Informasi Lengkap Mengenai Infeksi Telinga Dan Penyembuhannya

Bagikan Info ini ke temanmu

Informasi Lengkap Mengenai Infeksi Telinga Dan Penyembuhannya

Infeksi telinga tengah adalah gangguan kesehatan yang umum menyerang anak-anak. Bahkan menurut penelitian, 3 dari 4 anak pernah mengalami infeksi telinga sebelum usia mereka menginjak 3 tahun. Resiko tertinggi infeksi telinga terjadi pada si kecil yang berusia 6 hingga 18 bulan. Gangguan kesehatan pada organ pendengaran ini biasanya terdeteksi setelah bayi mengalami pilek dan sakit tenggorokan. Bayi yang mengalami infeksi telinga, cenderung merasa tidak nyaman dan sakit di bagian telinganya, yang sering ditandai kebiasaan si kecil yang suka menarik-narik daun telinganya.

Infeksi Telinga

Infeksi Telinga

Telinga terdiri atas 3 bagian, yaitu :

  • Telinga Luar

    meliputi cuping telingan dan saluran telinga luar

  • Telinga Bagian Tengah

    yaitu sisi dalam gendang telinga yang dihubungkan dengan tenggorokan oleh saluran eustachius

  • Telinga Bagian Dalam

    berisi syaraf yang dapat mendeteksi suara. Infeksi telinga tengah (Otitis media) biasanya terjadi karena infeksi virus atau bakteri di telinga bagian tengah. Jika tidak ditangani segera, infeksi bakteri dapat menjadi penyebab infeksi telinga akut.

Gejala infeksi telinga pada bayi

Gejala yang mungkin muncul adalah demam, sering mengantuk, kehilangan nafsu makan, mual atau muntah, sakit kepala, dan kehilangan keseimbangan. Bayi yang masih kecil mungkin menarik-narik telinga atau memasukkan jarinya ke lubang telinga yang terinfeksi.

Terkadang, infeksi telinga bagian tengah tidak menunjukkan gejala khusus, namun membuat si kecil sering merasa telinganya sakit, atau merasakan tekanan atau sensasi penuh di telinganya. Bayi yang terinfeksi mungkin akan sering menangis terutama pada malam hari ketika ia sedang berbaring.

Pada kondisi yang lebih parah, infeksi telinga dapat menyebabkan gendang telinga pecah atau berlubang dan disertai keluarnya darah. hal ini dapat meredakan telinga yang tertekan karena infeksi telinga. Dan Gendang telinga yang sudah mulai rusak, akan segera pulih secepat mungkin.

Akibat infeksi telinga pada bayi

Infeksi telinga bisa menyebabkan gangguan pendengaran sementara. Infeksi yang berulang bisa menyebabkan terbentuknya cairan tebal seperti lem pada telinga bagian tengah. Hal ini biasanya dikaitkan dengan gangguan pendengaran yang menyebabkan masalah perilaku, bahasa, dan pendidikan.

Untuk mengatasi infeksi telinga, berkonsultasilah dengan dokter pada awal terlihatnya gejala-gejala di atas. Bahkan setelah si kecil sembuh, ayah dan bunda sebaiknya tetap membawa si kecil ke dokter sesekali untuk memastikan infeksi di telinganya sudah benar-benar bersih dan tidak ada tanda-tanda terbentuknya cairan seperti lem yang disebutkan di atas.

Infeksi Telinga

Infeksi Telinga

Penanganan infeksi telinga

Dokter yang menangani infeksi telinga biasanya tidak meresepkan antibiotik, kecuali bila gejala infeksi berlangsung selama lebih dari 24 jam. Sebagian besar anak akan membaik setelah beberapa hari diberi antibiotik, namun tetap lanjutkan pengobatan sampai selesai. Menghentikan pengobatan sebelum tuntas bisa membuat infeksi timbul kembali. Kadang-kadang dokter ingin memeriksa kembali kondisi bayi setelah sembuh, untuk melihat apakah infeksi sudah benar-benar bersih.

Anak yang mengalami infeksi telinga berulang-ulang atau bila sudah timbul cairan seperti lem di telinga membutuhkan penanganan dan konsumsi antibiotik yang lebih lama. Terkadang dilakukan penyisipan grommet, yaitu tabung ventilasi khusus yang berfungsi mencegah cairan terkumpul di sisi dalam gendang telinga dan mempertahankan pendengaran. Memasukkan grommet ke telinga adalah prosedur yang umum dan dilakukan dibawah anestesi.

Pencegahan infeksi telinga

Sampai hari ini belum ditemukan cara mencegah infeksi telinga. Akan tetapi ada beberapa hal yang disebut-sebut memiliki hubungan dengan meningkatnya resiko infeksi telinga pada anak, yaitu orang tua yang merokok, anak yang mengkonsumsi susu formula (bukan ASI), dan interaksi dengan anak lain yang mungkin menderita infeksi telinga.

Bila si kecil mengalami infeksi telinga, atau bila ayah dan bunda menemukan bahwa pendengaran si kecil sepertinya terganggu, lakukan monitoring terus menerus dan mintalah pertolongan medis segera. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran yang lebih serius.

Ciri-Ciri Infeksi Telinga. Beberapa gejala pada infeksi telinga ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut :

  • Nyeri yang konstan pada telinga. Intensitas nyeri yang timbul tidak selalu sama. Hal ini tergantung pada keparahan infeksi yang terjadi.
  • umunya akan memicu demam, baik itu demam ringan maupun demam sedang
  • fungsi pendengaran yang selalu menurun dan akibatnya akan mengalami ketulian yang mendadak
  • Pada infeksi yang parah dapat mengeluarkan cairan nanah dan mengeluarkan bau yang menyengat
  • Gejalanya disertai dengan sakit kepala dan pusing
  • Lemah dan lelah biasanya terjadi pada anak kecil

Tahapan pengobatan yang dilakukan adalah :

  • dokter THT mendiagnosa dengan cara melihat liang telinga dengan kamera khusus yang dimasukkan ke dalam liang telinga dan nampaklah bintik-bintik warna hitam yang menggerombol, itulah si jamur nakal yang mengganggu.
  • Kemudian disuruh berbaring diberi obat tetes telinga khusus anti jamur dan diambillah jamurnya dengan cara disedot menggunakan alat. Seketika perasaan plong yang dirasakan.
  • Liang telinga diberi salep anti jamur, sedikit perih ketika dioleskan karena liang telinga yang lecet.
  • Dokter THT memasukkan kapas ke dalam liang telinga dan dibiarkan tanpa mengambil si kapas kembali.
  • Kemudian dokter meresepkan obat minum sebanyak 3 jenis yaitu obat anti bengkak, antibiotik dan anti gatal. Setelah 2 hari kemudian dr. Adriana, Sp.THT, M.Si.Med menyuruh untuk kontrol lagi tanpa melepas.
  • Setelah 2 hari kontrol, jamur tidak muncul kembali. Namun, liang telinga masih sedikit lecet karena masih terlihat merah. dokter THT mengoles salep jamur dan menyumpal liang telinga kembali agar liang telinga benar-benar dalam keadaan kering (hilang lembabnya).
  • Setelah 2 hari kapas boleh dilepas sendiri tanpa harus ke dokter dan sembuhlah penyakit telinga berjamur ini.
  • Cara merawat telinga yang tepat agar telinga senantiasa sehat dan terhindar dari infeksi. Telinga merupakan organ tubuh yang punya peranan penting di kehidupan kita.
  • Karena strukturnya yang berlubang, tentunya telinga mudah sekali kotor. Lalu, bagaimana cara merawat telinga yang benar?Dibawah ini adalah struktur dari susunan telinga, mulai dari telinga luar sampai telinga dalam.
  • Setelah mengetahui bentuk dan struktur telinga, sobat juga perlu tahu tentang bagaimana cara merawat telinga dengan baik dan benar.

Cara Merawat Telinga

Mengorek telinga dengan cuttonbud tidak akan mengeluarkan kotoran dalam telinga, tetapi malah akan mendorong kotoran tersebut masuk lebih dalam ke telinga sobat. Telinga mempunyai mekanisme tersendiri yang membuat kotoran di dalamnya keluar dengan sendirinya. Cottonbud hanya cocok membersihkan sela-sela bagian luar daun telinga sobat saja.

Infeksi Telinga

Cara Merawat Telinga Balita

  • Tak perlu terlalu bersih saat membersihkan telinga            

Untuk merawat kebersihan telinga sobat, ternyata sobat tidak perlu membersihkannya terlalu bersih. Terutama lapisan minyak alias serumen yang ada di bagian telinga. Meskipun terasa lengket dan menjijikkan, serumen tersebut bermanfaat untuk mengikat debu atau serangga kecil yang berusaha memasuki lubang telinga sobat.

Serumen itu lama kelamaan bakal mengering dengan sendirinya dan keluar menjadi kotoran telinga. Bila ingin membersihkan, cukuplah melakukan sebanyak 1 minggu sekali saja. Sobat dapat membilas dengan air bersih ketika mandi. Itu pun jangan terlalu sering. Sebab bila telinga terlalu kering malah akan membuat sobat lebih mudah terkena iritasi dan menyebabkan infeksi telinga yang kronis.

  • Gunakan eardrop                                                                              

Sebelum tidur yang menyebabkan telinga berdekatan dengan bantal yang umunya terdapat debu, bersihkan terlebih dahulu. Perisksalah terlebih dahulu, jangan sampai ada serangga maupun debu yang masuk kedalam telinga. Bila anda takut akan kotoran yang akan masuk ke dalam telinga, gunakan eardorp untuk membersihkannya.

  • Terapi lilin                                                                                        

Sudah sangat banyak sekarang yang menyediakan jasa terapi  lilin. Bila anda merasa jika pada telinga anda sudah menumpuk kotoran, anda hanya perlu pergi ke klinik terapi yang menyediakan jasa ear candle. Karena terapi lilin ini sangat membantu untuk menghilangkan kotoran yang ada pada telinga. Bila anda sudah paham akan alurnya terapi lilin, anda tinggal hanya melakukannya di rumah saat weekend.

  • Jangan pernah menggaruk telinga saat gatal                          

Eksis atau psoriaris meruapakan penyebab besar adanya rasa tidak nyaman pada telinga. Anda sangat tidak di anjurkan untuk menggaruknya. Karena, hal tersebut hanya akan membuat telinga menjadi iritasi saja, apalagi yang terkena adalah infeksi telinga pada balita. yang anda butuhkan ialah penanganan yang tepat dan benar yang di lakukan oleh dokter profesional.

  • Kurangi penggunaan earphone atau headset                              

Menurut penelitian Huggonet, penggunaan headphone yang terlalu sering dan suara yang keras akan mempengaruhi telinga anda. kurangnya kepekaan maupun terlalu sensitif dengan suara bisa saja terjadi karena hal tersebut.

Oleh karena itu penggunaan headdphone haruslah anda kurangi banyak-banyak pada keseharian anda.Usahakan anda maksimal menggunkan headphone hanya @ jam dan lalu anda harus mengistirahatkannya selama 6 jam. Bila anda terlalu sering menggunakan headphone, kotoran yang berada di telinga anda malah akan susah keluar dan akan mengakibatkan infeksi telinga bengkak.

  • Periksa ke dokter secara rutin                                                          

Jika anda ingin melakukan perawatan, anda hanya tinggal membawanya ke dokter spesialis untuk memeriksanya. Namun bagi sobat yang telinganya tidak bermasalah, usahakan untuk melakukan perawatan sendiri yang sederhana di rumah seperti yang telah kami jabarkan di atas.

Sobat juga bisa membersihkan bagian luar daun telinga dengan kapas atau cottonbud yang telah dibasahi baby oil. Untuk rongga luar telinga, anda bisa menggunakan cara diatas. Namun ingat, anda tidak perlu terlalu sering, karena hal itu hanya akan membuat telinga bisa iritasi saja.

 

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!