Pengertian Biang Keringat, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Bagikan Info ini ke temanmu

Pengertian Biang Keringat, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Biang keringat adalah ruam kecil berwarna merah dan menonjol yang terasa gatal dan bisa menyebabkan sensasi menyengat atau perih pada bagian kulit. Biang keringat yang juga dikenal dengan nama ruam panas atau miliaria ini tidak hanya terjadi pada bayi, namun orang dewasa juga bisa mengalaminya ketika cuaca sedang panas atau pada lingkungan yang bersuhu lembap.

Biang keringat biasanya muncul beberapa hari setelah Anda terkena pajanan suhu panas. Kondisi ini bisa muncul di seluruh bagian tubuh, tapi sering kali muncul pada bagian wajah, leher, punggung, dada, dan bagian paha.

Adapun penyumbatan yang terjadi ini dipicu oleh adanya sel-sel kulit mati yang karena keringat tidak terbuang dengan baik. Keringat yang tidak dapat keluar tersebut menimbulkan bintik-bintik kecil atau lenting yang berisi dengan air yang timbul dengan disertai gejala gatal, pedih dan kulit yang berubah menjadi kemerahan.

Biang keringat dapat terjadi pada anak-anak dan bahkan pada orang dewasa. Ketika kondisi ini terjadi, beberapa daerah atau area pada tubuh yang seringkali diserang oleh kondisi ini adalah bagian dahi dan juga leher.

Selain itu, gangguan ini seringkali mengincar bagian-bagian tubuh yang tertutup dengan pakaian seperti halnya punggung dan juga dada, serta bagian yang mengalami tekanan atau gesekan akibat pemakaian baju.

Biang keringat juga dikenal dengan sebutan ruam panas yang bukan hanya terjadi pada bayi, akan tetapi orang dewasa pun bisa mengalami kondisi ini ketika cuaca sedang panas atau pada lingkungan dengan suhu yang lembap.

Kemunculan gangguan kesehatan ini biasanya muncul beberapa hari setelah anda terkena pajanan suhu panas. Kondisi ini umumnya muncul di seluruh bagian tubuh, namun area yang lebih rentan terkena kondisi ini adalah beberapa area yang telah disebutkan diatas.

Pengertian Biang Keringat

Pengertian Biang Keringat

Kondisi biang keringat bukanlah sebuah gangguan kesehatan berbahaya dan biasanya kondisi ini akan dapat menghilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu dengan melakukan perawatan kulit seperti biasa. Akan tetapi gejala yang ditimbulkan dari kondisi ini akan dapat mengganggu aktivitas anda, terutama bila terjadi pada anak-anak atau bayi maka hal ini akan membuat mereka terus-terusan tidak nyaman. Untuk itulah, perawatan dan penanganan yang tepat akan tetap dibutuhkan agar penyembuhan gangguan ini bisa berjalan dengan efektif dan lebih cepat.

Gejala Apa Saja yang Ditimbulkan Akibat Biang Keringat?

Terdapat perbedaan lokasi munculnya ruam pada orang dewasa dan bayi. Pada bayi, biang keringat biasanya muncul pada bagian leher, dan terkadang pada bagian ketiak, lipatan siku, dan selangkangan. Pada orang dewasa, biang keringat akan muncul pada lipatan kulit yang bergesekan dengan pakaian.

Terdapat beberapa jenis biang keringat menurut perbedaan tingkat keparahannya, Tanda dan gejala yang muncul juga bervariasi pada setiap jenisnya. Berikut ini berbagai jenis yang diketahui.

Miliaria kristalina. Ini adalah jenis biang keringat yang paling ringan, yaitu hanya memengaruhi saluran keringat dari lapisan kulit teratas. Tanda dan gejala yang muncul adalah bintil berisi cairan berwarna jernih yang mudah pecah. Kondisi ini lebih cenderung terjadi kepada bayi dibandingkan kepada orang dewasa. Bertentangan dengan yang dipahami secara umum, biang keringat jenis ini biasanya tidak gatal dan tidak terasa sakit.

Miliaria rubra. Biang keringat jenis ini muncul di lapisan kulit yang lebih dalam dan biasanya terjadi pada wilayah dengan suhu yang panas atau lembap. Tanda dan gejala dari kondisi ini adalah sensasi gatal dan menyengat  disertai munculnya bintil merah. Keringat juga akan berkurang pada bagian yang terpengaruh. Kulit akan mengalami inflamasi dan terasa sakit akibat dari keringat yang tidak bisa keluar dari permukaan kulit.

Miliaria pustulosa. Ini adalah perkembangan dari miliaria rubra yang mana bintil mengalami inflamasi dan berisi nanah.Miliaria profunda. Ini adalah jenis biang keringat paling jarang terjadi dan berdampak pada dermis, lapisan kulit yang lebih dalam.

Biang keringat jenis ini bisa bersifat kronis dan sering kambuh. Kondisi ini lebih cenderung terjadi pada orang dewasa setelah melakukan aktivitas fisik yang menghasilkan banyak keringat. Tanda-tanda yang muncul akibat kondisi ini adalah bintil berwarna merah yang berukuran lebih besar dan lebih keras.

Biang keringat umumnya bukan kondisi yang memerlukan penanganan medis tertentu. Kondisi ini biasanya dapat pulih dengan sendirinya dengan mendinginkan kulit serta menghindari pajanan panas. Segera temui dokter jika ruam terlihat makin parah, gejala yang muncul bertahan cukup lama, atau Anda melihat adanya tanda-tanda infeksi, seperti:

  • Demam dan menggigil.
  • Rasa sakit makin bertambah.
  • Nanah keluar dari bintil dan benjolan ruam.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di ketiak dan selangkangan.
  • Kondisi yang Menyebabkan Biang Keringat

Biang keringat disebabkan oleh keringat yang terjebak di balik kulit akibat kelenjar keringat tubuh yang terhambat sehingga keringat tidak menguap. Sebagai akibatnya, kulit mengalami inflamasi dan ruam. Berikut ini beberapa faktor yang bisa menghambat kelenjar keringat tubuh, yaitu:

Iklim tropis. Kemunculan biang keringat bisa disebabkan oleh cuaca atau suhu lingkungan yang panas dan lembap.

Kepanasan. Penggunaan pakaian yang terlalu tebal, atau tidur dengan selimut yang berlebihan dan menyebabkan kepanasan juga bisa berisiko mengalami biang keringat.

Aktivitas fisik tertentu. Olahraga dan juga pekerjaan yang memerlukan aktivitas fisik yang berat hingga menyebabkan keluarnya banyak keringat juga bisa menyebabkan terjadinya biang keringat.

Penyebab Biang Keringat

Penyebab Biang Keringat

Kelenjar keringat belum berkembang. Kasus biang keringat lebih mudah terjadi pada bayi, terutama pada bayi yang sedang dihangatkan dengan inkubator, memakai pakaian yang panas, atau mengalami demam. Bayi belum memiliki kelenjar keringat yang sudah berkembang sepenuhnya dan terkadang dapat membuat keringat tertahan di balik kulit.

Tirah baring (bed rest) terlalu lama. Bagi pasien yang diwajibkan untuk istirahat di ranjang untuk waktu yang cukup lama juga bisa mengalami biang keringat.

Langkah-langkah untuk Mengatasi Biang Keringat

Meski biang keringat bukan kondisi yang serius, tidak ada salahnya untuk diatasi sesegera mungkin. Kondisi ini bisa ditangani sendiri di rumah dengan langkah-langkah sederhana, seperti berikut ini.

Menghindari panas berlebih dan tempat yang lembap. Pajanan terhadap panas membuat Anda lebih banyak berkeringat dan membuat ruam makin parah. Pastikan lebih sering berteduh atau mencari tempat dingin untuk menghindari panas. Minum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi.

Menjaga kulit tetap dingin. Untuk menurunkan keringat dan menjaga kulit tetap dingin, berendam atau mandi bisa membantu menjadikan tubuh terasa sejuk dan menghindari keringat berlebih.

Pakaian yang longgar. Hindari menggunakan pakaian yang terbuat dari serat sintetis, seperti polyester atau nilon. Bahan-bahan ini lebih menyerap panas dan membuat Anda makin banyak berkeringat.

Mengonsumsi obat antihistamin. Obat antihistamin berguna meredakan gatal-gatal pada kulit. Pastikan untuk menanyakan kepada dokter apakah cocok untuk mengonsumsi obat ini.

Penggunaan krim hidrokortison. Krim ini sangat efektif mengatasi bagian kulit yang mengalami gatal-gatal dan iritasi. Tapi jangan gunakan pada bagian wajah dan selalu ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat.

Memakai losion calamine. Lotion ini bisa dibeli secara bebas di toko-toko obat terdekat untuk membantu meredakan kulit yang sakit atau mengalami iritasi.

Cara Mencegah Biang Keringat pada bayi

Cara mencegahnya:

  • Pilih bahan pakaian yang mudah menyerap keringat, seperti katun.
  • Hindari pakaian yang terlalu ketat.
  • Perhatikan sirkulasi udara pada ruangan. Jika tidak memakai AC, maksimalkan ventilasi agar udara bisa mengalir bebas.
  • Teratur memandikan bayi, 1 atau 2 kali setiap hari. Ini berguna untuk menyingkirkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit anak.
  • Hindari memberinya pakaian yang terlalu tebal dan rapat apalagi saat cuaca panas.
  • Hindari pakaian ketat yang dapat mengiritasi kulit.
  • Tidur atau berlama-lama di tempat teduh dan sejuk, bila perlu gunakan AC atau kipas angin dengan penyesuaian sedimikian rupa sehingga menciptakan kenyamanan.

Cara Cepat Mengobati Biang Keringat

Biang keringat atau ruam panas hadir dikarenakan keringat yang terperangkap pada lapisan bawah kulit. Cara menghilangkan biang keringat pada bayi biasanya penyakit ini terjadi pada musim kemarau dan hadir pada bayi dan balita. Penyakit biang keringat ini juga akan semakin menjadi-jadi pada bagian tubuh yang tertutup pakaian. Itu mengapa para ahli menyarankan untuk menggunakan pakaian longgar, sehingga biang keringat dapat dicegah. Namun jika semua itu sudah terjadi, Anda bisa mencoba cara cepat mengobati biang keringat pada pembahasan berikut ini.

  • Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah obat herbal yang baik untuk biang keringat. Hal tersebut karena ekstrak dari gel lidah buaya mampu secara cepat menyembuhkan biang keringat. Selain itu, gel-gel yang ada pada tanaman ini juga dapat meredakan gatal-gatal dan rasa sakit yang disebabkan oleh ruam.

  • Es batu

Anda bisa memasukkan es batu ke dalam kantong kain, setelah itu menerapkannya langsung ke area kulit yang terkena biang keringat. Dengan menerapkan cara ini selama beberapa menit, biang keringat akan lebih mudah sembuh. Selain itu, Anda juga bisa menerapkan secara langsung es batu ke area ruam dengan cara digosokkan secara perlahan.

  • Soda kue

Soda kue atau baking soda merupakan salah satu obat rumahan yang harus ada jika Anda ingin menyembuhkan biang keringat. Anda bisa menggunakan soda kue untuk keperluan mandi, sehingga biang keringat dapat dikurangi dengan cepat. Komposisinya sekitar satu atau dua sendok teh baking soda dilarutkan ke dalam air mandi. Selain dapat mengurangi ruam, baking soda juga dapat mengurangi gatal-gatal, sehingga nantinya bayi tidak akan terus menangis karena rasa panas yang timbul.

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu cara cepat mengobati biang keringat yang sangat efektif. Anda bisa mencampurkan oatmeal sama seperti mencampurkan baking soda pada air untuk mandi.

  • Goosberry

Cara lainnya yang tidak kalah cepat untuk menyembuhkan biang keringat pada anak ataupun orang dewasa adalah dengan menggunakan gooseberry. Pengolahannya sendiri cukup mudah, dimana Anda hanya perlu memasukkan tanah liat dan air ke dalam wadah, setelah itu campurkan dengan potongan-potongan goosberry untuk menutupi tanah liat tersebut.

Tinggalkan semalaman, lalu pada hari berikutnya lakukan mash up dan saring airnya. Selanjutnya tambahkan gula dan madu, lalu minum secara teratur. Secara berangsur-angsur goosberry ini akan menghilangkan biang keringat, sekaligus menghapus panas dan masalah pencernaan yang timbul.

  • Kulit pohon beringin

Cara cepat mengobati biang keringat yang terakhir adalah dengan menggunakan olahan kulit pohon beringin. Anda bisa menyiapkan kulit pohon beringin kering, lalu giling hingga halus. Gunaan serbuk kulit pohon beringin tersebut untuk diaplikasikan pada area biang keringat mirip seperti menggunakan bedak pada anak. Cara ini dapat menjadi bantuan cepat untuk menghilangkan ruam, panas dan gatal-gatal.

Obat tradisional untuk mengobati biang keringat pada bayi

Obat biang keringat pada bayi salah satunya ialag dengan jelly Gamat Gold- G merupakan salah satu obat tradisional yang akan membantu anda dalam mengobati biang keringat yang selalu mengganggu anda ketika musim kemarau . Untuk mengatasi nya kami menyarankan anda untuk mengobati nya menggunakan Obat Tradisional Biang Keringat Jelly gamat Gold- G yang sangat baik dalam menyembuhkan berbagai jenis masalah pada kulit termasuk biang keringat salah satu nya .

Prof.Ridzwan Hashim dari malaysia mengutarakan pendapat nya , didalam teripang emas yang menjadi bahan utama Obat Tradisional Biang Keringat Jelly gamat Gold- G ditemukan kandungan “Cell Growth Factor” yang bermamfaat untuk meregenerasi sel yang sangat tinggi, serta kandungan zat gizi seperti omega 3, kolagen dan mineral serta bio active yang diperlukan oleh tubuh mampu melakukan meregenerasi sel dan berperan untuk mengatasi biang keringat dengan cepat dan sangat efektif .

Obat Tradisional Biang Keringat Jelly gamat Gold- G sangat baik di gunakan untuk mengatasi biang keringat , cara yang dapat mengoptimalkan pengguaan Obat Tradisional Biang Keringat Jelly gamat Gold- G dalam menyembuhkan biang keringat yaitu dengan cara mengkonsumsi nya dengan teratur dan dengan cara di oleskan pada bagian yang terdapat biang keringat nya.

Obat Biang Keringat Bayi

Obat Biang Keringat Bayi

Tepung Tapioka Atau Kanji

Tepung yang bersifat dingin sehingga bisa membantu mendinginkan kulit dengan cepat saat kepanasan. Caranya menggunakannya kulit yang ingin diberikan bedak tepung sebaiknya dibersihkan dulu, lebih bagus lagi jika dimandikan, lalu keringkan tubuh bayi. Jika sudah lalu berikan tepung kanji yang dicampur dengan air, dan pastikan tidak sedang berkeringat selama memberikan bedak.

Daun Tembelekan

Daun dengan nama latin Lantana Camara Linn. Tanaman ini berkembang liar yang mempunyai ketinggian hingga 0,5-4 meter, batang berkayu, rantingnya berbentuk segi empat, berbulu, serta berduri. Daun tembelekan ini mempunyai sifat pahit, sejuk, sedikit berbau, serta memiliki kandungan racun yang berguna mengurangi rasa gatal. Caranya, gunakan segenggam daun tembelekan untuk kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih sekitar 15 menit, setelah itu diamkan hingga hangat basuhkan pada bagian yang gatal.

Daun Krokot

Daun dengan nama latin Portulaca Oleracea Linn. Tanaman ini banyak dijumpai dan tumbuh di halaman. Daun berbentuk kecil serta tekstur yang tebal karena mengandung banyak air, juga bersifat dingin. Caranya adalah gunakan segenggam daun krokot lalu rebus dengan 3 gelas air, didihkan hingga menjadi 1,5 gelas. Kemudian diminum setelah didinginkan sebelumnya.

Kacang Hijau

Tumbukkan sebanyak 1 ons kacang hijau sampai halus, kemudian diseduh dengan air panas. Lalu siap untuk diminum ketika sudah didinginkan sebelumnya.

Buah Timun

Haluskan buah timun,  kemudian dioleskan pada kulit yang terdapat biang keringatnya. Timun juga dapat dijadikan bahan buat mengobati biang keringat yang dapat dicampurkan dengan bedak dingin.

Ramuan herbal untuk mengobati penyakit biang keringat di atas sudah mampu dan mudah untuk dipraktikkan, dengan bahan yang ekonomis bahkan jika sedikit usaha bisa memperolehnya tanpa perlu mengeluarkan biaya. Yang dibutuhkan hanyalah kesabaran dan ketelatenan saja.

Walaupun keluarga dan teman Anda peduli dan mempunyai niat baik dengan memberi nasihat, akan tetapi bisa saja nasihat mereka bisa menyesatkan. Berikut ini adalah tiga nasihat orang tua yang sudah ketinggalan zaman yang bisa Anda abaikan.

Anda akan membuat anak Anda manja jika sering menggendong mereka. Bayi yang baru lahir biasanya menangis karena mereka memerlukan sesuatu. Apakah mereka perlu diganti popoknya, lapar atau hanya ingin dipeluk, menenangkan bayi Anda akan sangat membantu mereka merasa aman dan dicintai. Bayi tidak akan bisa menjadi manja. Bahkan makin konsisten Anda memenuhi kebutuhan mereka sebelum mereka berumur 6 bulan, bayi Anda akan menjadi makin jarang menuntut ke depannya.

Jaga ketenangan saat bayi Anda tidur. Ternyata bayi Anda sebenarnya sering mendengar suara bising ketika mereka masih berada di dalam rahim. Cobalah menyalakan penyedot debu ketika mereka sedang tidur siang. Dengungan mesin bisa saja membuat bayi Anda tidur lebih pulas dan Anda juga bisa sekalian membersihkan rumah.

Berikan bayi Anda jadwal makan yang ketat. Sebelumnya sering dianjurkan untuk memberi makan bayi setiap empat jam setelah mereka dibawa pulang dari rumah sakit. Kepercayaan bahwa memberi makan bayi hanya ketika mereka lapar akan menganggu kesehatan bayi dan bahkan bisa meningkatkan risiko infeksi usus. Namun sekarang banyak dokter yang menyarankan untuk memberi makan bayi ketika mereka mulai merasa lapar.

Anjuran perawatan bayi telah berubah dari waktu ke waktu, akan tetapi satu hal tentang pengasuhan anak yang tetap pasti: Keinginan untuk membuat bayi Anda tetap senang dan sehat. Dan ingatlah: Anda pasti tahu yang paling baik untuk bayi Anda !

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!