Obat Diare Untuk Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Obat Diare Untuk Anak

Diare dapat dialami oleh semua orang termasuk anak-anak ataupun balita. Diare adalah salah satu penyakit yang menyerang saluran pencernaan dalam tubuh. Penderita diare akan mengalami sakit perut dan buang air besar yang sangat sering. Dan jika tidak segera diatasi akan menyebabkan dehidrasi pada penderitanya dan akhirnya membuat lemas bahkan membuat pingsan.

Diare disebabkan karena perasangan pada usus yang disebabkan bakteri,kholera, virus dan juga sentri, kurang gizi dan dapat pula karena keracunan makanan. Di apotek memang banyak sekali obat untuk mengobati diare. Tapi apa salahnya jika kita menggunakan obat tradisional untuk mengobati diare untuk menurunkan resiko efek samping yang terjadi

Dibawah ini merupakan obat tradisional untuk mengobati diare :

  1. Menggunakan Oralit

Oralit ini merupakan campuran dari air dan garam, larutan tersebut sangat berguna untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare yang dialami. Dan oralit merupakan salah satu ramuan herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi diare.

Caranya : siapkan 200 ml air hangat, 2 sendok teh gula pasir dan setengah sendok teh garam dapur . larutkan ketiga bahan tadi pada air hangat lalu berikan pada anak anda sesuai dengan porsinya.

Pada balita 1 tahun disarankan setengah gelas oralit dan pada balita di atas 1 tahun berikan takaran 1 gelas.

  1. Menggunakan daun kayu putih

Daun kayu putih dapat digunakan untuk mengatasi diare pada anak. walau bahan ini cukup asing tapi untuk mendapatkannya pun mudah.

Caranya : siapkan daun kayu putih yang sudah kering dengan jumlah 6-10 gram, siapkan air matang  2 gelas.

Cara membuatnya : rebus air matang yang telah disiapkan kemudian masukkan daun kayu putih tadi, tunggu sampai air sampai mendidih dan airnya berkurang hingga tersisa kurang lebih 1 gelas. Setelah itu berikan pada anak yang sedang diare 1 kali sehari sampai diare anak pun sembuh.

  1. Menggunakan daun sendok

Daun sendok pun dapat digunakan untuk mengobati sakit diare . dan daun ini pun mudah untuk didapatkan. Untuk daun sendok segar dibutuhkan sekitar 30 gram. Siapkan juga air matang 3 gelas.

Cara pembuatannya : rebus daun sendok dengan 3 gelas air matang tunggu sampai mendidih. Kemudian airnya pun berkurang hingga tersisa kurang lebih 1 gelas. Berikan minuman itu pada anak anda 2 kali sehari dengan takaran setengah gelas.

  1. Menggunakan daun jambu biji

Obat diare yang paling populer adalah daun jambu biji. Selain digunakan untuk orang dewasa obat ini juga dapat digunakan untuk anak-anak. bahan yang dibutuhkan : 5 lembar daun jambu biji dan 1 buah jambu biji yang belum matang atau masih kecil. Stelah itu tumbuk semua bahan tadi sampai halus. Kemudian peras hasil tumbukan tadi untuk mengambil sari2nya kurang lebih 1 sendok makan dan tambahkan pula sedikit garam.

  1. Menggunakan buah sirsak

Mengobati diare tidak hanya dengan dedaunan. Dapat pula menggunakan buah sirsak sebagai obat diare untuk anak. anak pun akan menyukai buah ini yang terasa nikmat daripada dengan ramuan dari dedaunan tadi. Yang perlu disiapkan adalah buah sirsak yang sudah matang, kemudian peras air sampai 1 sendok makan. Lalu berikan pada anak yang sedang sakit diare 2-3 sendok makan setiap hari sampai diare sembuh.

Semoga obat tradisional diatas dapat membantu untuk menyembuhkan diare pada anak anda…..

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!