Penyebab Sakit dan Cara Mengobati Mata pada Bayi Baru Lahir

Bagikan Info ini ke temanmu

Penyebab Sakit dan Cara Mengobati Mata pada Bayi Baru Lahir

Memangasistem daya tahan tubuh manusia masih belum matangSaat masih bayi, sehinggadenganakan mudah nya virus dan bakteri masuk dan menyerang sistem kekebalan tubuh bayi. mataadalahSalah satu organ bayi yang rentan sekali diserang bakteri dan virus.Karena Mata adalah organ yang sangat penting bagi kehidupan karna mata merupakan salah satu dari panca indera manusia . karna satu-satunya alat supaya manusia bisa melihat secara visual yaitu dengan Mata.

Selain sangat penting bagi kehidupan manusia , Terjadi gangguan sedikit saja dapat berakibat fatal  karna organ mata juga terbilang sebagai organ yang begitu sensitif, bagi orangtua yang memiliki bayiUntuk sebaiknya, menjauhkan bayi anda dari hal hal yang berpotensi mengancam kesehatan mata si bayi , seperti jauhkan si kecil dari tangannya dari kontak langsung kematanyadan jauhkan darijangkauan debu. Karna Hal ini penting anda lakukan, Virus dan bakteri yang terdapat ditangannya akan dengan mudah berpindah ke mata.

Karena kebanyakan bayi seringkali menggunakan tangannya untuk menyentuh hal apapun yang bisa disentuhnya tanpa ia sadar bahwa benda yang disentuhnya berbahaya.Ketika mereka merasakan sesuatu terjadi dengan matanya, seperti rasaperihatau gatal, dengan spontan bayi akan mengucek matanya dengan tangannya.

virus dan bakteri akan semakin mudah menyebar yang berkibat pada munculnya sakit mata pada bayiJika hal ini terjadi pada bayi . bayi yang sering mengucek ngucek mata nya dengan tangan setelah menyentuh benda asing yang mengadung bakteri akan mengakibatkan Sakit mata pada bayi.

Sakit Mata Pada Bayi

Sakit Mata Pada Bayi

Berikut adalah bebeapa hal yang dapat menjadi penyebab atau timbulnya sakit mata pada bayi anda:

  • Kurangnya asupan vitamin A, karna vitamin A sangat baik buat kesehatan mata .
  • Adanya sumbatan pada saluran air mata bayi. Kondisi ini akan menghambat aliran air mata bayi ke rongga hidung, sehingga mata bayi pun berair terus-menerus. Nah, genangan air inilah yang bisa mengundang kuman penyebab infeksi.
  • Masuknya bakteri dan debu jalanan secara tidak sengaja ke pada mata bayi
  • Infeksi jalan lahir. Biasanya, infeksi jalan lahir didapat bayi ketika proses persalinan berlangsung. Dokter biasanya memberikan obat yang sesuai dengan penyebab infeksinya
  • Mata bayi yang terkontaminasi bakteri dan virus, akibat kebiasaannya sering menyentuh daerah sekitar mata setelah berinteraksi dan menyentuh benda yang ada disekelilingnya yang berpotensi mengandung bakteri dan kuman.
  • Akibat paparan radiasi berlebih alat elektronik.

Cara Mengobati Sakit Mata Pada Bayi

ekstra hati-hati dalampengobatan sakit mata pada bayi  jangan sampain memberi obat tetes mata yang beredar di pasaran meski bayi sudah berumur 1 bulan 2 bulan 3 atau 5 bulan pun kecuali anjuran dokter . Nah lalu bagaimana mengatasi mata bayi sakit ?

Berikut ini untuk mengobati sakit mata pada bayi.

  1. Jadilah Lebih Peka Dalam hal ini,

dengan lebih pekanya orangtua untuk mendeteksi ketika terjadi hal-hal kecil yang tidak normal pada mata bayi.untuk dapat menghindarkan dari ancaman sakit mata Karena bagaimanapun mata merupakan organ penting yang menjamin masa depan bayi nantinya..

cobalah mengompres matanya dengan kapas yang dicelupkan ke air hangat Bila belek bayi cukup banyak, sehingga menyebabkan matanya lengket,. Biasanya, kotoran yang membuat mata bayi lengket akan lebih mudah dibersihkan. Tapi Jangan sekali-sekali menggunakan boorwater atau cairan pembersih mata.

Bila masih normal, artinya hanya sedikit belek pada mata bayidi pagi hari dan tidak sampai mengganggu (membuat mata bayi lengket), maka Anda tidak perlu khawatir. Bersihkan saja matanya menggunakan kapas dan air hangat. Arahnya dari bagian dalam ke arah luar mata

  1. Perhatikan Kebersihan Mata Bayi

sebaiknya orangtua harus senantiasa menjaga kebersihan mata bayi dari belekan yang biasanya kerap terjadiUntuk mencegah dan mengatasi sakit mata bayi. Meskipun awalnya sedikit, namun bila dibiarkan, maka semkain lama belekan tersebut akan menjadi parah dan menghalangi penglihatan si bayi.

  1. Hindarkan Bayi Dari Kontak Debu Secara Langsung

Serangan debu yang kadang sulit diprediksi karena datangnya tiba-tiba perlu anda awasiLangkah ini penting sekali diaplikasikan terutama ketika bayi diajak berpergian keluar rumah.. Hindarkan bayi dari kontak langsung debu dengan cara tutupi bagian wajah bayi dengan kain atau media lain yang bersih.

  1. Waspadai Penyumbatan Saluran Air Mata Pada Bayi

Jika kondisi ini terjadi, maka segera lakukan pemijatan dibagian area lingkar mata bayi dan bagian batang hidungnya untuk kembali melancarkannya.

Pengobatan Mata Bayi

Pengobatan Mata Bayi

Caranya :

  1. Cuci tangan sebelum memijat pangkal hidung bayi agar tidak terkena bakteri .
  2. Hindari kuku anda panjang atau Upayakan jangan sampai kuku jari tangan Anda melukai kulit bayi yang masih rentan karna bisa membuat luka kulit bayi .
  3. Jika merasa bahwa ibu jari Anda terlalu besar, gunakan jari lain untuk memijat bagian tersebut dan lakukan secara perlahan .
  4. Pijatan biasanya dilakukan dengan menggerakkan ibu jari dariarah hidung (ke arah bawah) pangkal hidung bayi (tepi mata sebelah dalam) ke. Atau, pijat dalam gerakan bolak balik . Lakukan pijat hidung bayi ini 2 – 3 kali dalam
  5. Janagan terlalu kuat atau terlalu menekan saat memijat bayi, ingat bahwa kulit maupun otot si kecil masih sangat tipis. Jadi, Anda tak perlu menekannya dengan kuat, tetapi cukup menggosok/mengusapnya perlahan-lahan.
  6. Ketelatenan Anda melakukan pemijatan ini setiap hari, sangat membantu upaya ‘mengeringkan’ genangan air mata yang mengganggu bayi.
  7. Perhatikan pula, apakah kulit jari-jari tangan Anda tidak kasar. Sebab, kulit yang kasar bisa saja melukai bayi ketika Anda Memijatnyajadi sangat penting di perhatikan hal yang menbuat bayi terluka atau kesakitan

Kenali 9 Penyakit Ini dari Tanda-tanda di Mata Anda

Pernah anda memperhatikan mata seseorang? tahukah anda, Konon tanda-tanda disekitar mata ini akan muncul saat seseorang mengalami gangguan kesehatan, dan tentunya bisa di deteksi sejak dini.

dan ternyata penyakit bisa dikenali dari tanda-tanda atau ciri yang muncul dari mata dan daerah sekitar mata seseorang?

Seperti kita tahuorgan tubuh manusia yang sangat penting dalam kehidupam adalahmata salah satu  fungsinya yang sangat vital, Dunia ini menjadi terlihat indah karena kita mempunyai mata untuk melihatnya, kalau tanpa kemampuan mata untuk melihat, mungkin kita hanya akan mendapati dunia yang gelap dan tanpa warnamaka kita harus senantiasa menjaga mata supaya tetap sehat normal.?

Penyebab penyebab Iritasi Mata Pada Bayi

Iritasi mata merupakan masalah umum yang sering dialami oleh semua orang segala usia, namun bagaimana jika iritasi terjadi pada bayi. Tentu saja Anda akan merasa cemas dan takut, mengingat mata termasuk panca indera yang paling penting bagi manusia. Mata merupakan organ tubuh yang paling sensitif, jadi sedikit gangguan saja  bisa berakibat fatal. Karena itu, jangan pernah bermain-main dalam melakukan pengobatan mata bayi. Teliti lebih dahulu apa yang menjadi penyebab iritasi mata pada bayi, kemudian konsultasikan ke dokter spesialis agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.

adanya infeksi bakteri atau vitus,alergi (debu, asap, serbuk, angin, dan bulu binatang) dan benda asing lainnya akan mengakibatkan Iritasi pada mata bayi. bayi terlihat mengucek-ucek matanya, adanya pembengkakan pada mata, mata mengeluarkan cairan, mata merah, keluar cairan kuning atau kehijauan, dan lain sebagainyaitu merupakan gejala gejala umum yang merupakan tanda-tanda iritasi pada mata pada bayi. Sedangkan sakit mata  pada bayi umumnya ditandai dengan belekan pada mata atau bisa juga berupa cairan. karena adanya penyumbatan pada saluran air mata bayi dan paparan benda asing, kuman, dan lain-lain itu akan menjadi penyebab mata bayi berair dan belekan. Proses persalinan normal juga disinyalir menyebabkan bayi mengalami infeksi pada mata, oleh karena itu dokter langsung melakukan serangkaian tes kepada bayi baru lahir, termasuk pada mata bayi.

Bayi Sakit Mata

Bayi Sakit Mata

belekan pada bayi merupakan suatu tanda bahwa terdapat kotoran atau benda asing yang bersarang pada mata bayi,Terlepas dari apapun penyebabnya,. Namun Anda jangan khawatir, selama belekan atau cairan berada dalam jumlah yang wajar. Yang perlu diwaspadai adalah jika belekan hingga membuat mata lengket atau dalam jangka waktu yang lama, karena bisa mengakibatkan iritasi dan infeksi kuman yang membahayakan kesehatan mata.

Cara mengatasi mata belekan pada bayi, di antaranya adalah :

  • Hindari air hangan dalam membersikan mata bayi karna bisa memicu terjadinya iritasi pada mata bayi
  • dikhawatirkan kulit mata bayi sensitif terhadap zat-zat dalam cairan pembersih matamaka Hindari membersihkan mata bayi dengan pembersih mata.
  • Membersihkan mata bayi dengan bola-bola kapas basah atau kain lembut agar tidak terasa sakit pada kulit bayi
  • Segera membawa bayi ke dokter spesialis mata, karena dokter yang lebih tahu apa yang dialami bayi dan dokter lebih faham apa yang bayi anda alami .
  • sudah selayaknya kita harus menjaganya agar tetap sehatMengingat mata merupakan organ yang teramat vital bagi bayi,

Obat Sakit Mata Untuk Bayi yang Aman Bagus Ampuh dan Alami

Sebagaimana kita ketahui bahwa Virus dan bakteri yang terdapat ditangannya akan dengan mudah berpindah ke mataitu adalah salah satu Penyebab sakit mata pada Bayi. Ketika mereka merasakan sesuatu terjadi dengan matanya, seperti rasa gatal atau perih, dengan spontan bayi akan mengucek matanya. Jika hal ini terjadi maka penyebaran virus dan bakteri akan semakin mudah menyebar yang berkibat pada munculnya sakit mata pada bayi.

kebiasaanya yang sering di lakukan menguek-ngucek mata setelah meyentuh benda benda asing disekitarnya yang mengandung bakteri  akan mengakibatkan sakit mata pada bayi.

Sakit mata pada bayi bisa juga disebabkan oleh debu yang mengakibatkan iritasi pada mata bayi

Sakit mata ini (Konjungtivitis) dapat disebabkan oleh infeksi (virus atau bakteri) atau oleh reaksi alergi. Tidak dapat dipastikan infeksi yang terjadi disebabkan oleh virus, bakteri atau alergi merupakan  Ciri – Ciri atau Gejala Sakit Mata pada Bayi.karena akan  menyebabkan kemerahan pada mata dan terjadi pembengkakan pada konjungtiva. Gejala biasanya dapat berkembang dalam waktu 24 hingga 72 jam menjadi terinfeksi dan biasanya sembuh antara dua hari sampai tiga minggu.

Ciri – ciri / gejala sakit mata ini :

  1. Mata menjadi bengkak dan memerah.
  2. Keluar air mata yang berlebihan seperti berkaca kaca .
  3. Ada kemerahan di balik kelopak mata dan menyebar sampai bagian putih mata.
  4. Keluarnya cairan pada mata yang mengering (‘belek’) yang menyebabkan terjadinya pengerasan kulit di sekitar kelopak mata.
  5. Photopobia / silau (tidak suka melihat lampu yang terang).

Obat Sakit Mata Untuk Bayi

Jika anank bunda sakit mtanya adalah belekan maka bisa digunkan obat sakit mata untuk bayidibawah ini :

  • Gangguan dan radang mata dan mata belek pada bayi

coba Bunda teteskan beberapa tetes ASI ( air susu ibu ) ke mata bayi Bunda. Silahkan Bunda ulangi sesering mungkinUntuk penyakit ini. Cara ini juga bisa diterapkan pada anak-anak maupun orang dewasa

  • Mata Bintitan

Ambil getah dari batang tanaman patikan kebo atau getah dari batang pohon meniran. Tempelkan sedikit pada kapas, lalu oleskan pada bagian bintitnya, sedikit saja, jangan sampai terkena mata.

  • Mata Merah

Ambil 3 lembar daun sirih lalu cuci dan taruh daun siri  yang sudah dicuci bersih pada wadah mangkok. Seduh dengan air panas. Setelah airnya dingin, minta anak untuk mengedip-ngedipkan matanya dalam air tersebut ini cara alami .

  • Radang Mata Merah

Rendam bunga kembang telang yang berwarna biru secukupnya dalam 1 gelas air hingga air rendaman menjadi bin. Gunakan air  bunga talang yang berwarna biru yang sudah di rendaman untuk mencuci mata.

  • Mata Katarak

Ambil 2 biji daun kemanggi yang telah kering, dan sebelum tidur malam masukan ke dalam mata pada waktu tidur. Pada keesokan paginya akan mengeluarkan  kotoran dari dalam mata dan dapat membersihkan mata katarak.

  • Radang Selaput Ikat Mata

Coba anda Rebus 30 g akar kembang sepatu dengan takaran air 400 ml dan air yang tersisa tersisa 200 ml. Saring air rebusannya lalu anda minum hingga habis .

Tips Untuk Mengobati mata bayi sakit

  1. Hindari membersihkan mata bayi dengan pembersih mata, karena dikhawatirkan kulit mata bayi sensitif terhadap zat-zat dalam cairan pembersih mata.
  2. Membersihkan mata bayi dengan bola-bola kapas basah atau kain lembut
  3. Hindari membersihkan mata bayi dengan air hangat, karena memicu terjadinya iritasi
  4. Hubungi dokter jika anak Anda mengalami rasa sakit yang teramat pedih, terjadi masalah penglihatan, peningkatan pembengkakan, nyeri, dan kemerahan di kelopak mata dan sekitar mata, serta demam (panas melebihi 38 derajat celcius)
  5. Segera membawa bayi ke dokter spesialis mata, karena dokter yang lebih tahu apa yang dialami bayi Anda.

Hal – Hal Yang penting dicatat :

  1. Anak-anak masih dapat menularkan penyakit ini hingga anak anak tersebut sudah tidak mengeluarkan air mata lagi (‘belek’).
  2. Gejala dapat berakhir antara 2 hari – 3 minggu.
  3. Pastikan untuk mencuci tangan dengan air sabun hangat sesering mungkin untuk mencegah penyebaran infeksi kepada orang lain.
  4. Jangan berbagi obat tetes mata, tisu, make-up, handuk, atau sarung bantal dengan orang lain karna akan muda menular .
  5. Sakit mata Konjungtivitis dapat menular ataupun kondisi alergi. Kalau menular, penyakit ini tergolong penyakit yang sangat menular.
  6. Anak-anak dengan sakit mata ini (konjungtivitis) harus dijaga pada saat pulang dari penitipan anak dan sekolah.
  7. Jangan lupa berdoa agar disembuhkan dan dijauhkan dari segala macam penyakit.

 

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!