Mengobati Anak Yang Sakit Telinga

Bagikan Info ini ke temanmu

Mengobati Anak Yang Sakit Telinga

Anak balita memang rentan terserang berbagai penyakit, termasuk virus dan juga infeksi telinga. Apalagi di cuaca yang kurang bersahabat seperti saat ini, setiap minggu anak hampir selalu terserang sakit. Sebagai orang tua kita harus bisa menjaga kesehatan anak kita.

Saat anak mengalami  sakit kita sebagai orang tua akan merasa khawatir. Apalagi saat anak sakit di bagian pendengaran atau daerah telinga. Ini bisa terjadi Karena pada bayi dan juga anak kecil posisi tuba eustachian yang menghubungkan area antara gendang telinga dan daerah bagian belakang hidung masih membentuk sudut horisontal atau garis lurus.

Jika pada orang dewasa sudut tersebut sudah miring atau diagonal atau pun sudah agak vertikal. Sehingga cairan yang masuk lebih mudah dan mengendap pada anak – anak.

Anda dapat mengatasi sakit telinga pada anak dengan cara yang lebih alami atau tradisional untuk mengurangi efek samping dari bahan kimia.

Di bawah ini cara – cara untuk mengobati infeksi telinga pada anak yaitu :

Menunggu dan mengamati

Menunggu dan mengamati atau memantau kondisi pada infeksi ringan dari pada langsung meminum obat antibiotik. Karena kebanyakan dokter akan menunggu selama 24 – 48 jam bahkan bisa sampai 72 jam untuk melihat perkembangannya.

Menggunakan Irisan Bawang

Walau pun kedengarannya agak aneh tapi bawang ini mengandung zat antimikroba yang bisa digunakan untuk mengurangi infeksi. Yaitu dengan cara memotong bawang merah menjadi dua bagian lalu rendam di air hangat hingga bawang merah menjadi empuk. Setelah itu bungkus bawang merah dengan kain dan letakkan di telinga anak selama anak anda tahan dengan hal tersebut.

Menggunakan Minyak Bawang Putih

Dalam bahan bawang putih memiliki zat antiperadangan yang mampu untuk meredakan rasa sakit dan juga melawan infeksi. Dengan cara meneteskan minyak ke dalam telinga anak 3 – 4 kali sehari. Tapi karena bawang putih bisa menyebabkan iritasi di sarankan untuk tidak membuatnya sendiri. Tapi belilah di apotik karena banyak yang menjualnya.

Akupresur dan Minyak Esensial

Menggunakan minyak esensial beraroma lavender mampu untuk mengurangi peradangan apabila digunakan dengan akupresur sehingga mampu untuk meredakan infeksi telinga. Dan titik akupresur diletakkan pada bagian muka dan belakang telinga antara ibu jari dan jari telunjuk.

Menggunakan pelembab ruangan

Dengan menggunakan pelembab ruangan juga mampu untuk melawan udara kering dari luar sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan juga melembabkan membran dan lendir tipis pada tuba eustachian.

Menambahkan Bantal

Anda dapat pula menambahkan bantal di tempat tidur anak saat anak akan tidur ini dilakukan agar cairan dapat mengalir turun.

Vitamin C

Anda pun dapat memberikan sumplemen vitamin C untuk mengurangi pembengkakan di telinga namun anda sebaiknya menanyakan hal ini pada dokter untuk mengetahui dosis yang harus diberikan pada anak. karena jika terlalu banyak akan dosis yang diberikan bisa menyebabkan diare.

Menggunakan pengobatan homeopatik

Menggunakan pengobatan homeopatik dapat membantu menyembuh infeksi telinga dan juga dapat bekerja lebih cepat dari antibiotik.

Diatas merupakan cara – cara untuk mengobati sakit telinga atau infeksi telinga dengan cara alami atau pun tradisional. Semoga informasi di atas dapat membantu anda untuk mengobati infeksi telinga pada anak anda.

Semoga dapat bermanfaat untuk anda……

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!