Obat Radang Tenggorokan Untuk Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Obat Radang Tenggorokan Untuk Anak

Membuat obat tenggorokan untuk anak yang terbuat dari bahan herbal cukup mudah. Obat herbal dapat dijadikan alternetif untuk mengobati sakit anak dari pada membeli obat yang dijual bebas dipasaran. Selain itu obat herbal juga lebih aman dan alami.

Radang tenggorokan merupakan penyakit yang sering di alami oleh anak2. Sehingga sebagai orang tua anda harus tahu bagaimana cara untuk menanganinya. Apalagi penyakit ini membuat nafsu anak berkurang sehingga asupan gizi dan nutrisi anak pun sulit untuk terpenuhi. Dan penyakit ini disebabkan infeksi virus penyebab batuk pilek.

Mengobati radang tenggorokan pada anak dapat menggunakan obat herbal alami dari pada obat di apotek apalagi tidak semua obat cocok untuk anak2. Apa salahnya kita mencoba untuk menggunakan bahan herbal untuk mengobati sakit anak.

Beberapa obat herbal untuk mengobati radang tenggorokan anak :

Menggunakan air garam

Air garam berfungsi untuk mengencerkan lendir dan melegakan tenggorokan. Tidak hanya orang dewasa air garam pun dapat digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak. caranya dengan berkumur menggunakan air garam tersebut. Ajarkan terlebih dahulu pada anak cara berkumurnya dengan menahan air garam di tenggororkan lalu membuangnya lagi. Tapi ini digunakan untuk anak yang sudah cukup umur dan bisa berkumur sendiri.

Menggunakan teh krisan

Teh krisan merupakan jenis obat herbal yang menjadi salah satu obat radang tenggorokan pada anak yang lebih efektif ketimbang teh biasa. Dan berfungsi untuk mengatasi peradangan tenggorokan dan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Dan teh ini terbuat dari bunga krisan. Cara membuatnya : mencampurkan kelopak bunga krisan yang kering dengan secangkir air panas, anda bisa menambahkan madu jika terasa kurang manis.

Menggunakan madu

Madu dapat pula digunakan untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak. dan saat anda akan membeli madu baiknya anda lebih jeli lagi karena banyak juga madu yang terkadang mengandung bahan kimia sehingga khasiat pada madu pun berkurang. Cara membuat obat dari madu dengan cara mencampurkan madu dengan lemon dan menjadi minuman hangat.

Menggunakan sup ayam hangat

Selain menggunakan bahan2 tadi anda dapat juga menggunakan sup ayam hangat yang terdiri dari daging ayam dan berbagai sayuran untuk meredakan radang tenggorokan. Sayuran merupakan salah satu makanan penting untuk memenuhi asupan gizi dan juga nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak. Cara kerjanya dengan membunuh virus penyebab tenggorokan. Apalagi ayam memiliki kandungan asam amino yang bisa melakukan tugas tersebut. Dan dapat mengencerkan lendir dan meredakan peradangan di tenggorokan.

Menggunakan uap panas

Untuk mengobati radang tenggorokan dapat pula menggunakan uap panas caranya cukup sederhana. Pertama rebus air sampai mendidih lalu tuangkan air tersebut kebaskom atau mangkuk, letakkan wajah anak ke mangkuk atau baskom yang telah disiapkan mintalah anak untuk menghirup air panasnya melalui mulut. Waktu yang dibutuhkan 5-10 menit  saja dan jangan sampai air tersebut terkena anak anda.

Diatas merupakan obat herbal untuk mengobati radang tenggorokan pada anak tapi jika anak tidak kunjung sembuh maka sebaiknya periksakan anak kedoter. Waspadai jika demam anak selama 2 hari berturut2 dan mengalami dehidrasi.

Anak memang rentan untuk mengalami radang tenggorokan

Bagi orang tua saat anak mengalami hal tersebut beberapa tidak terlalu panik tapi kita harus memahami bahwa radang tenggorokan dapat sangat mengganggu aktivitas anak. dan jika dibiarkan maka kondisinya akan semakin parah. Sebab anak pun akan kehilangan nafsu makan dan dapat memicu timbulnya penyakit ginjal. Apalagi jika radang tenggorokan diakibatkan infeksi bakteri2 tertentu.

Sebagai orang tua anda harus mengenali ciri2 anak yang mengalami radang tenggorokan seperti saat makan anak akan kesulitan untuk menelan dan menangis karena kesakitan. Anak merasa gatal ditenggorokan dan pada kondisi tertentu suhu tubuh pada anak bisa meningkat disertai pilek.

Kekebalan tubuh pada anak memang masih belum sempurna sehingga rentan terkena batuk pilek hingga radang tenggorokan. Atau pun dia juga bisa tertular dari teman atau orang lain. Dan resiko lainnya berasal dari makanan dan miniman yang dikonsumsi anak. Jadi sebelum makan ajarkan anak untuk terbiasa cuci tangan. Dan hindarkan anak dari jajan sembarangan.

Selain itu peran penting orang tua untuk menjaga kebersihan dan kesehatan anak supaya anak terhindar dari infeksi virus yang menyebabkan berbagai penyakit.

Semoga bermanfaat….

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!