Tahapan Perkembangan Janin per Bulan

Bagikan Info ini ke temanmu

Tahapan Perkembangan Janin per Bulan

Pada saat proses hamil, hal yang menjadi topik menarik bagi ibu ialah tentang proses perkembangan sang bayi. Untuk keluarga yang rata-rata memiliki budged lebih, tentu saja akan selalu melihat perkembangan sang buah hati melalui USG. Namun, bagi sebagian orang yang menganggap bahwa USG tidaklah perlu dilakukan setiap bulan mulai dari massa pembentukan janin sampai usia 9 bulan, mereka mungkin juga bisa mengetahui perkembangan sang buah hati melalui bayangan perkembangan janin pada umunya. Untuk itu, dibawah ini kami akan menshare tentang perkembangan janin pada bulan pertama sampai kesembilan, yang kami deskripsikan secara singkat agar anda lebih mudah untuk mengerti. Berikut ulasannya :

Tahapan Bayi PerBulan

Tahapan Bayi PerBulan

Perkembangan Janin 1 Bulan

Bulan pertama akan dimulai dengan tumbuhnya kantung kehamilan yang berfungsi sebagai tempat berlindung janin dar air ketuban. Dan bulan pertama ialah massa tumbuhnya plasenta yang berfungsi untuk menyalurkan makanan dan nutrisi dari ibu ke janin. Selain itu, dan pada bulan pertama fase bayi sudah terbentuk sirkulasi darah yang terjadi pada bayi tersebut. Untuk itu, pada bulan pertama bagi ibu yang hamil disarankan mengkonsumsi buah buahan.

Perkembangan Janin 2 Bulan

Pada bulan kedua proses pertumbuhan bayi ialah mulai terbentuknya struktur wajah pada bayi. Seperti bakal telinga sudah mulai tanpak pada samping kiri dan kanan kepala. Dan sejalan dengan itu, juga mulai terbentuknya struktur tangan dan kaki pada janin. Selain itu, sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan juga mulai terbentuk di usia kehamilan bulan ke-2 ini.

Perkembangan Janin 3 Bulan

Pada bulan ketiga, janin sudah mulai terbentuk sempurna struktur tubuhnya. Jarinya sudah mulai bisa mengepal dan kuku-kukunya pun sudah mulai tumbuh. Meski belum bisa dipastikan, namun dalam usia tiga tahun bayi sudah bisa diprediksi jenis kelaminnya, untuk itu, jika anda ingin mengetahui jenis kelamin bayi, lewat USG anda seharusnya lebih sabar dan menunggu hingga usia bayi lebih dari tiga bulan. dan perlu anda ketahui, pada bulan ini bagian dalam tubuh bayi seperti kantung kemih dan organ reproduksi sudah mulai berfungsi, dan hatipun sudah mulai memproduksi empedu.

Perkembangan Janin 4 Bulan

Pada bulan keempat ini, bagian tubu bayi juga sudah mulai terproduksi secara lengkap. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, jari, wajah sudah dapat dilihat dengan jelas, oleh karenanya pemeriksaan USG sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan ini. anda juga bisa mendengarkan detak jantung janin anda dengan bantuan alat kedokteran khusus, dan massa yang pas ubtuk mengetahui perkembangan sang bayi dengan USG ialah pada massa ini. dan ia akan semakin aktf dalam beraktifitas seperti, menguap, menghisap jari dan mengubah posisi tubuh.

Perkembangan Janin 5 Bulan

Pada bulan ini, bayi akan semakin giat melakoni aktifitasnya untuk melatih ototnya. Dan pada bulan ini pula rambut bayi pada bagian kepala dan tubuh akan terlihat tumbuh secara halus. Seluruh kulit bayi akan diselimuti dengan lapisan putih yang berfungsi untuk mencegah bayi terkena langsung dengan air ketuban saat bayi lahir nanti.

Perkembangan Janin 6 Bulan

Pada bulan ini keriput bayi akan mulai terbentuk. Pembulu darah masih menerawang, karena kulit bayi sangatlah tipis. terutama pada daerah sekitar perut. Dan pada bulan ini juga bayi sudah mulai bisa mengedipkan mata dan mendengarkan suara-suara yang muncul dari luar perut. Maka dari itu, ibu disarankan merangsang pertumbuhan otak sang bayi dengan memasangkan earphone pada perut dengan tujuan agar bayi bisa mendengarkan lagu-lagu klasik yang ibu sajikan.

Perkembangan Bayi 1-6 Bln

Perkembangan Bayi 1-6 Bln

Perkembangan Janin 7 Bulan

Janin sudah dapat merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut. Janin juga dapat merasakan adanya cahaya. Dan pada usia ini, pertumbuhan bayi akan sangat pesat. tubuhnya semakin besar, dan Anda dapat merasakan ketika bayi berganti posisi. Di usia kehamilan ini, tubuh bayi sudah mulai menyimpan lemak.

Perkembangan Janin 8 Bulan

Bayi akan semakin banyak memproduksi lemak, sehingga bayi tidak lagi telihat keriput. Pendengaran dan sistem tubuh yang lain akan semakin bisa berfungsi dengan sangat baik. Otaknya akan semakin bekerja dengan baik, kecuali paru-parunya.

Perkembangan Janin 9 Bulan

Perkembangan paru-paru semakin baik dan sudah dapat berfungsi. Dan janin akan berputar posisi ke arah bawah dimana kepalanya akan menghadap posisi jalan keluarnya. Dan pada bulan ini juga anda akan semakin dekat proses persalinan.

Dan itulah tadi proses perkembangan janin anda setiap bulan, untuk itu anda bisa mengetahui kondisi dan perkembangan sang bayi dari awal kehamilan sampai nanti menjelang lahir. Jika artikel diatas ada kaitannya dengan pertumbuhannya janin anda kami harap maklum mengingat masing-masing bayi memiliki proses pertumbuhan yang berbeda-beda.

Perkembangan Bayi 7-9 Bln

Perkembangan Bayi 7-9 Bln

Itulah tadi ulasan mengenai perkembangan bayi mulai dari awal kehamilan sampai usia 9 bulan, semoga bisa menambah wawasan dan menjadi jembatan ilmu yang baik buat bunda dan pembaca di rumah. Terima Kasih

Instagram Baju Menyusui Azzafran

WAREHOUSE & OFFICES

Jln. Ke Warujayeng No 2 Pojok Lampu Merah Baron
Desa Wates
Kecamatan Baron
Kabupaten Nganjuk , Kode Post 6
Jawa Timur – Indonesia
Telp: (0358) 7702-157
Hp | WA. 081217580490 atau 081234228808
Website : http://www.azzafran.com
Email : Azzafranformommy@gmail.com

Google Map

Pengunjung

Flag Counter
error: Content is protected !!