Mengajari anak yang hiperaktif

Bagikan Info ini ke temanmu

Mengajari anak yang hiperaktif

Mendidik anak yang hiperaktif / autis membutuhkan cara yang ampuh

Biasanya anak yang cenderung hiperaktif / autis sering melakukan kegiatan yang berganti2 dan terlihat tidak mudah lelah berbeda dengan anak yang lainnya.

Anak yang hiperaktif cenderung memiliki masalah akan perilakunya seperti sulit untuk mendengarkan ataupun mengikuta aturan yang ada. Dan disekolah mereka cenderung memiliki prestasi yang bisa di bilang buruk.

Dan anak yang hiperaktif sering membuat oarang tua merasa kewalahan untuk mengikuti semua kegiatan yang anak mereka lakukan apalagi saat berada di tempat terbuka.

Apalagi orang2 sering bilang kalau anak yang hiperaktif adalah anak yang bandel, nakal ,sulit diatur ,keras kepala dan lain2. Apalagi saat berada ditempat terbuka seperti taman bermain.

Anak yang hiperaktif selalu mendapat perilaku buruk dari orang disekitarnya, berbeda dengan anak yang tidak memiliki sifat hiperaktif yang mendapat perlakuan sebaliknya dari orang disekitarnya.

Memahami kondisi anak yang mengalami kesulitan mengontrol perilakunya adalah tugas dari orang tua itu sendiri.

19 Cara mengatasi dan mendidik anak yang hiperaktif

Makan anak yang masuk harus diperhatikan

Memperhatikan makan yang masuk pada anak juga sangat penting agar menghindari dari keracunan makanan

karena makanan yang mengandung protein susu sapi (kasein) ataupun protein tepung terigu (glutein) bisa menyebabkan dampak buruk bagi anak seperti pingsan dan tidak bisa diam.karena kedua unsur itu tidak bisa dicerna oleh tubuh.

sehingga dapat menyebabkan proses akumulasi apioid atau substansi sejenis morfin (dikenal sebagai dermophin) di dalam tubuh.dan bisa membuat anak suka mengamuk,hiperaktif,tidak bisa tenang,dan juga membuat anak sulit berfikiran logis.

Jadi sebagai orang tua harus memberikan asupan gizi pada anak.menghindari makanan ringan,gorengan,tinggi gula dan garam,junk food dan semacamnya juga penting. Dan berikanlah anak sayuran dan buah.

Dan batasi juga anak anda makanan yang mengandung gula atau karbohidrat tinggi.bisa juga menghindari penyedap rasa,pemanis maupun pewarna buatan.dan penuhi juga kalsium dan magnesium seperti sayur-mayur,kacang2andan juga biji2an.karena anak hiperaktif membutuhkan gizi yang lebih.

Memberitahu lingkungan sekitar tentang anak anda

Memberitahu kondisi anak pada orang2 disekitar bisa membantu orang lain untuk lebih nyaman saat berada di sekitar anak anda. karena sudah tau akan kondisi anak dan juga cara menghadapinya jika anda sedang tidak disekitarnya.

Melatih anak untuk mendengarkan orang lain

Melatih anak yang memiliki kecenderungan hiperaktif untuk mendengarkan orang lain sangat diperlukan karena anak yang hiperaktif biasanya kurang mendengarkan apa yang dikatakan orang lain dan karena itu anak sering mendapatkan perlakuan buruk dari teman2nya dan dijauhi.sehingga pergaulannya dengan temannya akan sangat berkurang

Memberikan lingkungan sosial yang baik untuk anak anda

Seperti mempertemukan anak anda dengan anak teman atau tetangga anda agar anak anda bisa berinteraksi sosial dengan teman seusianya.karena jika tidak anak akan kesulitan dalam menjalin hubungan dengan teman2 disekitarnya dan psikologisnya terganggu sehingga anak akan merasa terisolas,tidak percaya diri dan tidak bahagia.

Memberikan perhatian dan kasih sayang pada anak

Mempunyai anak yang memiliki kecenderungam hiperaktif/autis orang tua harus lebih bersabar dan memberikan perhatian lebih padanya. Yang menyebabkan anak hiperaktif adalah orang tua yang kurang perhatian pada anaknya.memberikan kasih sayang adalah cara mengatasinya.

Memberikan aktifitas pada anak

Memberikan aktifitas pada anak juga bisa membantu seperti memberikan latihan2 pada anak dan bisa juga latihan meningkatkan konsentrasi anak yang hiperaktif. contohnya : menangkap,menendang dan memasukkan bola, bisa juga kegiatan mewarnai dan menyusun lego atau puzzle dapat menjadi pilihan dan memberikan pertanyaan juga bisa anda lakukan.

Yang paling penting adalah sesuai dengan usia anak anda dan tidak ada paksaan saat melakukannya agar anak tidak merasa terkekang.

Kesabaran dan semangat dalam mengajarkan anak hiperaktif

Karena anak hiperaktif tidak bisa diam dan sering melakukan hal2 lain . sehingga orang tua harus bersabar dalam mengajarkan anak seperti memberi batasan anak saat berada diluar ruangan dan menyuruhnya untuk diam saat berada pada tempat yang membutuhkan ketenangan ataupun saat anak makan.

Dengan membiasakan anak hiperaktif untuk bersikap baik dan sopan akan mengurangi sifat hiperaktifnya jadi karena itulah kesabaran orang tua dibutuhkan.

Memilihkan sekolah untuk anak

Memilihkan sekolah anak juga bisa jadi pilihan orang tua apalagi sekolah yang baik untuk anak bisa menentukan perkembangan sifatnya nanti. Karena jika salah dalam memilih sekolah maka bisa mengakibatkan moral anak rusak. Sehingga bisa dibilang pendidikan itu penting.

Tidak memodifikasi jadwal anak

Karena anak hiperaktif tidak suka dengan variasi2 yang kita lakukan karena mereka lebih suka variasi yang sama atau yang menjadi kebiasaannya.

Memilih gaya belajar anak yang tepat

Karena beberapa anak dapat menyerap informasi ataupun belajar dengan hanya mendengarkan saja dan ada juga yang dengan gaya belajaar visual.karena belajar bisa dengan media gambar dan orang tua maupun guru harus tahu gaya belajar anak tersebut. Agar mereka lebih mudah memahami informasi yang kita berikan.

Gunakan bahasa sederhana pada anak

Dalam berkomunikasi pada anak gunakanlah bahasa yang sederhana dan mudah di cerna anak seperti mengunakan kata2 atau kalimat yang pendek.karena anak bisa bingung dan frustasi kalau kita langsung menggunakan kalimat yang panjang saat berkomunikasi dengannya.

Mengajarkan anak menulis dengan baik

Anak autis kemampuan motoriknya biasanya mengalami masalah.sehingga guru maupun orang tua harus mengajarkan anak agar menulis dengan rapi dan baik secara perlahan.karena kemampuan anak yang motoriknya lemah tidak bisa menulis dengan rapi karena ia kesulitan dalam mengendalikan tangan. Selain itu motivasi dari orang tua,guru dan teman2nya sangat dibutuhkan untuk membantu agar anak autis bisa menulis dengan rapi dan baik.

Mengenali bakat anak sejak dini

Beberapa anak autis memiliki bakat beragam sehingga orang tua harus bisa mengenali bakat anak dari sekarang.karena anak autis sedikit lambat dalam berkomunikasi dan belajarnya. Sehingga orang tua dan guru harus memahaminya. Karena banyak anak autis yang menonjol dalam bakat karya seni.

Untuk mencegah strees pada anak biasakan anak man di tepat waktu di pagi maupun sore hari.

Mengajarkan anak mengatur nafas saat ia dalam kondisi sedang emosi. Seperti mengambil nafas dalam2 dan membuangya perlahan.

Memberikan stimulasi fisik pada anak juga membantu seperti pijatan lembut ibu pada anak.

Mengatur pencahayaan yang redup karena anak hiperaktif butuh sekali ketenangan di dalam ruangannya.

Sering melakukan aktivitas secara rutin setiap hari agar anak tahu apa yang mereka inginkan.

Menghindari makanan maupun minuman yang mengandung gula tinggi ,pewarna dan pengawet.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!