengobatan Sederhana Flu Singapura

Flu dari singapura ini umunya tidak membutuhkan pengobatan khusus. Dikarenakan virus ini akan berhenti dengan sendirinya setelah kurang dari satu minggu. Flu dari Singapura disebabkan oleh virus, jadi Anda tidak bisa mengonsumsi antibiotik untuk meredakannya. akan tetapi, anda juga bisa melakukan perawatan di rumah untuk menanggulanginya: agar dapat meredakan rasa nyeri, berikan asetaminofen atau ibuprofen.

Jangan berikan aspirin pada penderita anak-anak dan remaja di bawah usia 16 tahun, karena berisiko menimbulkan penyakit sindrom Reye. Beristirahat secukupnya dan berikan banyak minuman dingin untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan.

Jangan memberikan makanan atau minuman asam dan pedas, karena bisa membuat luka di mulut dan akan terasa lebih perih. Berikan makanan lunak dan juga sup, karena kondisi ini akan membuat mereka kesulitan dalam menelan Untuk mengurangi resiko penyebaran flu dari Singapura, ada beberapa cara yang bisa dilakukan: Mengisolasi penderita flu dari  Singapura.

penyakit ini sangatlah mudah untuk menular, untuk itu, bagi yang sudah terlanjur menderita penyakit ini agar mendapat perawatan samapai dalam keadaan yang benar-benar membaik. dan menghapus bersih area2 yang rentan terkena virus ini. Bersihkan area-area yang dicurigai terkjontaminasi virus (pakaian, seprei, meja, peralatan makan) menggunakan air dan sabun, kemudian bersihkan lagi dengan pemutih klorin.

Cucilah tangan dengan bersih. anda harus rajin membersihkan tangan anda, khususnya setelah BAB, mengganti popok anak, menyiapkan makanan, dan sebelum makan. dan harus menanamkan sifat kebersihan dari kecil terhadap anak. Ajarkan pada anak bagaimana menjaga kebersihan anggota tubuhnya sendiri, sebab anak-anak di bawah 10 tahun rawan tertular flu Singapura.

Pengobatan Alternatif Flu Singapura Secara Alami Dengan Obat Tradisional Jelly Gamat Gold-G

obat jelly gamat gold gObat Tradisional Flu Singapura dari Jelly Gamat Gold-G umumnya terbuat dari hewan laut yakni teripang. Terbuat dari species terpilih dari 1000 species teripang di dunia. Jenis species terpilih ini dinamakan Golden Stichopus Variegatus yang memiliki warna keemasan (gold) dan sejak ratusan tahun yang lalu telah dikenal manfaat dan khasiatnya untuk berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Sehingga obat jelly gamat gold-g ini sangat baik dan amat bagus sekali apabila dijadikan untuk obat penyakit flu singapura.

Untuk cara pemakaiannya oleskan saja tiap hari ke kulit yang ada bintik merahnya. Bahkan obat jelly gamat gold-g ini juga bisa diminum untuk pengobatan dari dalamnya. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa teripang memiliki kandungan kolagen dan gamapeptide yang mampu mempercepat penyembuhan luka (3x lebih cepat).

Obat Tradisional Flu Singapura ini dapat mencegah inflamasi, mengurangi rasa sakit, mengaktifkan pertumbuhan dan aktifasi  sel-sel, juga membuat kulit tampak lebih muda.  hal ini dapat meningkatkan eksistensi kekebalan tubuh karena didalamnya mengandung Tripang Mukopolisakarida, anti kanker dan anti tumor.

Tidak hanya itu, teripang juga kaya akan kandungan alami lainnya yakni berupa Protein 86,8%, Kolagen 80,0%, Mineral, Mukopolisakarida, Glucasaminoglycans (GAGs), Antiseptik alamiah, Glucosamine dan Chondroitin, Saponin, Omega-3, 6, dan 9, Asam Amino, Lektin, Vitamin dan Mineral.

Serta Kandungan Cell Growth Factor yang bersumber dari gamat emas yang sangatb bermanfaat untuk mengobati luka luar dan juga mampu memperbaiki sel2 dalam atau sel jaringan yang telah membusuk termasuk luka flu singapura. Itulah beberapa informasi yang bisa saya share untuk anda bisa mencegah virus ini terjadikepada diri anda maupun keluarga terutama anak yang masih balita.   Terima kasih.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!