Mengajari anak tentang warna

Bagikan Info ini ke temanmu

Mengajari anak tentang warna

Mengajari anak warna harus secara bertahap bertahap dan bisa dimulai sejak masih bayi.

Kenalkan anak dengan warna dasar lebih dulu seperti merah, kuning, hitam, biru, hijau dan putih habis itu warna yang lebih muda

Berikut ini cara mengenalkan anak tentang warna2 :

Kenalkan warna merah pada anak dengan memegangkan buah berwarna merah atau bisa juga benda yang memiliki warna merah sehingga anak akan memegang, dan juga memanipulasi benda tersebut.

Mengenalkan anak dengan warna2 yang ada dipakaiannya sehingga anak pun bisa mengingat ataupun menghayati warna tersebut.

Menyanyikan lagu anak2 juga bisa dilakukan, dengan cara menunjukkan gambar yang sesuai dengan lagu yang sedang dinyanyikan.sehingga anak dapat mengingat dengan mudah.

 

Anak usia 2 tahun suka sekali menyebut berbagai warna lain. Dan anak pada usia 2,5 tahun secara bertahap dapat mengembangkan membedakan gradasi warna  dan mengenali warna gelap maupun pastel.

Anda juga harus bersabar saat mengenalkan warna pada anak .dan anak pada usia 3 tahun lebih mahir dalam mengenal warna.

Kemampuan anak dalam mengingat dan menyebut warna sangat tergantung dengan kemampuan mengingat maupun bicaranya. Dan saat belajar berikan jawaban salah atau benar saat anak menjawab pertanyaan yang anda berikan.

Ciri ciri balita mengidap buta warna

Kelainan yang disebabkan ketidakmampuan sel kerucut pada retina mata dalam menangkap spektrum warna disebut dengan Buta Warna. Pada balita hal ini sulit untuk dikenali karena balita belum lancar dalam berbicara, berbeda dengan orang dewasa yang gejalanya mudah dikenali.kelainan ini memang tidak berbahaya tapi kita harus tahu gejala2nya.penting sekali bagi kita mengenali ciri2 penderita buta wana.

Berikut ini ciri2 balita penderita buta warna atau tidak

 Apabila anak anda salah dalam menyebutkan warna benda yag dilihatnya.Ciri umum adalah dimana penderita buta warna akan salah menyebutkan warna benda yang dilihatnya dan mereka merasa warna itu sama atau terlihat putih ataupun hitam. warna yang sering salah disebutkan adalah merah,hijau dan biru selain itu warna2 muda seperti merah muda,hijau muda maupun biru muda.

Saat mewarnai gambar anak akan menggunakan warna yang salah. Warna hijau yang sehrusnya untuk daun diberi warna putih dan abu2 ia gunakan untuk mewarnai gambar air laut yang seharusnya warna biru.ini disebabkan karena retina anak yang tidak bisa menangkap spektrum warna.dan saat anak melihat warna merah atau hijau pada gambar akan merasa sakit kepala dan sakit mata.

Pada malam hari penderita buta warna penglihatannya akan lebih tajam. Karena sel batang retina pada matanya hanya sensitif terhadap warna hitam,abu2 dan putih . beda dengan sel kerucutnya yang sensitif jika menangkap spektrum warna2 lain.

Faktor keturunan bisa juga menjadi anak buta warna.buta warna juga tidak menyebabkan kematian jadi sebagai orang tua anda tidak perlu khawatir atau panik jika anak anda mengalami buta warna berdasarkan ciri2 diatas. Tes Ishihara dapat anda lakukan agar tahu secara lebih jelas.untuk menghindari anak tidak minder orang tua tidak boleh mendiskriminasi dari anak2 lainnya dan orang tua harus sabar serta menyayangi anak anda dan tanamkan pada anak anda bahwa buta warna tidak membuat perbedaan dengan anak lainnya.

Dapatkah buta warna pada anak2 diobati?

Umumnya mengenali dan menyebutkan warna dengan benar sejak usia anak 3 tahun.karena usia itu anak mulai suka menggambar dan menambahkan warna di gambarnya.

pertanyaannya bisakah buta warna diobati?

bagaimana ciri anak tidak mengenali warna?

Adakah anak kemungkinan menderita buta warna?

Faktor keturunan mayoritas dapat menyebabkan anak buta warna sehingga sejak dini anak bisa terdeteksi. Memeriksa anak kedokter spesialis mata dapat dilakukan jika orang tua merasa  ada yang berbeda pada anaknya.

Agar tumbuh kembang anak tidak mengalami masalah.

Apakah buta warna pada anak bisa diobati atau tidak? Kita harus lihat penyebabnya dulu jika faktor keturunan sampai sekarang belum ditemukan cara mengobati ataupun penyembuhannya.

Orang tua yang harus bisa menangani masalah ini dengan tepat, agar anak juga kekurangan yang dialami dan cara mengatasinya dan perkembangan anak tidak akan terpengaruh suatu saat nanti.

Melakukan tes buta warna pada anak

Saat usia 2-3 tahun anak akn mulai mengenal warna dengan benar dan juga belajar untuk berbicara,serta menyebutkan warna2 benda yang disekitarnya.waspadalah jika anak anda menyebutkan warna yang salah bisa saja anak anda mengalami defisiensi warna.

Agar itu tidak terjadi ajarkan anak mengenali warna dengan benar agar anak anda bisa memahaminya. Jika anak anda tetap salah dalam menyebutkan warna padahal usianya sudah bertambah maka kecenderungan defisiensi warna semakin besar.

periksalah anak anda ke dokter agar anda bisa tahu cara menanganinya. Karena pergi ke dokter adalah saran yang baik yang bisa dilakukan.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!