Mengajari anak untuk disiplin waktu

Bagikan Info ini ke temanmu

Mengajari anak untuk disiplin waktu

Melatih kedisiplinan waktu pada anak (usia 5 – 12 tahun)

pada anak (usia 5-12 tahun) melatih dan mengajarkan kedisplinan waktu bisa dibilang mudah namun butuh ketekunan dan konsentrasi dari orang tua yang memberikan contoh kepada anaknya.bisakah orang tua mengajarkan anak disiplin waktu secara efektif ?

seperti mengajarkan anak bagaimana mengatur waktu. Dan secara dini ajarkan anak bagaimana agar bisa mengerti waktu.

Satu langkah awal adalah membuat anak agar bisa mengatur waktu dan juga membaca waktu sendiri. Mengenalkan angka dalam jam dapat menjadi keuntungan karena anak akan lebih bertanggung jawab dan disiplin karena anak sudah mengerti akan menghitung waktu dan pentingnya waktu.

Saat anak ingin makan es krim atau cemilan katakan kalau dia dapat mendapatkannya saat jam 4 sore. Setelah itu beritahukan anak kapan dia boleh mendapatkan es krim dengan menunjukkan angka 4 di jam dinding.

Dengan ini dapat mengajarkan anak dalam kesabaran.sehingga saat anak meminta sesuatu hal lain maka anak pun akan tahu dengan sendirinya bahwa aktifitas itu dilakukan diwaktu yang berbeda.

Menentukan prioritas juga merupakan cara mengajarkan anak( usia 5-12 tahun) untuk melatih disiplin waktu.mengajarkan prioritas pada anak membuat anak bisa membagi waktu diantara aktifitas2 yang lain.

sehingga anak pun bisa belajar menghabiskan waktu dan cara mengurangi aktifitasnya.prinsip hadiah juga dapat digunakan.anak perbolehkan menonton televisi sampai waktu tidur asalkan anak selesai mengerjakan pekerjaan rumah.

Jika anak menonton lebih dulu berikan batasan waktu untuknya .berikan juga saran pada anak jika anak memikirkan dua hal yang berbeda maka mintalah anak menyelesaikan yang utama lebih dulu dan jangan lupa jelaskan pula keuntungan dari dua pilihan yang selalu ada pada anak agar anak dapat memahami hal ini sampai nanti membuat keputusannya sendiri.

Terakhir ,melibatkan kesenangan dalam melatih kedisiplinan waktu pada anak (5-12 tahun) juga harus selalu anda ingat.berikan juga penjelasan pada anak bahwa mengatur waktu adalah hal yang menyenangkan sehingga anak akan belajar mengerti keseimbangan antara tanggung jawab dan kesenangan.

Disiplin adalah salah satu kunci kesuksesan dalam hidup, ada 10 tips mengajarkan kedisiplinan pada anak

mendidik anak sejak usia dini adalah salah satu tugas utama untuk mengembangkan kedisiplinan.ketika anak mengganggu,merusak dan tidak mengikuti intruksi dan juga saat anak tidak dapat mengendalikan apa yang mereka katakan dan lakukan orang tua harus sering mengingatkan.karena anak muda sangatlah impulsif.

Belajar disiplin adalah bagian solusi untuk anak muda mengendalikan rasa impulsif. Yang memperparah level impulsif adalah anak yang memiliki ADHD atau juga faktor biologis.untuk mengatasi tantangan hidup aset yang paling luar biasa adalah disiplin . kontrol diri dapat mengendalikan atau dapat menghindari seseorang yang begitu banyak masalah.

Beberapa saran untuk mengajarkan anak untuk disiplin

Mengajari anak untuk segera datang saat dipanggil orang tua

Mintalah anak segera datang saat dipanggil bukannya berteriak saat dirumah,taman bermain maupun tempat parkir.

Mintalah anak untuk merespon secara positif

karena banyak anak  yang diingatkan dan menanggapi  negatif  baik secara agresif (kemarahan) atau pasif ( sikap buruk). Mintalah anak anda untuk merespon kita dengan sikap yang baik ataupun sopan. Jadi agar anak anda bisa lebih disiplin dan juga dapat membantu mengendalikan dorongan keinginannya.

Jadi ini adalah cara mengahadapi anak2 anda yang nakal, susah diatur ataupun bandel

Sosok figur ayah untuk kecerdasan anak sangat penting

Untuk pendidikan anak orang tua juga harus menyiapkan dana pendidikan.

Untuk melihat bakat dari anak anda yang beragam ,sebagai orang tua harus membimbing potensi anak anda.

Keterampilan sosial sudah pasti membutuhkan kedisiplinan

Saat anak anda bisa disiplin pujilah mereka,disiplin diri juga dibutuhkan saat mendengarkan,mengetahui dan bagaimana cara berbicara ,agar bisa mengendalikan amarah.

Membangun kedisiplinan juga membutuhkan dorongan dari orang tua

Contohnya : olahraga,membuat origami,bertanggung  jawab merawat hewan peliharaan,menghafalkan kitab suci,ruangan yang selalu bersih kursus baha asing dan kegiatan lainnya. Ini juga membutuhkan kedisiplinan.

Memberikan imbalan edukatif pada anak

Memberikan tanda bintang  atau pujian saat mereka dapat menyelesaikan pekerjaan atau tugas mereka tanpa disuruh. Contoh “ wah,, kamar kamu bersih sekali, bagus sekali nak ibu bangga sama kamu” ataupun yang lainnya.

Tepat waktu saat akan tidur

Mengajari anak agar tepat waktu saat akan tidur juga merupakan disiplin waktu. Seperti mengatur jam tidurnya yaitu jam 20.00 malam. Selain itu mengatur hal2 untuk esok juga bisa berpengaruh pada keteraturannya.

Berikanlah anak rutinitas

Memberikan rutinitas pada anak  dapat juga memberikan anak peluang  untuk belajar bertanggung jawab maupun disiplin. Seperti bangun pagi dan sarapan tepat waktu . dan mintalah anak untuk memilih pakaian sendiri yang dia suka saat dirumah.atau juga melipat bajunya sendiri bisa juga diajarkan sejak dini.

Katakan tidak kepada anak

Contoh saat anak bertemu orang yang tidak dikenal dan anak anda diajak pergi mintalah anak untuk mengatakan tidak. Dan juga saat anak ingin melakukan yang tidak baik katakan kata tidak padanya dan berikan penjesan kenapa anda merangnya melakukan itu agar anak anda tidak salah pengertian.

Berikanlah anak anda untuk berpendapat

Contohnya seperti saat memasak makanan membeli barang sederhana mintalah anak untuk memberikan pendapatnya, karena anak juga membutuhkan eksistensi dalam menentukan batasannya sehingga anak bisa mengeluarkan pendapatnya kepada anda . tapi tidak semua pendapat anak harus diterima .

Katakan maksud anda dengan jelas

Maksudnya saat anak anda ingin bermain katakan dia harus pulang jam 12 tidak boleh telat.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!