Mengajari anak untuk membaca Al-Qur’an

Bagikan Info ini ke temanmu

Mengajari anak untuk membaca Al-Qur’an

Mengajari anak mengaji juga sangat penting dilakukan oleh orang tua. Tapi sebelum mengajarkan anak untuk mengaji kita sebagai orang tua juga harus memulainya dari diri kita sendiri karena apa yang kita lakukan dilihat oleh anak.

Jika kita sebagai orang tua mengaji didepan anak sudah bisa dipastikan bahwa anak akan mencontohnya sehingga saat anak di ajarkan mengaji jadi lebih mudah dan jika anak kita masih bayi atau balita kita dapat memperdengarkan secara rutin Ayat-Ayat Suci Al-Qur’an maka hasilnya anak akan suka mengaji. Karena orang tua bisa disebut sebagai pusat pendidikan yang baik untuk anak2nya.

Mengajarkan anak mengaji dapat dilakukan ketika masih didalam kandungan. Maka sejak dini atau balita kita sebagai orang tua harus mengajarkan anak mengaji karena mengajarkan anak mengaji huruf Hijaiyah tidak mudah dengan mengajarkan anak dengan huruf umum seperti ABCD .

Agar anak suka mengaji atau pun membaca Al-Qur’an kita dapat  memperkenalkan anak dengan Ayat-Ayat Al-Qur’an sejak awal melalui pembelajaran secara manual seperti mengajarkan anak secara langsung  atau dengan melalui media suara seperti musik.

Manfaat dari mengajarkan anak mengaji tidak hanya mengenal tentang huruf hijaiyah tetapi anak anak akan mendapatkan banyak ilmu seperti pengenalan bahasa arab, sejarah islam, dan juga mendapatkan nilai2 keislaman dalam kehidupan sehari2. Sehingga sebagai orang tua kita harus bisa membuat anak kita mau belajar mengaji maupun membaca Al-Qur’an.

Dibawah ini tips mengajarkan anak mengaji atau membaca Al-Qur’an :

Mengatur waktu untuk mengaji

Mengatur waktu untuk anak mengaji harus dilakukan agar tidak terbentur dengan waktunya bermain ataupun beristirahat. Dan jangan memaksa anak dengan berlebihan agar anda dan anak tidak bertengkar .

Maka aturlah jadwal anak anda dengan sebaik2nya dan tidak lupa beri penjelasan pada anak mengenai jadwal yang akan dilaksanakan. Seperti jadwal anak bermain, istirahat, belajar, makan, mandi dan aktifitas lainnya.

Memberikan penjelasan pentingnya mengaji pada anak

Memberikan penjelasan pada anak tentang pentingnya mengaji dengan jelas dan padat. Dan agar anak meluangkan waktunya untuk mengaji dan melakukan ibadah2 yang lainnya.

Mengajak anak untuk berkomunikasi dan bertukar pendapat atau fikiran agar mendapat masukkan mengenai pendapat anak mengenai sesuatu yang kamu hinggakan. Sehingga anak  pun bisa mengeluarkan pendapatnya pada anda dan anak akan merasa di hargai.

Orang tua yang teladan

Keteladanan orang tua akan ditiru oleh anak. karena anak adalah peniru yang baik dan apa saja bisa ditirunya. Sehingga apa pun yang dilakukan orang tua anak akan mengikutinya sehingga kita sebagai orang tua harus bisa menjaga tingkah laku kita didepan anak. saat kita ingin menanamkan kebiasaan baik kita harus mencontohkannya terlebih dahulu pada anak.

Al-Qur’an pilihan

Memperdengarkan anak dengan lantunan Al-Qur’an misalnya mendengarkan Murattal dan mendekatkan anak dengan orang2 yang suka mengaji atau membaca Al-Qur’an. Menjelaskan pada anak apa saja kelebihan dari orang2 yang suka membaca Al-Qur’an.

Konsisten dan kedisiplinan

Membiasakan dan mengajarkan anak mengaji dengan konsisten dan disiplinan. berikanlah rangsangan atau motivasi pada anak saat anak sedang tidak mood sehingga ia mau membaca Al-Qur’an. Lakukan pembelajaran dengan suasana yang santai dan tak memberatkan anak.

Belajar mengaji dengan kreatif dan sabar

Saat anak masih belum bisa mengaji dengan lancar anda harus tetap mengajarkannya dengan berangsur2 dan sabar. Anda juga dapat menggunakan tutorial2 untuk membimbing anak karena sekarang sudah banyak  media pembelajaran yang beragam. Sehingga dengan cara ini anak tidak jenuh karena menggunakan metode pelajaran yang variatif.

Memberikan apresiasi

Memberikan apresiasi dapat anda berikan ketika anak anda dapat mengaji dengan baik atau melakukan sesuatu yang baik. Dan anda tidak harus memberikan anak hadiah, karena apresiasi yang dimaksud adalah sesuatu yang bersifat tulus dan juga menentramkan. Sehingga anak akan termotivasi untuk melakukan hal2 yang baik lagi.

Menanamkan karakter pada anak dapat membangun karakter anak sampai dewasa. Sehingga dari sekarang kita harus bisa melatih atau pun mengajarkan pada anak kebiasaan2 baik seperti mengaji mulai dari sejak dini, apalagi saat kita ingin mengajarkan anak mengaji harus dengan keseriusan,dan kesabaran.

Sebelum kita mengajari anak untuk mengaji ada baiknya kita sebagai orang tua juga harus bisa mengaji lebih dulu. Karena orang tua adalah guru yang baik untuk anak. mengajari anak menanamkan kebiasaan baik pada anak wajib dari hati,Bukan dengan paksaan atau pun mendzolimi hak anak.

 

download dalam bentuk PDF klik link ini :

Mengajari Anak Untuk Membaca Al-Qur’An by Anonymous uQQsee on Scribd


 

Semoga cara diatas dapat membantu anda untuk mengajarkan anak anda mengaji….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!