Mengobati Sakit Perut Pada Anak.

Bagikan Info ini ke temanmu

Mengobati Sakit Perut Pada Anak.

Saat anak mengalami sakit pada perutnya kita sebagai orang tua harus tahu cara mengatasinya. Karena anak2 rentang untuk mengalami sakit perut apalagi usia 4-8 tahun. Sakit perut pada anak bisa karena beberapa faktor. Yang paling sering terjadi adalah karena makanan yang dikonsumsi anak, otot yang kram atau teregang di sekitar perut dan bisa juga karena stress psikologisnya.

Peringkat pertama yang menyebabkan sakit perut pada anak adalah otot kram atau teregang serta stress psikologisnya. Jika anak anda mengalami sakit perut cobalah dengan obat-obat herbal terlebih dahulu.

Selain berat badan anak dan orang dewasa berbeda, sistem tubuh yang bekerja pun juga berbeda sehingga saat anak sakit obatnya tidak bisa disamakan dengan orang dewasa.

Dibawah ini beberapa obat herbal untuk mengobati sakit perut anak :

Menggunakan teh

Teh hangat dapat menjadi obat sakit perut pada anak karena teh memiliki berbagai macam manfaat.  Seperti efek anti radang, menenangkan dan melegakan ketegangan otot. Sehingga teh bisa membantu menghilangkan rasa tidak nyaman pada perut, melemaskan otot disekitar perut yang tegang serta dapat juga mengurangi rasa tidak nyaman di dinding saluran pencernaan. Saat anda menyiapkan teh hangat anda bisa memberi tambahan madu lalu berikan pada anak anda.

Menggunakan jahe

Jahe dapat pula digunakan untuk obat sakit perut anak. karena mengandung gingerol, suatu antioksidan yang dapat mengurangi jumlah dan efek jahat dari radikal bebas didalam tubuh. selain itu mampu mengurangi sensasi mual dan rasa tidak nyaman pada perut. Dan juga memiliki efek anti radang yang menetralkan pH di lambung.

Memberikan penghangat

Suhu yang hangat dapat meningkatkan aliran darah ke permukaan kulit perut sehingga hal ini dapat menetralkan rasa sakit perut. Caranya memasukkan air panas kedalam botol lalu taruh di perut sambil duduk atau berbaring. Anda dapat juga mengoleskan minyak untuk menambah rasa hangatnya.

Makanan yang agak tawar

Saat anak sakit perut berikan ia makan tawar dan lembut karena lebih mudah dicerna oleh saluran pencernaan dan dapat mengembalikan fungsi pencernaan menjadi lebih optimal. Seperti nasi, bubur, pasta, bubur, yogurt dan roti. Hindari dulu anak untuk makanan yang mengandung bumbu, bersaus, berminyak ataupun pedas karena dapat merangsang dan mengiritasi saluran pencernaan anak.

Mengatur pola makan anak

Anak yang sedang mengalami sakit perut baiknya anda mengatur pola makannya. Karena hal ini dapat menjadi obat untuk sakit perut anak. memberikan makanan anak dalam porsi yang kecil. Memberikan minuman seperti air putih, teh, kuah sop atau pun kaldu untuk menjaga asupan cairan pada anak.

Mengkonsumsi yogurt

Yogurt merupakan obat sakit perut yang cocok untuk anak. karena gejala BAB yang lebih dari 3 kali dapat membuang dan juga mengacaukan keadaan bakteri baik dalam usus. Didalam yogurt mengandung banyak bakteri baik bagi saluran pencernaan, sehingga dapat mengembalikan keseimbangan koloni bakteri di dalam usus. Selain itu bakteri baik membantu kerja usus dan menghambat pertumbuhan kuman jahat.

Membiarkan anak bermain di luar

Membiarkan anak bermain di luar juga merupakan obat sait perut anak. karena aktivitas fisik akan membantu pergerakan usus atau saluran pencernaan sehingga dapat memperlancar pencernaan anak. sarankan anak untuk berjalan, berlari, naik sepeda, atau kejar-kejaran dengan temannya.

Anda pun dapat membawa anak ke dokter jika anak mengalami tanda2 dibawah ini. karena mungkin saja anak mengalami sakit yang serius .

  • Mengalami sakit perut disertai demam tinggi
  • Terasa nnyeri saat berkemih
  • Anda tidak diizinkan menyentuh perutnya
  • Pada saat buang air besar terdapat lendir atau darah
  • Mengalami muntah mengandung darah atau berwarna kekuningan atau hitam
  • Mengalami BAB lebih dari 3 kali sekari
  • Anak menangis tanpa mengeluarkan air mata
  • Berkurangnya jumlah urinnya
  • Anak susah atau sulit untuk duduk atau berdiri karena sakit di perutnya.

Sebagai orang tua mengetahui obat untuk sakit anaknya merupakan hal yang harus dimiliki. Apalagi hal ini sering terjadi pada anak2 . memberikan anak obat tradisional merupakan untuk menghindari efek samping dari bahan2 kimia. Apalagi memberikan obat tanpa berkonsultasi pada dokter.

Semoga  semua informasi tersebut dapat bermanfaat….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!