Pengertian Dan Pertolongan Pertama Pada Sawan Anak

Bagikan Info ini ke temanmu

Pengertian Dan Pertolongan Pertama

Pada Sawan Anak

 

Menurut bahasa Jawa (sawan) dan menurut bahasa Madura (saben) adalah gejala yang seringkali menyerang anak di daerah sekitar jawa dan madura. Anak yang terjangkit dengan penyakit ini biasanya akan sangat rewel dari biasanya dan akan mengalami kenaikan suhu tubuh yang tidak biasa. Penyakit ini seringkali dikaitkan dengan adanya kesalahan yang di lakukan oleh ibu semassa menyusui.

Misal karena si ibu makan kambing, maka ketika si anak rewel dan panas, maka orang-orang tua disekitar langsung ‘mendiagnosa’ sebagai terkana sawan kambing. Ada banyak jenis tergantung dari penyebabnya. Dan dalam gejala ini ada juga yang unik dimana anak akan di diagnosa terkena sawan manten jika pada massa menyusui ibu menghadiri acara presepsi pernikahan.

Saat pulang dari acara presepsi pernikahan maka anak akan mengalami beberapa gejala penyakit yang menurut orang adalah hal yang diakibatkan ibu menghadiri acara presepsi pernikahan. Sawan yang lainnya yang banyak merupakan akibat darin efek makanan yang di amakan oleh ibu seperti beberapa contoh yang saya jelaskan diatas.

Dan yang akan dilakukan orang tua seperti orang nenek adalah mengintrograsi sang ibu untuk mengetahui hal apa ytang telah dilakukan untuk mengetahui gejala apa yang sebenarnya terjadi pada sang anak. karena bagi orang tua zaman dahulu, adanya kesalahan yang dilakukan oleh sang ibu akan berakibat pada anak yang sedang dalam massa menyusui.

Tidak hanya penyebabnya, proses penyembuhan dari penyakit ini juga sangat unik. Semisal, bila anak terkena sawan kambing, tulang kambing sisa haruslah di bakar samapai gosong dan dicampur dengan minyak. Karena ramuan tradisional ini dipercaya dapat menyembuhkan gejala yang terjadi pada anak. sedangkan untuk sawan manten, ibu biasanya meminta sedikit bunga yang dipakai pada sang manten.

Dan bunga tersebut akan di taruh pada ujung selendang anak yang akan dipakaikan ke anak. memang hal ini sangatlah aneh dan mungkin akan terkesan mistis bagi sebagian orang. Namun bagi sebagian orang yang sudah berpengalaman hal ini sangatlah biasa dan bahkan wajib dilakukan jika ada anak yang terjangkit dengan penyakit ini. Namun, anehnya memang anak akan sadar dan normal kembali jika dilakukan dan akan menjadi parah jika diabaiakan.

Pengertian Sawan

Sawan merupakan gejala yang sering masyarakat bilang sebagai rewel, demam yang di sertai kejang-kejang yang dialami bayi menurut orang-orang dulu merupakan efek dari terlanggarnya mitos yang dilakukan oleh sang ibu.Menutrut kepercayaan orang dulu, anak bisa sampai sawanen dikarenakan jika pada saat ibu menyusui ibu pernah makan kambing, ibu bisa saja menghadiri acara pemakan atau pernikahan seseorang, atau karena ibu memakan makanan yang pedas.

Apapun yang mengakibatkannya, yang jelas kondisi ini sangatlah menghawatirkan anaknya. Karena, demam yang tinggi dan kejang dapat merusak otaknya. Menurut beberapa ahli terjadinyakejang dan deman berhubungan dengan aliran elektrik dalam diri bayi bayi.

Dan aliranninilah yang mengakibatkankan anak menjadi kejang karena adanya guncangan yang hebat dari dalam. Anak yang terkena sawanen parah bahkan akan samapai menggeliat2 di lantai, bola mata akan menatap keatas dan mulutnya berbusa hingga tak sadarkan diri seperti halnya orang yang kesurupan dan epilepsi.

Memberikan Pertolongan Pada Anak Yang Sawanen?

  • Jangan Memberikan Makan/minum pada anak yang sawanen
  • Jangan cemas jika bibir anak tidak berwarna biru, karena hal itu tandanya anak bisa bernafas dengan normal.
  • Barang-barang yang berbahaya harusnya anda hilangkan jika anak masih menggelia2 di lantai.
  • Bila anak mengalami sesak nafas dan bibirnya mulai membiru, berikanlah nafas buatan dengan melewati bibir ke bibir setelah saluran nafasnya di bersihkan.
  • Jika badan anak mulai mengalami panas yang tidak normal segera buka bajunya dan laplah dengan handuk yang dingin karena hal ini akan mengurangi rasa panas dari dalam tubuhnya yang naik secara tiba-tiba, karena jika tidak langsung ditangani anak akan mudah mendapat serangan yang lainnya karena panas tersebut.
  • Membaringkan anak di tempat yang nyaman dengan posisi terkurang ataupun miring, agar busa atau lendir yang ada pada anak bisa keluar dan tidak menghalangi oksigen yang masuk.
Pertolongan Pertama Pada Sawan

Pertolongan Pertama Pada Sawan

Dan setelah hal diatas terjadi biasanya anak akan langsung tertidur pulas, karena kecapekan. Obat penurun demam akan sagat berguna jika anak sawanen karena demam yang tinggi. Jagalah agar kondisi temperatur anak tetap optimal, jika mengalami kenaikan yang drastis, segera bawah ke dokter terdekat.

Pertolongan Pertama untuk Anak Sawan

Sawan juga kerap kali dikaitkan dengan adanya godaan dari makhluk halus. Padahal swan merupakan gejala yang menurut medis ialah berhubungan dengan aliran elektrik pada diri sang bayi, dan beberapa hal yang diharapkan menjadi pertolongan pertama untuk mengatasinya ialah hal-hal yang bersifat medis.

Pelepasan aliran elektrik yang lepas secara tidak normal dalam diri bayi sehingga mengakibatkan guncangan yang hebat. Untuk mengetahui tingkat parahnya gejala ini bisa dilihat dari beberapa gejala yang dialami sang bayi seperti kejang-kejang sampai tak sadarkan diri.

Karena jika samapai parah, biasanya anak mengalami beberapa gejala seperti bola mata yang menatap keatas hingga tak terlihat, mulutnya berbusa sampai tak sadarkan diri sejenak. Orangtua harus melakukan pertolongan agar lidah dan busa tidak menghalangi saluran udara yang membuat anak kekurangan oksigen.

Demam yang tinggi merupakan hal yang biasa terjadi dan mengakibatkan sawan, untuk itu ibu harusnya lebih telitis dan selektiv untuk mengetahui apakan temprature tubuh anak berjalan dengan normal.

Otak bayi sangatlah sensitif dengan adanya temprature tubuh bayi yang tidak normal dehingga hal ini bisa memicu adanya sawan. Balita sangat rentan terhadap serangan sawan karena tekanan pada tubuh yang mencapai 45 derajat celcius, namun untuk anak di atas 5 tahun biasanya hal ini sangatlah jarang karena kebal.

Jika anak anda mengalami gejala seperti apa yang sudah saya jelaskan diatas, anda bisa melakukan hal dibawah ini :

  • Jangan memberikan makanan atau minum selama anak sawan.
  • Jangan cemas jika bibir anak tidak berwarna biru dan anak masih bisa bernapas dengan normal.
  • Bila bibir anak berubah menjadi biru atau sesak napas, berikan napas buatan dari mulut ke mulut setelah saluran udaranya dibersihkan.
  • Membaringkan anak dengan aman di atas lantai dengan posisi telungkup atau miring, agar lidahnya menjulur ke depan dan lendir bisa mengalir keluar, sehingga tidak menghalangi masuknya oksigen ke dalam tubuh.
  • Jika panas anak tetap tinggi, bukalah bajunya dan gosokkan badannya dengna menggunakan handuk yang dingin untuk mengurangi temperatur yang meningkat secara tiba-tiba. Karena demam yang semakin parah bsia mengakibatkan lebih banyak serangan tiba-tiba.
  • Singkirkan barang-barang yang berbahaya jika anak masih menggeliat-geliat di lantai.

Setelah sawan anak biasanya tenang kembali dan dapat tidur dengan nyenyak. Jika sawan terjadi akibat demam yang tinggi, maka perhatikan temperaturnya dengan seksama agar sawan tidak terulang kembali dan berilah obat penurun demam. Jagalah agar demam anak tetap terkendali dan segera ke rumah sakit jika demam tidak turun setelah beberapa jam.

Penyakit Sawan Tarik – Bahayanya Kepada Bayi

SAWAN tarik atau sawan demam (febrile fit) kerap berlaku pada kanak-kanak berusia antara enam bulan dengan enam tahun. Ia boleh berlaku jika kanak-kanak mengalami demam panas melebihi 38.5 darjah Celsius yang memuncak secara mendadak. Dipercayai demam sawan berlaku kerana pembentukan otak kanak-kanak yang belum lagi matang. Demam panas yang tinggi boleh mencetuskan isyarat elektrik dalam litaran otak yang menyebabkan berlakunya sawan.

Demam itu sendiri selalunya berpunca daripada jangkitan kuman virus seperti demam flu, demam yang beruam dan kadangkala ekoran jangkitan air kencing. Pada amnya, jangkitan ini adalah ringan dan tidak berpunca daripada jangkitan selaput otak (meningitis). Sawan tarik bukan penyakit keturunan. Namun kanak-kanak yang mengalami sawan tarik ada di antara mereka yang mempunyai anggota keluarga yang mengalami sawan tarik juga.

Apakah langkah-langkah yang anda boleh lakukan di rumah apabila berlaku sawan tarik?

Anda tidak perlu memaksakajn untuk memasukkan jari anda ke sudut atau bahan keras didalam mulut anak. Karena hal ini tidak secara langsung bisa membuka jalan pernafassan bayi malah sebaliknya jika ada kesalahan malah akan membahayakan sang bayi. Anda juga tidak usah selalu  mengawal pergerakan anak saat terjadi gejala menggeliat saat sawan, karena hal ini akn mengakibatkan terjadinya cidera pada anak. anda juga tidak perlu memberi minuman dan makanan, anda hanya perlu membawanya ke dokter untuk mengetahu geja apa yang sebenarnya terjadi.

Sawan ini tidak terjadi dalam jangka yang panjang. Karena kadang hal ini bisa terjadi kurang dari satu menit. Anak bisa mendapat mendapatkan sawan kembali saat suhu tubuhnya melewati 30-45 derajat lebih sebelum usianya menginjak 6 tahun. Jika anak anda terkena sawan, ambil langkah2 yang aman dan efektif untuk menurunkan suhu tubuhjnya seperti memberikannya air putih dan memberika nya suplement yang di percaya atau mungkin paracetamol.

Gejala yang biasanya sampai mengakibatkan kematian dinegara ini ialah sawan yang terjadi akibat panasnya yang melebihi  batas normal. Karena sawan tarik menarik atau fits ini adalah sawan yang diakibatkan oleh perubayhan suhu tubuh yang drastis sehingga mengalami drop yang sangat tinggi dan akhirnya mengakibatkan gejala-gejala seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Namun, gejal2 tersebut bisa dicegah dan di atasi oleh beberpa hal.

Langkah-langkah mengobati sawan

Langkah-langkah mengobati sawan

Sawan terjadi akibat dari beberapa sebab:

  • Kerusakan otak sejak dikandungan karena beberapa hal.
  • Tetanus (memotong tali pusar dengan benda yang kurang bersih ataupun berkarat)
  • Demam yang tinggi.

Sebab-sebab berlakunya demam panas kepada bayi ini biasanya disebabkan oleh:

  • jangkitan kuman virus
  • jangkitan kuman bakteria
  • sebab-sebab yang tidak dike-san

bila demam anak tidak segera anda tangani, maka sawan akan mudah untuk masuk dalam diri anak dan akhirnya mengakibatkan terjadinya gejala-gejala yang tidak normal, dan ketika awan terjadi anak akan mengalami sesak nafas. Sesak nafas ini akan menghalangi oksigen yang masuk ke dalam otak dan apabila otak mengalami kerusakan seumur hidup itu merupakan akbit dari kurangnya oksigen yang masuk ke dalam otak dari adanya sawan tadi.

Sekiranya semua hal yang diupayakan oleh sang ibu sudah tidak mampa lagi, maka sebaiknya anda berdo’a semoga yang terbaik segera datang. Tanda sawan yang sangat berbahaya ialah apabila anak anak sudah mulai mengalami hal-hal yang aneh seperti bola mata yang bergerah tak beraturan, tangan dan kaki bergerak tak kenal arah. Hal di samping merupakan tanda yang keluar sesat sebelum bayi akan mengalami sawan yang lebih parah lagi.

Langkah-langkah penting yang perlu diambil apabila anak-anak demam panas untuk mengelakkan sawan berlaku:

  • anda harus membuka semua baju sang anak
  • ambil semangkuk air dann kemudian basuh lah sebagan tubuh anak agar bisa menurunkan panas bayi, biasanya jika anak mengalami panas ini sebagian orang tua akan membasuh ketiak, paha dan kening agar cepat menurunkan panas bayi.
  • Jika anka mengalami tanda2 akan terkena sawan seperti tadi, yang harus anda lakukan ialah memandikan sang buah hati agar panasnya menurun.
  • Suhu badan yang berbahaya bagi anjak ialah 102 F atau setara dengan 39 celcius, jika anak sudah mendekati angka tersebut, yang harus anda lakukan ialah memandikan dan memberikannya air sejuk .
  • Anda juga harus mengecek apa ada penyakit lain yang menjadi komplikasi. Seperti halnya, batuk, flu ataupun penyakit lain yang menyertainya.
  • Segera konsultaskan hal tersebut dengan dokter.
  • Ambil sudu untuk mengetahui seberapa tinggi temperature anak saat mengalami demam.

Cara-Cara Mencegah Sawan dan Demam

  • Penyakit sawan ini sangatlah rentan terjadi jika ibu dirumah tidak rutin untuk memeriksa kesehatan sang bayi dan tidak memberikannya makan yang seimbang. Karena salah satunya dengan hal diatas anak bisa terhindar dari serangan penyakit yang aberusaha masuk kedalam tubuh sang anak.
  • Ibu diharapkan tidak sering membawa anak kedalam keramaian, karena mungkin saja sebagian orang sedang terkena penyakit atau virus, hal ini dikhawatirkan akan menular kepada sang anak.
  • Yang paling penting ialah anaka gar diberi suntika atau vaksin agar kebal dari serangan penyakit.
  • Jika anak anda sedang mengalami demam, anda seharusnya mendemah badan sianak dengan menggunakan air yang sejuka agar cepat meredakan panasnya. Karena jika panas sang anak melonjak terlalu tinggi dikhawatirkan sawan akan menyertainya sehingga gejala yang lebih parahpun akan terjadi.
  • Anda diharapkan bersalin dengan bisan yang sudah berpengalaman dan begitupula saat memotong tali pusar agar memanggil bidan yang berpengalaman agar tidak terjadi kesalahan yang mengakibatkan sawan atau penyakit lainnya.

Macam-Macam Sawan Pada Anak

  1. Sawan akibat dari kecacatan otak

Kerusakan otak yang terjadi sejak bayi dalam kandungan dapat mengakibatkan sawan pada anak, dikarenakan tidak adanyanya kontaminasi dari otak ketubuh sehingga mengakibatkan tekanan yang hebat.

  1. Sawan akibat lain-lain sebab

Sawan yang tidak diketahui penyebabnya, ntah itu terjadi akibat demam, atau sawan yang terjadi akibat kepercayaan orang pada zaman dahulu.

  1. Sawan akibat tetanus

Sawan yang terjadi akibat bayi terkena tetanus yang disebabkan mungkin ibu ataupun orang yang memotong tali pusarnya menggunakan alat yang kurang layak. Sawan yang terjadi akibat tetanus ini akan sangat berbahaya dan sangat mudah untuk menyerang otak dan akan berakibat kerusakan permanen ada otak.

Namun, tetanus ini bisa ibu cegah mulai dari bayi yang sedang dalam kandungan, dengan cara menyuntikkan suntika anti tetanus seperlunya saja, maka anak anda akan sedikitnya kebal terhadap benda yang berbau tetanus.

Tindakan doktor untuk mengatasi demam dan sawan

Doktor akan segera memeriksa seluruh badan anak yang terjangkit sawan termasuk bagian tekak dan lainnya. Ujian makmal ke atas darah dan air kencing juga dibuat untuk memastikan sekira ada penyakit sampingan. Sekiranya terdapat penyakit susulan doktor akan memberikan suntikan antibiotik kepada anak tersebut.

Jika anak tersebut dinilai tidak mendapatkan penyakit susulan, maka meruapkan kewajiban ibu untuk menceritakan riwayat ibu sewaktu melahirkan sang buah hati. Untuk memastikan adanya kecacatan pada bayi yang dialami sewaktu lahir atau tidak. Jika ank itu memang benar terkena sawan yang diakibatka oleh tetanus maka dokter akan melakukan perawatan khusus. Namun, jika anak tersebut terbukti terkena sawan babi,maka dokmter akan memeriksa keluarga sang bayi.

Pencegahan Sawan Pada Anak

Tindakan Doktor Mengatasi Sawan

MISTIK DAN OBAT TRADISIONIL

Sawan merupakan pernyakit yang menyerang bayi ketika balita, jika anak terserang penyakit sawan, maka dia akan sangat rewel, dia akan seringkali mengangis sampai wajahnya membeiru, dalam ilmu kedukunan penyakit sawan bisa saja terjadi dengan penyebab yang berbeda, namun penyebab2nya kebanyakan adalah yang berbkaitan dengan mitos bukan karena kendala medis, berbeda dengan medis yang menyebutkan bahwa sawan terjadin akibat terjad kesalahan pada syaraf yang terjadi pada bayi.

Pada zaman yang masih belum banyak teknologi seperti sekarang, mungkin masyarakat belum banyak yang mengenal istilah medis, sehingga pada massa tersebut masih banyak orang yang menggap adanya sawan sangat dikaitkan erat dengan mitos yang ada. Terlepas dari benar adnya hal tersebut, leluhur kita memanglah tidak sia-sia menciptakan hal tersebut, karena dengan menggunakan kepercayaan tersebut, sebagian besar orang yang tinggal di pedesaanpun masih menggunakan cara tersebut dan hasilnya pun maksimal ketimbang medis.

Biasanya ilmu2 tersebut hanya bisa dikuasai oleh dukun saj, itupun hanya dukun yang tertentu saja yang bisa menguasinya. Jika pengobatan menggunakan suntikan ataupun obat2an mungkin sudah biasa, dan mungkin jika metode yang dilakukan dukun ialah dengan memijat syaraf itupun juga masih terbilang biasa. Namun, jika dukun tersebut sudah berpengalaman, maka dia akan melakukan dan membacakan mantra-mantra untuk mengobati sang bayi.

Pengobatan ini sering dilakukan oleh dukun pada zamn dahulu karena dinilai mampu menyembuhkan sawan di banding dengan obat2an medis. Cara ini memang dinilai kurang masuk diakal, karena sebagian orang menganggap bagaimana mungkin jika hanya dengan menggunakan mantra dan ritual, dukun tersebut bisa menyembuhkan penyakit si anak.

ketidak rasionalan pterhadap metodi ini biasanya di pandang sebelah mata oleh sebagian orang, karena jika di bandingkan dengan medis, metode ini sangatlah jauh berbeda. Namun, kembali kepada kita lebih percaya dengan metode yang mana, karena mungkin karena kepercayaan kita juga, si anak bisa dapat sembuh. Yang jelas, semua itu datangnya dari tuhan yang maha kuasa.

Berikut mantra penyembuh sawan yang sering di gunakan sungguhpun hal ini bukan untuk di aplikasikan namun sekurangnya untuk perbendaharaan pengetahuan mistik. Bunyi mantranya adalah sebagai berikut. Glica glici si jabang bayi kedadenane saka duduh peli kricak-kricuk si jabang bayi kedadenane saka duduh turuk,suruh kang ngewuh-ngewuh jambe kang ngawe-ngawe dlingo brambang kang dadi rowang, rep sirep ketiban iduku putih.

Prosesi pengobatan di lakukan di pelataran rumah, setelah baca mantra di atas si bayi yang sawanan lantas di tiup keningnya tiga kali, dan di ludahi tiga kali, baik bacaan manta dan prosesi pengobatan terkesan sangat lucu, dan jauh dari jangkauan pemahaman pengobatan medis.

Namun kenapa leluhur kita dahlu menggunakan cara tersebut bahkan sampai sekarang di tulis dan di turunkan serta di ajarkan ke anak cucu mereka, mungkin pemahaman ilmu medis yang minim atau mungkin dalam lafal mantra terkandung satu kekuatan energi penyembuh yang dayanya sama dengan pengobatan medis, namun semua harus kita sadari bagaimanapun juga pengobatan secara apapun adalah cara, dan siapa tahu yang tidak masuk akal malah mujarab di pakai sebagai pengobatan.

Peringatan:

Demam panas yang mengakibatkan sawan adalah penyakit yang serius dan merupakan pembunuh kanak-kanak yang utama. Jangan pakaikan anak anda pakaian yang terlalu tebal. Pakai pakaian yang ringan yang mudah serap peluh seperti yang dibuat dari kain kapas. Jangan bedung anak anda atau menyelimutkan anak anda ketika anak itu demam.

Anda perlu bertindak cepat. Demahlah tubuh dan seluruh tubuh dan kepala anak anda dengan air sejuk apabila demam panas menyerang. Segera bawa berjumpa doktor. Ingatlah tindakan awal dapat menyelamatkan nyawa anak anda.

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!